intel-logoDi semester pertama tahun 2010, Intel Corporation akan meluncurkan High Performance Computing (HPC) yang merupakan versi tingkat tinggi dari prosesor mereka. HPC dengan kode nama “Nehalem-EX” berkekuatan Chip 6-core tersebut memiliki frekuensi yang lebih tinggi dari prosesor-prosesor Nehalem-EX versi 6-core lainnya yang juga menawarkan sebagian keunggulan daya kerja HPC.

Salah satu manfaat yang ditawarkan HPC yakni jumlah informasi dan kapasitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi yang ada saat ini. HPC juga digunakan untuk membangun komputer terbaik dengan menggunakan 256 chips tersebut.

Intel juga mengumumkan program beta untuk teknologi Ct Intel yang akan tersedia di akhir 2009. Teknologi Ct Intel dapat mempermudah programming dalam kode C dan C++ secara bersamaan dengan membuat paralel kode antara prosesor-prosesor multicore dan manycore secara otomatis.

TOP500 menunjukkan sebuah rekor dimana 402 dari 500 sistem terbaik di dunia memiliki prosesor Intel di dalamnya, ditambah dengan tingkat adopsi yang tinggi untuk komputer-komputer geofisika, kalkulasi finansial dan penelitian ilmiah. Menurut daftar tersebut, chip-chip Intel memperkuat 20 dari 50 sistem teratas. Sistem-sistem yang menggunakan prosesor Intel Xeon quadcore memimpin daftar tersebut,.

Prosesor Xeon seri 5500 mempunyai peranan penting dalam komputasi terbaik yang digunakan untuk penelitian dan penemuan ilmiah. NASA dan SGI telah menggunakan server-server yang dilengkapi 2.304 prosesor penghemat energi Xeon seri 5500, memperkuat “brainpower” komputer terbaik Pleiades sebanyak 35% guna menangani komitmen NASA untuk kemajuan riset perubahan iklim global. Pleiades telah dilengkapi dengan 14.080 prosesor Intel Xeon.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.