Home Berita Bintara Polda Metro Jaya Raih Sertifikat Komputer Forensik

Bintara Polda Metro Jaya Raih Sertifikat Komputer Forensik

241

Cyber ForensicsSelama ini kita mendengar istilah forensik identik dengan istilah yang digunakan oleh dunia kedokteran atau oleh kepolisian untuk membantu aparat penegak hukum dalam mengungkap suatu kasus, misalnya pembunuhan atau peristiwa pengeboman. Ahli forensik bertugas mencari bukti-bukti atau jejak dari pelaku kejahatan, baik berupa sidik jari, serat rambut, serat kain, pecahan bom dan lain-lain.

Secara terminologi, komputer forensik adalah aktivitas yang berhubungan dengan pemeliharaan, identifikasi, pengambilan/penyaringan, dan dokumentasi bukti komputer dalam kejahatan komputer.

Dalam rangka mendukung pengungkapan kejahatan cyber, dua bintara Polda Metro Jaya telah mengikuti pelatihan komputer forensik di Subang Jaya, Kuala Lumpur – Malaysia (29 Maret-3 April 2010) yang diselenggarakan oleh Guidance Software atas prakarsa dan dukungan International Criminal Investigative Training Assistance Programe (ICITAP) Indonesia USDoJ-American Embassy. Kedua bintara tersebut adalah Brigadir Ferry Maulana dan Briptu Atang Setiawan. Keduanya berhasil meraih Sertifikat International dalam bidang komputer forensik.

”Seperti umumnya ilmu pengetahuan forensik lain, komputer forensik juga melibatkan penggunaan teknologi yang rumit, perkakas dan melalui prosedur yang harus diikuti untuk menjamin ketelitian.  Penjahat biasanya selangkah lebih maju dari penegak hukum dalam melindungi diri dan menghancurkan barang bukti. Merupakan tugas ahli komputer forensik untuk menegakkan hukum dengan mengamankan barang bukti, rekonstruksi kejahatan, dan menjamin jika bukti yang dikumpulkan itu berguna di persidangan,” kata Atang.

Ferry Maulana juga menambahkan pada dasarnya,  mirip dengan proses yang terjadi pada polisi yang hendak mengusut bukti tindak kejahatan dengan menelusuri fakta-fakta yang ada, namun komputer forensik bertujuan untuk menelusuri jejak yang terjadi pada dunia maya.

1 COMMENT

  1. Kepada Brigadir Ferry Maulana dan Briptu Atang Setiawan,

    Selamat dan Sukses atas prestasinya meraih Sertifikat International dalam bidang komputer forensik, semoga SAT CYBER CRIME POLDA METRO JAYA semakin sukses, Amin.

Comments are closed.