logo NusolGame online (via internet), saat ini sudah berkembang sedemikian rupa menjadi sebuah industri. Sayangnya, sebagian besar negara di dunia hanya menjadi konsumen, tidak terkecuali di Indonesia. Padahal, dengan meningkatnya peminat game online, masyarakat dapat mengadopsi teknologi bahkan mengembangkan teknologi developmentasi perangkat lunak secara lebih cepat.

Game online diperkirakan menempati peringkat ketujuh aplikasi internet yang paling banyak digunakan di Indonesia setelah email, chat, situs jejaring sosial, search engine, portal berita (termasuk pornografi), dan blog. Setidaknya terdapat enam juta pengguna game online di Indonesia. Sementara dari segi bisnis, game online memiliki prospek yang bagus di masa mendatang. Dengan kehadiran game online, banyak lapangan kerja yang dapat diciptakan.

Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi salah satu negara produsen game online, karena kemampuan secara teknis dalam bidang animasi dan penyusunan skenario game (game play) yang tidak kalah dari negara-negara seperti Jepang dan Korea. Hanya saja, dukungan pemerintah terhadap pengembangan industri ini masih belum memadai.

Cerita dalam sebuah game online diangkat atas dasar berbagai hal. Ragnarok, misalnya, dibuat sebagai adaptasi dari sebuah komik Korea Selatan karya Lee Myoung-jin yang berjudul sama, Ragnarok. Perfect World berdasarkan mitologi Cina. Bagaimana dengan Nusantara Online? Nusantara Online (Nusol) merupakan game bergenre Massive Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) yang dibuat oleh anak bangsa. Nusol dirancang secara detail, mulai dari ide cerita, penokohan, aturan permainan, hingga audio visual yang menarik.

Di dalamnya, selain dari fitur-fitur standar dalam MMORPG, juga terdapat pula teori-teori kemasyarakatan, arkeologi, sejarah, dan sosial yang berlaku dalam kultur Indonesia pada masa sejarah klasik. Karakter-karakter, susunan kemasyarakatan, bentuk bangunan, hingga peta yang digunakan dalam Nusol mengikuti kondisi otentik pada masanya. Selain sejarah, Nusol juga memasukkan tokoh-tokoh mitologi, hikayat, dan legenda rakyat Nusantara. Kehadiran Nusol diharapkan dapat mengakrabkan gamer dengan sejarah bangsa Indonesia.

Heru Nugroho, Managing Director Nusantara Online mengatakan, “Nusol dikembangkan sebagai wujud kesadaran perlunya mengisi kembali wacana publik dengan konten-konten asli Indonesia. Dengan mengemas sejarah dan cerita-cerita rakyat Nusantara ke dalam bentuk yang lebih modern, dinamis dan aktraktif, generasi muda diharapkan akan menikmati sejarah bangsa dan cerita-cerita peninggalan leluhur tersebut secara lebih nyaman, tanpa wacana yang didaktis.”

Nusol berkisah tentang suatu masa dimana rakyat Nusantara sudah memiliki sistem kemasyarakatan dan peri kehidupan yang maju dan terstruktur. Game ini menyajikan data dan fakta terkait sejarah-kebudayaan di Indonesia, mulai dari artefak, prasasti, cerita hikayat, tokoh-tokoh hingga peristiwa sejarah. Penelitian ke berbagai lokasi tempat bersejarah dilakukan untuk melihat bentuk asli artefak-artefak Indonesia, sehingga dapat direkonstruksi ulang menjadi bentuk tiga dimensi. Hasilnya, model dalam Nusol merupakan rekonstruksi asli dari bentuk nyata, dari mulai bangunan rumah adat, candi, pakaian, dan perlengkapan tempur karakter. Bahkan sampai letak dan kontur geografisnya pun dibuat sama persis dengan yang ada pada zaman itu.

Riset juga diperlukan untuk bahan audio yang akan mengiringi game ini. Maka dari itu, tata suara akan didominasi gamelan, seperti gending Majapahit, gending Pajajaran, dan gending Sriwijaya. Riset juga mempelajari peninggalan prasasti yang ada. “Para pemain juga bisa mengoleksi prasasti ini. Begitu juga, aksesori pakaian dapat disesuaikan dengan zaman, misalnya gelang bahu, selain menunjukkan status sosial dan juga bisa menunjukan simbol tertentu,” kata Heru.

Sebagai langkah permulaan, Nusol menghadirkan tiga kerajaan besar: Majapahit, Pajajaran, dan Sriwijaya. Selanjutnya, Nusol akan menambah tiga kerajaan lainnya, yakni Samudra Pasai, Bedahulu, dan Gowa. Setiap tahun Nusol akan meluncurkan versi baru dengan tambahan tiga kerajaan. Pengembangan ini akan terus dilakukan sehingga tiap provinsi di Indonesia diwakili oleh satu kerajaan di Nusol. Ada pun untuk jangka panjang, Nusol juga akan mengembangkan versi permainan untuk konsol Playstation, Xbox, bahkan permainan offline melalui komputer personal.

Berkaitan dengan hal tersebut,  dalam rangkaian acara Roxy Computer Expo (ROCE) 2010 yang berlangsung sejak tanggal 18 – 31 Januari, BISKOM mengadakan Seminar dengan judul:

Melirik Peluang Bisnis Industri Animasi dan Uji Coba Game Nusantara Online

Pembicara:
I Made Wiryana (Pakar OSS – Dosen Univ. Gunadarma)
Chairul Fahmi & Mochammad Yusuf Riantho (Pengembang Game Nusantara Online)

Hari/Tanggal     : Kamis 28 Januari 2010
Pukul               : 13.00 – 15.00 WIB
Tempat            : Roxy Square – Lt. Upper Ground, Jl. Kyai Tapa No. 1 – Jakarta

Investasi : Rp. 25.000,- (Mahasiswa dan Pelajar)  / Rp. 50.000,- (Umum) / Guru dan Dosen GRATIS

Melalui rekening BCA: 8720031184 – a.n. Andi Mulja Tanudiredja

Peserta akan mendapatkan Sertifikat

Pendaftaran:
MAJALAH BISKOM
Ina : 021-63854722
Email: redaksi@biskom.web.id / andi@biskom.web.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.