Apkomindo Ristek 2Bertempat di Ruang Hanoman, Lantai 2 Gedung Jogja Expo Center, hari ini (6/3), APKOMINDO DIY bersama Kementerian Negara Riset Teknologi (RISTEK) RI menyerahkan bantuan 30 unit Komputer beserta software IGOS Nusantara 4 dalam rangka Gerakan APKOMINDO-RISTEK PEDULI PENDIDIKAN 2010 dengan Tema “Komputer untuk Tunas Bangsa”. Gerakan APKOMINDO-RISTEK PEDULI PENDIDIKAN yang dimulai sejak tahun 2008 ini diwujudkan dalam bentuk pemberian bantuan komputer untuk SD-SD di wilayah DIY, sekaligus pelatihan komputer untuk guru-guru di SD yang bersangkutan.

Hadi Santono, Ketua Apkomindo DIY mengatakan, informasi mengenai Gerakan APKOMINDO-RISTEK PEDULI PENDIDIKAN disebarkan melalui Dinas Pendidikan di masing-masing kabupaten. Selanjutnya SD-SD yang berminat mengikuti program ini mengajukan proposal permohonan bantuan melalui Dinas Pendidikan di masing-masing kabupaten.

Apkomindo Ristek 3Persyaratan atau kriteria SD calon penerima bantuan adalah SD Negeri yang merupakan SD INTI, berada di wilayah Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Gunung Kidul, memiliki ruang komputer dan perlengkapan yang memadai dan diutamakan sekolah yang belum memiliki komputer untuk Proses Belajar Mengajar (PBM), dengan jumlah siswa dan SD Imbas terbanyak, memiliki rencana yang jelas dan baik untuk pemanfaatan komputer untuk Proses Belajar Mengajar, dan memiliki komitmen untuk pengembangan program IGOS Nusantara.

“Kami melakukan seleksi dalam 3 tahap, yaitu evaluasi kelayakan proposal, interview dan presentasi dan survey lokasi ke SD calon penerima bantuan. Dari hasil seleksi didapatkan 6 SD sebagai penerima bantuan, yaitu SD Negeri Mentel 1, SD Negeri Karangrejek 2, SD Negeri Susukan, SD Negeri Panjatan, SD Negeri Karanggondang, dan SD Negeri Sukosari”, papar Hadi.

Sementara itu Kemal Prihatman, Asisten Deputi Urusan Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Kementerian Ristek, mengatakan Ristek sudah sejak awal terlibat dalam penetepan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai cyber province.

Apkomindo Ristek 1“Ini merupakan gerakan yang sinergis antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia pendidikan dan para pebisnis. Dan juga ini sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan teknologi informasi dan mendorong masyarakat untuk selalu menggunakan piranti lunak yang legal, salah satunya adalah IGOS Nusantara sebagai alternatif” ujar Kemal.

Hadir dalam acara penyerahan bantuan, Ir. Kemal Prihatman, M.Eng (Asisten Deputi Urusan Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Kementerian Negara Ristek), Ir. Astungkoro, M.Hum (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Provinsi DIY), Suroyo (Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda & Olah Raga Provinsi DIY), Andi Tanudiredja (Direktur PT. Biskom Mitra Persada), beserta tamu undangan lainnya.

Gerakan APKOMINDO-RISTEK PEDULI PENDIDIKAN didukung langsung oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Provinsi DIY, Dinas Perindustrian, Perdagangan & Koperasi Provinsi DIY dan Majalah BISKOM

5 COMMENTS

  1. program ini sangat bagus, hanya saja saya punya pertanyaan dapatkah bantuan itu diperuntukkan bagi sekolah saya yaitu SD Prampelan 2 kec. sayung kab. demak

  2. progam ini sangat bagus, tapi saya punya pertanyaan dapatkah program ini diperuntukkan bagi sekolah saya yaitu sd prampelan 2 kec. sayung kab. demak

  3. bagaimana kami dari SD Negeri I wasur Kab Merauke Bs dapat bantuan in,karna kami sangat membutuhkannya…

  4. bagaimana kami dari SD Negeri I wasur Kab Merauke Bs dapat bantuan ini,karna kami sangat membutuhkannya…
    setiap membuat ulangan kami harus membayar lagi ke rental-rental pengetikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.