fotobersamaKendal terus membuktikan komitmennya untuk mendukung sistem operasi terbuka atau open source software (OSS) melalui mengaplikasian secara nyata di dunia pendidikan.

Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini pada 10 Januari 2010 lalu di Pendopo melaksanakan seminar nasional dengan tema utama “Kendal Go Open Source”, dan sub tema “Open Source, Pilihan Terbaik Dunia Pendidikan.”

Dalam acara yang dihadiri oleh sekurangnya 300 peserta, yang sebagian besar terdiri dari guru dan para pengguna teknologi informasi (TI) ini juga diluncurkan sistem operasi Kendal Go Open Source (KGOS) versi 100110, hasil karya Tim Pengembang Open Source SMA Muhammadiyah 1 Weleri, Kendal. Nantinya sistem operasi ini akan masuk dalam program kerja prioritas kabupaten.

Bupati Kendal, Siti Nurmarkesi yang hadir bersama jajaran kedinasan terkait, yaitu Kepala Dinas Dikpora Kendal dan Kepala Bagian Pengolah Data Kabupaten Kendal mengatakan, “Dengan OSS, akan dicapai penghematan yang luar biasa karena software dapat diperoleh dan dinikmati secara gratis, dalam arti tanpa membayar lisensi. Karenanya kami sangat antusias untuk menggunakan OSS secara luas di Kendal.”

Selain Bupati Kendal, para pembicara yang hadir diantaranya Lilik Gani (Kepala PUSTEKOM Depdiknas)  dan Onno W. Purbo (Pakar OSS).

Lilik Gani menyampaikan bahwa penggunaan TI berbasis OSS perlu didorong agar dapat dipakai secara luas di dunia pendidikan. “Salah satu titik kunci dari OSS adalah bisa digunakan dan dikembangkan secara bebas, sehingga cocok bagi negara berkembang dengan investasi TI yang tidak terlampau besar seperti Indonesia,” katanya.

Sementara Onno W. Purbo mengatakan, dengan diluncurkannya sistem operasi KGOS v.100110, Kendal menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang meluncurkan OSS secara mandiri.

“Momentum ini semestinya bisa mendorong daerah lain untuk mengikuti jejak kabupaten yang ada di bumi pantura Jawa Tengah. Pengembangan KGOS merupakan kebanggaan bagi seluruh Kabupaten Kendal,  yang selanjutnya bisa menjadi ‘bahan bakar’ untuk pengembangan aplikasi lain di masa mendatang.”

KGOS merupakan hasil remastering dari Ubuntu 9.10 dengan penambahan beberapa program-program fungsional. Sistem operasi KGOS v.100110 dipaket dalam satu DVD dengan ukuran file total kurang lebih 1,5 Gb. Dalam waktu dekat, KGOS akan disosialisasikan dan didistribusi ke sekolah-sekolah di seluruh Kendal.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.