HMCC BRIPT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk siap melayani kebutuhan perbankan dan keuangan pedagang di Harco Mangga Dua, Jakarta. Kesiapan BRI ini diwujudkan dengan penandatanganan MOU antara BRI dengan Asosiasi Harco Mangga Dua Computer Center (HMCC), Rabu (14/7), di tengah event Festival Komputer Indonesia di Jakarta Convention Center. Hadir dalam penandatangan tersebut Bambang Soepono, Direktur BRI dan Taufresdian, Ketua Umum HMCC.

“Adanya kerjasama ini akan memberikan alternatif bagi para pedagang komputer di HMCC untuk memanfaatkan jasa perbankan BRI melalui akses simpanan dan pembiayaan jasa perbankan untuk kelancaran bisnisnya,” kata Direktur BRI Bambang Soepono.

Dia mengatakan, potensi ekonomi Mall Harco Mangga Dua sangat besar sebab memiliki pedagang yang mencapai 300 anggota di asosiasi setempat. Sementara, terdapat 300 pedagang lagi yang belum menjadi anggota asosiasi. “Maka kami dari BRI berkeinginan untuk melakukan kerjasama dengan para pedagang HMCC,” tambah Bambang.

“Anggota HMCC pun selain dapat memanfaatkan produk konsumer BRI seperti KPR, KKB, Kartu Kredit dan produk-produk lainnya. Masih ada layanan yang dapat dimanfaatkan seperti trade finance, cash management dan fasilitas layanan e-channel BRI seperti internet banking dan SMS Banking,” tandasnya.

Masih menurut Bambang, fakta menunjukkan pertumbuhan pasar komputer di kawasan Asia Pasifik antara lain Indonesia, Jepang, Hongkong, Taiwan, India, Australia, Filipina, Thailand dan Malaysia mencatat pertumbuhan pasar paling besar di dunia. Indonesia merupakan yang tertinggi di Asia Pacific, bahkan lebih tinggi daripada pertumbuhan penjualan komputer dunia.

Penjualan komputer di Indonesia tahun 2010 diprediksi meningkat 35 persen menjadi 3,8 juta unit dari 2,8 juta unit di tahun 2009 dan sampai dengan tahun 2013 pasar industri teknologi informasi (TI) di Indonesia diperkirakan mencapai USD 5,7 miliar.

Sebagai informasi, saat ini BRI telah memiliki sekitar 6,600 outlet realtime online yang tesebar luas di seluruh wilayah nusantara. Outlet tersebut didukung oleh infrastruktur TI dan core banking system yang mutakhir, yang mampu mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada para nasabahnya dan memenuhi tuntutan perkembangan dan kebutuhan nasabah dan masyarakat.

Pengembangan SMS banking, Phone Banking, Internet Banking, penambahan fitur ATM adalah contoh-contoh upaya keras BRI untuk memenuhi seluruh kebutuhan nasabah tidak terkecuali kebutuhan para pedagang HMCC khususnya untuk transaksi bisnis dengan klien atau mitra kerjanya di seluruh pelosok negeri ini.

Ketua Umum HMCC Taufresdian mengatakan HMCC merupakan pusat perdagangan komputer terbesar di Asia Tenggara. Dan hampir semua suplai komputer ke daerah di Indonesia berasal dari HMCC. Tak heran uang yang berputar di tempat ini sangat besar nilainya setiap tahunnya.

Salah satu event bergengsi yang diikuti Asosiasi HMCC ini adalah Festival Komputer Indonesia yang diadakan mulai tanggal 14-18 Juli 2010, yang merupakan ajang pembuktian eksistensi Asosiasi HMCC. Pada event ini hampir seluruh pedagang komputer HMCC ikut berpartisipasi.

Sementara itu, Soegiharto Santoso, salah satu anggota HMCC yang diminta menyampaikan testimoninya, menyambut dengan baik kerjasama dengan BRI ini, ia berharap dengan kerjasama ini akan meningkatkan sinergi saling menguntungkan. Karena bagaimanapun juga, pedagang pasti membutuhkan perbankan untuk melakukan transaksi keuangan.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.