Home Kegiatan SME ICT SOLUTION WEEK 2009

SME ICT SOLUTION WEEK 2009

76

sme ictPada tanggal 24 sampai dengan 26 November 2009 ini akan diselenggarakan rangkaian kegiatan PEKAN TIK UKM atau “SME ICT Solution Week 2009” bertempat di  Gedung SMESCO Indonesia Jakarta. Kegiatan ini bertujuan utama untuk memaksimalkan pemanfaatan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) atau Information, Communication, and Technology (ICT) dalam upaya meningkatkan daya saing dan memperluas akses pasar baik bagi Koperasi dan UKM.

SME ICT Solution Week 2009, merupakan kegiatan di bidang pemanfaatan TIK yang dikemas secara terpadu, meliputi beberapa kegiatan yaitu Forum Kebijakan Nasional dan Program TIK UKM, merupakan forum yang akan membahas kebijakan dan program pengembangan dan pemanfaatan TIK di Indonesia bagi pengembangan bisnis Koperasi dan UKM. Diharapkan dengan adanya forum ini dapat meningkatkan kerja sama dan sinergi antar instansi dan industri TIK. Peserta forum ini adalah perwakilan dari beberapa instansi terkait seperti antara lain Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Departemen Komunikasi dan Informatika, Departemen Perindustrian dan Asosiasi Piranti Lunak Telematika Indonesia (ASPILUKI).

Sementara itu akan diadakan pula Seminar dan Workshop, dengan tema “Pemanfaatan TIK Secara Cerdas oleh Usaha Koperasi dan UKM”. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh Koperasi dan UKM untuk memperluas wawasan dan pengetahuan di bidang TIK dengan topik-topik bahasan yang meliputi Strategi Pemanfaatan TIK bagi UKM, Internet Murah dan eCommerce bagi UKM dan Kiat-Kiat Pemasaran Online bagi UKM. Kegiatan ini memberi kesempatan untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan praktis bagi Koperasi dan UKM untuk memanfaatkan TIK bagi pengembangan bisnisnya. Agenda acara dapat dilihat di http://sme-ictweek.web.id/

Selain seminar dan workshop, akan ada juga Pameran TIK, sebagai ajang promosi produk, jasa dan solusi di bidang TIK yang dapat dimanfaatkan Koperasi dan UKM untuk pengembangan bisnisnya dan yang akan menjadi puncaknya adalah SME ICT Award 2009, yang mana merupakan ajang kompetisi pemanfaatan TIK oleh Koperasi dan UKM yang diharapkan akan mendapatkan referensi yang baik, dan kesempatan saling berbagi pengalaman dalam pemanfaatan TIK.

Koperasi dan UKM merupakan satu bagian yang sangat penting dalam ekonomi Indonesia, dilihat dari jumlah usaha dan tenaga kerja yang diserapnya serta kontribusi pada ekonomi nasional. Setiap usaha untuk meningkatkan sektor ini, termasuk dalam pemanfaatan TIK yang secara konkret dapat meningkatkan produktivitas dan daya saingnya, memiliki nilai penting dan strategis sehingga layak mendapatkan dukungan dari semua pihak.

Acara SME ICT Solution Week 2009 ini diselenggarakan oleh FTII (Federasi Teknologi Informasi Indonesia) bekerjasama dengan PT Ayuta Samarthya dan mendapat dukungan dari  Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementerian Negara Riset dan Teknologi serta Majalah BISKOM sebagai Media Partner.