igos jemberDalam rangka implementasi SE Menpan No. 01/M.PAN/3/2009, Pemerintah Kabupaten Jember pada hari Sabtu 28/11 mencanangkan Jember, Go Open Source. Rangkaian kegiatan yang dilakukan  di Aula Politeknik Jember adalah Seminar Nasional dengan tema “Pemanfaatan Opensource dalam Pendidikan dan Dunia Usaha”, Narasumber yang hadir antara lain Achmad Sudiyono, (Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Jember), Mirfano (Kepala Dinas  Koperasi dan UMKM, Kabupaten Jember) dan Agus Sediadi (Kabid Kemitraan Lembaga TI, Ristek). Peserta seminar terdiri dari para guru seluruh Pemkab Jember, berjumlah lebih dari 1000 peserta. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelatihan-pelatihan gratis tentang penggunaan sistem operasi dan aplikasi opensource.

Agus Sediadi dalam sambutannya mengatakan dengan berlakunya undang-undang Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk mengatasi meningkatnya pembajakan perangkat lunak, juga menjadi faktor paling mendasar terciptanya ide untuk menyosialisasikan open source di seluruh Indonesia, “Indonesia yang selama ini dikenal sebagai negara pembajak, sudah saatnya mengganti mindset yang tertanam sejak lama itu, kita harus meningkatkan derajat bangsa dengan open source” ujar Agus.

Nara sumber lainnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jember, Mirfano menambahkan, open source sebagai alternatif untuk melawan kapitalisme di Indonesia. “Kapitalisme adalah sistem yang dijalankan oleh sebuah negara yang menuntut masyarakatnya mematuhi perda-perda yang mereka buat sendiri. Seluruh sistem dalam sebuah negara terpusat dan dikuasai sendiri termasuk dalam pembentukan badan hukum,” jelasnya.

Kegiatan pencanangan ini diadakan bertepatan dengan pembukaan acara pameran komputer bertajuk PARADIX 2009, bertempat di Gedung Soetardjo, Universitas Jember. Dalam proses migrasi, Kabupaten Jember menggandeng JOSSCenter (Jember Open Source Software Center), komunitas penggiat dan pengembang opensource di Jember. Untuk proses migrasi JOSSCenter akan menggunakan distronya sendiri yaitu Dewalinux yang merupakan distro linux hasil remastering dari Ubuntu.

Kegiatan ini didukung oleh Apkomindo Jember, Diknas Jember, Dinas Koperasi, Telkom Jember, Politeknik Negeri Jember, Harian Radar Jember (Jawa Pos Group ) dan IGOS Center Jember (JOSS Center).

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.