JacfestJacFes 2009 baru saja usai digelar. Terselenggara dari tanggal 18 hingga 30 Desember 2009 di Mangga Dua Mall (M2M), Jakarta, JacFes 2009 berlangsung meriah karena pada pada akhir tahun ini orang banyak mengalokasikan dananya untuk membeli produk-produk teknologi informasi (TI) agar di awal tahun 2010 mendatang mereka siap bekerja secara optimal. Hal itu terbukti dari tercapainya target untuk dapat melakukan transaksi hingga 2000 unit produk, all item, hingga akhir pameran. “Kami berhasil melampaui target tersebut, bahkan itu belum termasuk aksesoris komputer yang sangat digemari pengunjung,”  kata Sudi Harsono, Koordinator JacFes 2009 saat penutupan pameran kepada BISKOM (30/12).

Peserta pameran, yang diantaranya terdiri dari Masterdata, CompuCare, Visualdata, Tech King, Targus, eGallery, GM Com, Phonic Sindo dan Octal mengaku dapat melakukan promosi dan penjualan secara efektif karena banyaknya pengunjung setiap hari.

“M2M telah dikenal secara luas sebagai sebuah mall perangkat komputer dan aksesorisnya sehingga kami tidak perlu banyak melakukan sosialiasi tentang keberadaan pameran ini,” tambah Sudi. Monitor AOC, Prosesor AMD yang diperkenalkan langsung oleh  principal serta berbagai merek notebook dan netbook adalah produk-produk yang paling banyak dicari dalam pameran ini. Selain itu, komputer rakitan yang dimeriahkan antara lain oleh Master Piece, Eleven, J&L, Prodigi, Garuda Sakti, dan Focus juga telah menjual banyak unit selama pameran.

Jacfest2Teguh Harry Setiyadi, Ketua Jakarta Computer Centre (JaCC), asosiasi komputer di kawasan M2M membenarkan, JacFes merupakan salah satu ikon dari JaCC. Makin meningkatnya peserta dan pengunjung menjadi satu bukti bahwa JacFes adalah sebuah pameran TI yang layak diperhitungkan. JaCC sendiri melaksanakan 3 kali pameran dalam setahun sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan eskistensi M2M ditengah ramainya pusat-pusat komputer yang dibangun di seluruh Jakarta. “Tiga pameran tersebut kami adakan di awal, tengah dan akhir tahun. Beruntung setiap tahun pameran-pameran di JaCC mengalami peningkatan, meski seringkali nilai tukar rupiah melemah. Kenyataan ini membuktikan bahwa TI merupakan sektor yang kuat dan mandiri untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa,” kata Teguh yang baru menjabat sebagai Ketua JaCC pada Agustus 2009 lalu.

Di tahun 2010 mendatang, tambahnya, JaCC memiliki program untuk merangkul lebih banyak perusahaan-perusahaan TI di M2M agar dapat mengikuti pameran-pameran yang diselenggarakan di M2M. “Pameran bukan semata sebuah ajang untuk melakukan transaksi, tetapi merupakan sebuah wadah untuk melakukan sharing antara vendor ke vendor, vendor ke konsumen dan lebih luas lagi juga antara sponsor, media, dunia pendidikan dan lain sebagainya agar semua pihak dapat melakukan peningkatan kualitas dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar Teguh.

Akhirnya, selamat dan sukses untuk JacFes 2009. Selamat Tahun Baru 2010.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.