nusolSetelah melalui tahap pengembangan dan ujicoba selama hampir empat tahun, versi ala game “Nusantara Online” sejak hari ini (25/2) dapat dimainkan oleh pengguna Internet di Indonesia. Peluncuran game  dilakukan dalam rangkaian kegiatan Mal Artha Gading Computer Expo yang digelar di Mal Artha Gading (MAG), Jakarta Utara pada 17-28 Februari 2010.

Nusantara Online merupakan permainan komputer bergenre Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) yang dapat dimainkan oleh ratusan ribu pengguna Internet secara bersamaan. Berbeda dengan game-game MMORPG yang sudah sangat populer di Indonesia, Nusantara Online merupakan 100 persen karya anak bangsa. Game ini dikembangkan menggunakan karakter-karakter asli Indonesia dan dijalankan di atas engine berjuluk ANother Game Engine Library (ANGEL) yang juga asli buatan Indonesia.

“Nusantara Online tercipta dari keprihatinan atas maraknya konten-konten asing di Indonesia. Melalui berbagai media yang ada di tanah air, anak-anak Indonesia dijejali karakter-karakter asing yang belum tentu sesuai dengan kepribadian Indonesia. Dengan hadirnya “Nusantara Online”, generasi muda akan memiliki alternatif konten yang akan mengakrabkan mereka kembali dengan karakter-karakter dan cerita rakyat Indonesia,” kata I Made Wiryana, Chief Technical Officer PT Nusantara Wahana Komunika, publisher game ini, saat peluncuran Nusantara Online.

Cerita dalam game Nusantara Online mengambil latar belakang kerajaan-kerajaan yang pernah ada di Indonesia. Pada versi satu, Nusantara Online menghadirkan latar kerajaan Majapahit, Sriwijaya, dan Pajajaran. Versi dua yang saat ini tengah dikembangkan akan menghadirkan tambahan tiga kerajaan: Samudera Pasai, Gowa, dan Bedahulu. Rencananya, pada setiap versi baru yang akan diluncurkan tiap tahun akan ada tambahan tiga kerajaan baru hingga setidaknya satu propinsi di Indonesia dapat diwakili oleh satu kerajaan.

Sigit Widodo, Chief Operation Officer PT Nusantara Wahana Komunika  mengatakan pengembangan game Nusantara Online dilakukan oleh dua institusi yang keduanya berkantor di Bandung. Pengembangan engine game dilakukan oleh Sangkuriang Studio, sedangkan pembuatan karakter dan jalan cerita alias gameplay, dilakukan oleh Telegraph Studio. Sebagai publisher ditunjuk PT. Nusantara Wahana Komunika yang berkantor di Jakarta.

“Sebagai produk, Nusantara Online sebenarnya sudah siap sejak pertengahan 2009. Game ini secara resmi telah dirilis oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada 26 Juni 2009, bersamaan dengan Pembukaan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2009 di Jakarta Convention Center,” katanya.

Selama setengah tahun, publisher mempersiapkan seluruh infrastruktur Nusantara Online agar siap secara komersial. Saat ini Nusantara Online telah memiliki sepuluh server yang di-hosting di dua Internet Service Provider (ISP). Untuk realm Jakarta, server diletakkan pada data center milik Telkom dan untuk realm Bandung, server diletakkan pada data center Melsa.

Dalam masa persiapan ini, Nusantara Online juga bekerja sama dengan Universitas Gunadarma dan BISKOM untuk melakukan ujicoba game. Dalam beberapa kali ujicoba tersebut ditemukan beberapa bug dan error yang kemudian segera diperbaiki.

Namun begitu, Sigit menyatakan optimis game ini akan diterima oleh pasar. “Saat dipamerkan pada acara ASEAN TechMart Plus Tree di Vietnam, September 2009 lalu, Nusantara Online mendapatkan sambutan hangat. Apresiasi yang baik juga kami terima saat Nusantara Online menjadi salah satu wakil Indonesia di ajang APCITA 2009 di Melbourne. Karena itu, kami yakin game ini telah memenuhi standar internasional.”

Dalam acara ini juga hadir Alfie Radithya (Chief Marketing Officer PT Nusantara Wahana Komunika), Oka Oktamullah Sugandi (Chief Technical Officer Sangkuriang Studio), dan Victor Junaedi (Direktur Nusantara Online, Sangkuriang Studio)

Selama empat hari, mulai 25-28 Februari 2010, Nusantara Online dapat disaksikan pada pameran MAG Computer Expo 2010. Dalam acara ini, pemain dapat melakukan registrasi, bermain di tempat, mendownload installer, dan berfoto dengan karakter-karakter game Nusantara Online pada Minggu, 28 Februari 2010.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.