Tifatul SembiringTeknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkembang dengan cepat telah menjadi sebuah kebutuhan dalam setiap aspek kehidupan. Bagi sebuah negara atau dunia usaha yang ingin tumbuh berkembang dengan cepat dalam arena persaingan perekonomian dewasa ini, ketersediaan dukungan perangkat infrastuktur, sistem dan jaringan yang canggih merupakan prasyarat mutlak. Tidak terkecuali bagi sektor pemerintahan, dunia usaha atau jaringan sosial, TIK bagaikan  kata sandi pembuka bagi penghuni dunia untuk bergerak lebih jauh dan cepat ke tingkat yang lebih tinggi.

Industri TIK di Indonesia juga mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dalam beberapa tahun belakangan. Investasi dalam jumlah besar sudah ditanamkan dalam upaya untuk mempersempit kesenjangan digital di negara kita. Dimulai dengan proyek Palapa ring tahun ini dan berlanjut terus ke proyek “Community Access Point ( CAP )” di tiga propinsi yang melayani 220 lokasi.

“Proyek CAP dirancang untuk mengatasi tantangan pembangunan infrastruktur TIK untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan spesifik masyarakat kita yang beraneka ragam, baik secara geografis maupun sosial ekonomis,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring.

Karenanya, papar Tifatul, Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) terus mendukung usaha berbagai pihak untuk mengembangkan TIK, termasuk lewat berbagai event seperti ICT Expo dan ICT Forum Indonesia 2009.

“Acara ini mencerminkan kuatnya keinginan kita untuk mengambil langkah kongkrit dan melalui usaha bersama mewujudkan visi membangun bangsa menjadi sebuah masyarakat informasi secara total. Saya menghimbau dan mengajak seluruh pemangku kepentingan sektor TIK untuk bekerjasama dan bersatu padu untuk mencapai tujuan kita melalui langkah dan tindakan proaktif di event yang penting ini,” katanya.

Melalui acara ini, berbagai pihak, baik regulator, pengembang infrastruktur, pemberi layanan jasa, konten dan solusi diharapkan dapat bekerjasama untuk mencari jalan keluar atas berbagai tantangan yang dihadapi dewasa ini. Semua hal tersebut akan mendorong terjadinya pertumbuhan yang berkelanjutan bagi bangsa kita.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara event ICT Expo dan ICT Forum Indonesia 2009 yang menghimpun para pelaku bisnis dan industri bersama-sama menggelar produk terbaik mereka di ICT Expo dan berbagi pengalaman di ICT Forum. Kepada seluruh peserta pameran, pembicara dan delegasi, saya harap Anda mendapatkan hasil yang memuaskan dalam tiga hari terselenggaranya event ini,” tambah Menteri.

ICT Expo dan ICT Forum Indonesia 2009 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 – 16 Desember 2009 di Jakarta Convention Center (JCC) diselenggarakan untuk ketiga kalinya dan tahun ini lebih bersifat B to B serta B to G. Ditargetkan untuk dihadiri sekitar 10.000 orang, pada sesi ICT Forum akan dibahas masalah e-Government, e-Infrastructure, e-Education dan e-Learning, ITC in Disaster Management, Cyberlaw dan topik lainnya.

Steering Committee event  ini antara lain beranggotakan Zainal Hasibuan, Teddy Sukardi dan Richardus Eko Indrajit. Sementara majalah BISKOM menjadi media partner dalam acara ini.

1 COMMENT

  1. Saya masih bingung yg dikatakan oleh Menteri Kominfo ttg Perkembangan CAP ( Community Access Point) di 3 Propinsi) di 220 lokasi, apa benar2 beliau sudah pernah lihat.Selama ini saya langsung berkecimpung selama 20 tahun lebih di ranah CAP atau Warnet atau Telecenter di Univesitas Terbuka, Universitas Umum, di Warnet APWKOMITEL ,dll.Mengikuti Seminar dan Confrence di seluruh Dunia sebagai pembicara dari ITU, UNESCO, APT,Ubiquitous Network,PTC Hawaii,AAOU, dsbnya .Terus terang saya katakan CAP,Mobile CAP atau Telecenter yg diurus oleh Pemerentah lebih banyak hanya di “FORUM” Pidato , di Seminar, di Rapat2 Dinas…. di Pameran2,di Kalender Depkominfo,…tapi pembinaan di lapangan sudah pernahkah dilihat ???
    Makanya saya ingin “beraudiensi” dengan Pak Menteri KOMINFO ( kalau perlu didampingi oleh para Ahli CAP) langsung bersama Ketua UMUM APWKOMITEL Sdr Rudi Rusdiah akan menjelaskan kepada Pak Menteri Tifatul Sembiring apa arti CAP yg sesungguhnya dalam kenyataan hidup bernegara di NKRI ini .Bukan hanya sekadar ….pernyataan2 resmi yg tidak kongkrit mendukung kehidupan ICT/Telematika yg sesungguhnya di bumi Periwi dalam meningkatkan taraf hidup bangsa Indonesia dari Sabang ke Merauke.
    Saya siap bersama Pak Rudi Rusdiah (rrusdiah@yahoo.com, rusdiah@rad.net.id) menemui Pak Menteri dikantornya dengan membawa Power Point dan menyajikannya di Ruang Kantor beliau selama 1(satu) jam, apa sesungguhnya CAP atau Telecenter atau Warnet itu.
    Saya menunggu dgn Pak Rudi Rusdiah, untuk menyajikan CAP yg sesungguhnya ( menurut versi saya dan APWKOMITEL)di ruang Pak Menteri Tifatul Sembiring.
    Naswil Idris.
    Tilp Rumah 7490159,7424632,
    Fax 021 7427830.
    Email naswil@yahoo.com
    Cell Phone : 08551004487
    0811104487

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.