Taiwan 01Pemerintah Taiwan melalui Bureau of Foreign Trade (BOFT), Kementerian Ekonomi Taiwan (Ministry of Economic Affairs, Taiwan), R.O.C, dan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) mengadakan konferensi pers di gedung Taipei 101, Taipei (24/8) guna memperkenalkan produk-produk ICT Taiwan dengan fokus di tiga negara, yaitu India, Indonesia dan Vietnam dengan program Taiwan Excellence.

Wayne Wu, Vice President TAITRA, mengatakan, 19 operator ICT Taiwan telah diundang untuk menunjukkan komoditas inovatif mereka dengan tujuan meningkatkan penjualan di pasar negara berkembang dari negara-negara Asia Tenggara seperti Vietnam dan Indonesia, serta di India. “Dengan serangkaian kegiatan promosi ini, kami berharap dapat mempromosikan citra industri ICT di Taiwan dan kesadaran akan merek Taiwan di pasar internasional. Kami yakin bahwa pada akhir tahun ini, konsumen di India, Indonesia, dan Vietnam akan lebih mengenal produk-produk Taiwan Excellence sementara negara-negara lain juga akan lebih bersedia untuk mendapatkan produk ICT Taiwan yang telah dikenal secara global,” tambah Wayne Wu.

Sementara itu Menteri Urusan Ekonomi Taiwan, Republik Of China, Shiang Shih-Yen, dalam sambutannya mengatakan keyakinannya tentang daya saing perusahaan ICT Taiwan berdasarkan tiga keuntungan, yaitu kemampuan keuangan, waktu yang tepat dan tekad untuk mencapai tujuan. “Mengingat munculnya konsumen kelas menengah yang berkembang pesat di pasar, Departemen Perekonomian telah memulai proyek untuk mempromosikan produk-produk terbaik dengan harga yang wajar di pasar global yang sedang berkembang, terutama di India, Indonesia, Vietnam, dan pasar negara berkembang lainnya dengan cara mempromosikan program Taiwan Excellence untuk merek industri ICT Taiwan. Oleh karena itu, pada bulan April tahun ini, Biro Perdagangan Luar Negeri di bawah Kementerian Perekonomian Taiwan mempercayakan Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal (TAITRA) untuk menjadi ujung tombak dan mengimplementasikan The 2010 Integrated Marketing dan Communication Taiwan (atau IMC project) dan meningkatkan citra merek global industri ICT Taiwan melalui pengorganisasian berbagai kegiatan promosi di pasar yang ditargetkan.

Taipei 02Beberapa bentuk promosi telah dilakukan oleh TAITRA di India, Indonesia dan Vietnam. Selain mengadakan kegiatan eksibisi Experiencing Zone for Taiwan Excellence and Taiwan International Brands di berbagai mall terkenal di masing-masing negara, TAITRA juga membuka ruang pamer Taiwan Excellent Window, bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan lokal seperti CHROMA dari TATA Group untuk India, peritel produk ICT dan HOAN LONG Grup dari Vietnam.

Program Taiwan Excellence ini juga memeperkenalkan selebritis dari masing-masing negara sebagai juru bicara Taiwan Excellence. Bintang film dan mantan Miss Universe, Lara Dutta, ditunjuk untuk mewakili India. Artis dan mantan VJ MTV, Cathy Sharon ditunjuk untuk mewakili Indonesia. Mantan Ratu Kecantikan Vietnam, Huong Giang, mewakili Vietnam dan artis popular Taiwan, Blue Lan, mewakili Taiwan.

Cathy Sharon, salah satu dari juru bicara internasional untuk Taiwan Excellence, mengatakan bahwa banyak orang Indonesia terkesan oleh kualitas yang baik untuk produk ICT buatan Taiwan. Menurut Sharon, media di Indonesia juga sangat membantu meningkatkan citra merek Taiwan.

Acara konferensi pers ini dihadiri pula oleh pejabat masing-masing negara. Dari Indonesia tampak hadir Bambang Mulyanto, Kabid Perdagangan, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei dan diliput pula oleh media dari Taiwan, India, Vietnam dan Indonesia, termasuk majalah BISKOM.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.