Indonesia Siap Sambut IPv6

Ditulis pada 03 June 10

summitTerus berumbuhnya pemakaian Internet Protocol Address atau IP di dunia pada umumnya serta di Indonesia khususnya, maka persediaan IPv4 di seluruh dunia saat ini tinggal 7% saja atau setara dengan 280 juta IP. Untuk mempercepat pengaplikasian IPv6 di Indonesia, sejak tiga tahun lalu pemerintah membentuk Indonesia IPv6 Task Force (ID-IPv6TF), sebuah gugus tugas untuk melakukan fungsi koordinasi terhadap seluruh stakeholder dalam industri Internet Indonesia, dimana di dalamnya tergabung seluruh unsur negara baik pemerintahan maupun industri.

Bulan ini, IPv6 Task Force akan mengadakan IPv6 Summit pada tanggal 8-9 Juni 2010 di Padma Resort, Bali dengan tema “Reaching The Bottom Millions“. Pada acara tersebut yang rencananya dihadiri oleh Menkominfo Tifatul Sembiring, akan dideklarasikan secara bersama-sama antara pemerintah dengan para operator jasa telekomunikasi, penyedia layanan, pembuat serta penyedia aplikasi dan penyalur perangkat keras telekomunikasi kesiapan untuk memulai implementasi IPv6 secara menyeluruh di Indonesia.

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang besar, disertai terus tumbuhnya penggunaan layanan Telekomunikasi khususnya Internet, terus membutuhkan dukungan dari infrastruktur Telekomunikasi yang di era “next generation network” ini tidak dapat dipisahkan dari ketersediaan IP. Maka kebutuhan dukungan IP ini, perlu disikapi dengan rencana aksi implementasi IPv6 yang secara umum di seluruh dunia diketahui merupakan solusi dari menipisnya ketersediaan IPv4.

Dukungan ini akan diwujudkan dengan memulai pembuatan rencana atau roadmap dan kemudian diikuti pelaksanaan migrasi IPv4 ke IPv6 secara bertahap, sehingga bersama-sama secara nasional, seluruh Indonesia akan ‘IPv6 Ready” pada tahun 2013.

Acara ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Majalah BISKOM sebagai Media Partner.

Sampaikan Komentar Anda