Home Kegiatan ROCE 2010 Pameran, Edukasi dan Peluncuran Game Nasional

ROCE 2010 Pameran, Edukasi dan Peluncuran Game Nasional

170

ROCEAwal  tahun selalu disambut dengan penuh semangat. Hal ini juga terasa dalam ROCE 2010. Bukan saja ajang expo biasa, ROCE 2010 menjadi tempat saling berbagi pengetahuan seputar TI dan juga peluncuran game anak bangsa: Nusantara Online.

Firma Riset International Data Corporation (IDC) pada penghujung 2009 lalu melaporkan bahwa industri teknologi informasi (TI) sepanjang 2009, baik dari sisi hardware, software dan services mengalami peningkatan yang positif, meski kondisi ekonomi dunia sedang melambat akibat dari dampak krisis global.

Belanja TI, menurut laporan yang sama, juga mengalami pertumbuhan positif sebesar 5.5% dibanding tahun 2008 dan diprediksi akan mengalami pertumbuhan sebesar 8.1% di tahun 2010 ini. Artinya disini, 2010 menjadi tahun yang tepat untuk terus membangun industri TI di tanah air. Apalagi di awal tahun ini Indonesia secara resmi telah masuk ke dalam era Perdagangan Bebas, sehingga diperlukan usaha secara kontinyu untuk membina sumber daya manusia (SDM) yang siap terjun sebagai technopreneur di industri TI.

Memulai tahun ini dengan semangat optimisme, pengurus Asosiasi Harco Roxy Square Computer Center (HRCC) menyelenggarakan pameran TI bertajuk Roxy Computer Expo (ROCE) 2010. HRCC yang baru dibentuk dan diresmikan keberadaannya sebagai sebuah Asosiasi pada akhir Mei 2009 ini telah dua kali mengadakan pameran di pusat belanja Roxy Square, namun baru pada tahun ini HRCC menggunakan nama ROCE.

“Kedepan, ROCE akan menjadi semacam ‘trademark’ bagi HRCC dan  akan menjadi agenda rutin tahunan HRCC. Selain ROCE, kami juga akan menggelar acara TI lainnya di sepanjang tahun,” kata Soegiharto Santoso, Ketua Asosiasi HRCC. ROCE 2010 yang dimulai dari tanggal 18 hingga 31 Januari 2010 di Roxy Square, Jl. Kyai Tapa – Jakarta ini seperti pada tahun sebelumnya juga didukung oleh Asosiasi Harco Mangga Dua Computer Center (HMCC), Asosiasi Pengusaha Komputer Layak Pakai Nasional (APKOMLAPAN) dan Universitas Gunadarma.

Mengomentari terselenggaranya pameran ini, Ketua HMCC, Taufresdian (Afat) mengatakan, “ROCE 2010 adalah pameran kedua yang diselenggarakan HRCC sebagai bentuk usaha yang besar dan sungguh-sungguh dari seluruh pengurus asosiasi ini. Dengan menggandeng HMCC sebagai asosiasi yang lebih matang, antara HMCC dan HRCC akan terus saling bersinergi untuk maju bersama-sama.”

Sementara Margo Tio, ketua APKOMLAPAN memberikan komitmennya untuk mengajak para anggota APKOMLAPAN yang selama ini membuka tokonya di Harco Mangga Dua, agar membuka usaha juga di Roxy Square, sehingga Roxy Square juga menjadi salah satu pusat jual beli komputer bekas layak pakai terbesar di Jakarta Barat.

Sejumlah vendor meramaikan pameran ini dengan penawaran produk terbaik dan terbaru, serta diskon yang menarik. Vendor-vendor tersebut diantaranya Asus, Acer, Axioo, Dell, EFIOO, HP Compaq, Lenovo, MInix dan Zyrex.

Promo unggulan yang diperkenalkan dalam ajang ini antara lain notebook Acer hanya seharga US$ 800an dan berhadiah printer, netbook AFIOO seharga Rp. 2,8 juta, dan netbook MInix dengan harga khusus Rp. 3 juta. Tentunya, masih banyak promo lain yang tak kalah menarik.

Sementara brand pendukung dari PC component, aksesoris dan software diantaranya Samsung Laser Printer, Western Digital, Kaspersky, Huawei Modem, EVIO, Visipro, Sonic Gear, Power Logic, Micropack dan Sparkel.

Dengan kehadiran brand-brand ini, ROCE 2010 menjadi ajang yang tepat untuk berbelanja aksesoris dan komponen komputer. Pengunjung bisa membawa pulang USB flash berkapasitas 2 Gb hanya dengan harga Rp. 50.000, dan juga ada aksesoris lain seperti mouse, keyboard hingga speaker yang harganya sangat terjangkau. Selain itu, Kapersky menawarkan paket install software legal anti virus terbaru mereka hanya dengan biaya Rp. 100.000.

Bukan itu saja, pengunjung dapat mengikuti program penukaran monitor lama dengan monitor baru yang diselenggarakan oleh EVIO. Dalam event ini pula, EVIO memasarkan LCD ukuran 17 inci hanya seharga Rp. 1 juta. Singkatnya, semua yang ditawarkan dalam ROCE 2010 adalah pilihan terbaik yang pernah ada.

Hendri Andrigo, Koordinator  Divisi Marketing dan Expo HMCC-HRCC menambahkan, “ROCE 2010 bukan hanya expo biasa. Kami membuat 2 program pendukung yaitu e-Du Programs yang terdiri dari Seminar dan Product Knowledge, lalu e-Ntertain Programs yang terdiri dari Game Online Competition dan Band Performance. Kesemuanya akan membuat ROCE 2010 menjadi semarak.”

Seminar yang dijadwalkan dalam ROCE 2010 bertema “Melirik Peluang Bisnis Industri Animasi” dengan pembicara I Made Wiryana (Pakar Open Source dan Dosen Universitas Gunadarma), Chaerul Fahmi dan Mochammad Yusuf Riantho (Pengembang Game Nusantara Online), pada tanggal 28 Januari 2010.

Pada ROCE 2010 pula, HRCC dengan bangga meluncurkan game buatan anak bangsa, Nusantara Online Versi Beta, sekaligus mengadakan ujicoba game tersebut secara online. Setelah diluncurkan, tepatnya pada akhir bulan Januari ini, Nusantara Online Versi Beta dapat digunakan oleh seluruh pengguna internet di Indonesia dengan cara mendownloadnya melalui situs resmi Nusantara Online.

Heru Nugroho, Managing Director Nusantara Online mengatakan, “Merupakan penghargaan tersendiri bagi kami dapat memperkenalkan Nusantara Online untuk pertama kalinya secara luas dan langsung kepada para pengusaha, masyarakat, pelajar dan akademisi di lingkungan mall TI, dimana di sinilah tempat para pelaku industri TI berkumpul bersama untuk saling melakukan pertukaran informasi, sekaligus dapat mencoba secara langsung Game Nusantara Online-nya.”

”Kedepan, lanjut Heru, “Kami berharap Nusantara Online dapat terus dikembangkan sebagai jembatan menuju melek teknologi di masyarakat sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia melalui alur cerita dalam game ini.”

ROCE 2010 juga didukung sejumlah media partner seperti SINDO, RCTI dan BISKOM.

1 COMMENT

Comments are closed.