logoTaiwan External Trade Development Council (TAITRA) atau Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan yang didirikan sejak 1970, menyatakan siap bergabung dalam perhelatan akbar iTIndoComm 2010 di Jakarta Convention Center, 5-7 Mei mendatang.

Sekitar dua tahun lalu, perusahaan Taiwan adalah yang pertama di dunia yang menawarkan netbook dan komputer laptop kecil yang terjangkau untuk semua orang. Mereka memperkenalkan akses ke internet tanpa kabel dan tanpa instalasi yang rumit. Perusahaan-perusahaan yang sama kini tengah mempersiapkan inovasi yang lebih canggih yang akan diperkenalkan di iTIndoComm 2010.

Prestasi Taiwan juga dibuktikan dengan memenangkan beberapa penghargaan desain produk dari iF dan Red Dot, organisasi desain industri terkemuka yang berbasis di Jerman. Jumlah penghargaan Red Dot untuk perusahaan Taiwan naik menjadi 68 dari 56 tahun lalu, dan merupakan kedua kalinya setelah pada tahun sebelumnya selalu dimenangkan oleh perusahaan berbasis di Jerman.

Tak heran jika kini perusahaan Taiwan adalah pemimpin teknologi yang membuat sekitar 75% komputer pribadi di seluruh dunia. Bahkan sekitar setengah dari penduduk dunia menggunakan flat-panel display buatan Taiwan dan sekitar 30% dari semikonduktor dunia juga berasal dari negeri ini.

Perusahaan-perusahaan Taiwan yang akan hadir dalamĀ  iTIndoComm 2010 diantaranya A-DATA, AIPTEK, Apacer, ASUS, AVerMedia, BenQ, Gigabyte, MSI dan ZyXEL. Mereka bukan sekedar memperlihatkan inovasi baru seperti buku cerita elektronik untuk anak-anak, pembaca digital, videophones internet, proyektor mini dan netbook terbaru yang telah memenangkan penghargaan konsumen di seluruh dunia, tetapi juga melakukan kampanye penggunaan teknologi yang ramah lingkungan.

Keikutsertaan TAITRA dimaksudkan untuk mempromosikan perdagangan luar negeri Taiwan dan mengukur daya saing di pasar dunia. Selama 40 tahun terakhir, TAITRA telah memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi Taiwan. TAITRA secara bersama-sama disponsori oleh pemerintah dan asosiasi komersial bergabung dalam komunitas bisnisĀ  internasional.

Indra Putra, direktur ECMI, organizer dari iTIndocomm 2010 mengatakan bahwa keikutsertaan TAITRA menjadi sarana yang tepat bagi perusahaan di Indonesia yang berencana membangun usaha baru, mencari produk dan online casino jasa terbaru, meraih peluang bisnis baru, menambah relasi dari luar negeri dan mengetahui trend pasar.

Sementara itu Anton Rahaja, dari PT. Infotech Media Nusantara mengatakan bahwa event ini sangat membantu perusahaan TI lokal untuk menjalin kerjasama dengan dunia internasional. “Kami telah beberapa kali mengikuti event ini dan ini merupakan kesempatan kami untuk memperkenalkan Briker, produk andalan kami ke pasar lokal maupun pasar internasional”.

Tifatul SembiringMenkominfo Tifatul Sembiring, ketika dimintai pendapatnya mengenai pameran iTIndocomm 2010 ini mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia akan terus memastikan dukungannya akan kebijakan cerdas yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas masyarakat dan pengembangan sektor TIK sehingga dapat terus bersaing menjadi yang terbaik dan terus mendapat tempat sebagai peluang bisnis internasional sekaligus terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Saya mengajak semua peserta untuk mengeksplorasi segala kekayaan industri TIK dan juga memberikan kontribusi penting menuju keberhasilan upaya bangsa, tentu saja melalui kegiatan unggulan seperti ICT Expo seperti saat ini yang kali ini dikenal sebagai iTIndoComm“, ujar Tifatul.

iTIndocom 2010 ini didukung oleh Kementerian Kominfo, Kementerian Perindustrian, KADIN, FTII, Detiknas, Apkomindo, Masterdata, ITMN dan Wireless Academy serta Majalah BISKOM sebagai Media Partner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.