wordcampBagi sebagian besar blogger Indonesia, WordPress adalah wordpress.com, situs layanan blogging gratis yang dijalankan oleh Automattic Inc., perusahaan pengembang WordPress. Padahal, menurut Beau Lebens yang merupakan salah satu dari hanya beberapa code wrangler WordPress, WordPress adalah sebuah ‘publishing platform’.

“Berbeda dengan aplikasi blogging lain, WordPress memberikan fleksibilitas bagi para penggunanya untuk membangun website sekreatif mungkin, dengan antarmuka back-end yang mudah dimengerti – bahkan bagi orang awam” ujar Beau yang ditemui di acara Wordcamp Indonesia 2010 di Universitas Gunadarma pada hari Sabtu, 30 Januari yang lalu.

Beau, yang terbang khusus ke Jakarta dari San Fransisco untuk acara ini juga menyempatkan diri untuk memperkenalkan WordPress versi 3.0, yang rencananya akan dirilis pada pertengahan tahun 2010 ini. “Kami berharap pengguna WordPress diseluruh dunia dapat terus meningkat seiring dengan berkembangnya versi WordPress” lanjutnya.

WordCamp sendiri adalah ajang pertemuan atau konferensi terbuka yang membahas apapun yang berhubungan dengan WordPress. Pertama kali diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2009 lalu, WordCamp Indonesia 2010 dengan tema “Developers Spotlight” mengedepankan perkenalan fitur-fitur WordPress untuk pengembang (developers), dengan harapan penggunaan WordPress tidak terhenti pada blogging semata mengingat potensinya yang begitu besar.

Selain menyelenggarakan acara sekali setiap tahun, penyelenggara WordCamp Indonesia juga aktif membagikan berbagai materi WordPress secara gratis melalui account Twitter mereka, @WordCampID. Berbagai materi presentasi pada acara ini juga telah dimuat di situs presentasi www.slideshare.net. (Yuza)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.