Yogyakomtek Muri 01Kreativitas penyelenggara pameran untuk menarik minat pengunjung adalah sangat mutlak, khususnya pameran TI. Hal ini terbukti berhasil dicapai oleh Panitia YOGYAKOMTEK 2010.

Sedari awal, panitia telah melakukan berbagai bentuk promosi untuk membuktikan bahwa pameran YOGYAKOMTEK 2010 yang diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC) 2 – 6 Okt ini, adalah pameran komputer TERBESAR, TERLENGKAP, TERBANYAK.

Untuk itu, pada penyelenggaraan pameran komputer YOGYAKOMTEK 2010 kali ini yang mana hampir semua kegiatan acaranya melibatkan interaksi pengunjung, dimulai dengan melakukan cap jempol untuk setiap pengunjung pameran sampai dengan memanfaatkan situs jejaring sosial antara lain Facebook, Twitter dan Foursquare, panitia YOGYAKOMTEK 2010 mengadakan lomba seperti Facebook Photo Competition, Twitn’ Win dan Be The Mayor dan juga kegiatan sosial, bekerja sama dengan Unicef, Green Peace, Palang Merah Indonesia, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dan lain-lain.

Kegiatan cap jempol ini, dilakukan sesuai dengan tema yang diusung oleh panitia, yakni Two Thumbs Up, panitia seperti melakukan kritik sosial, bahwa saat ini teknologi mulai mengubah cara alami manusia untuk berkomunikasi. Kemajuan teknologi memudahkan kehidupan manusia, terutama kodratnya sebagai manusia sosial, yaitu menggunakan kedua jempolnya untuk berinteraksi dengan satu sama lain, yaitu ketika mengirim berita pesan pendek (sms) melalui ponsel.

Yogyakomtek Muri 02Kegiatan ini menghasilkan prestasi sendiri, yaitu berhasil memecahkan rekor MURI, sebanyak 125 ribu pengunjung pameran YOGYAKOMTEK 2010 membubuhkan cap jempol sebelum masuk ke arena pameran. Cap jempol pertama dibubuhkan oleh dr. Andung Prihadi Santosa, M.Kes. (Asisten Perekonomian dan Pembangunan – Provinsi DIY) diikuti oleh Hadi Santono (APKOMINDO DIY), Agustinus Sutandar (Perwakilan DPP APKOMINDO) dan tamu undangan lainnya. Proses pembubuhan cap jempol dilakukan selama 5 hari pameran.

Proses penghitungan jumlah cap jempol dilakukan oleh perwakilan MURI pada Rabu, 6 Oktober 2010, dimulai pukul 15.00 WIB dan berakhir pada pukul 19.00 WIB. Total cap jempol yang didapatkan mencapai 125 ribu cap jempol, jauh melebihi rekor sebelumnya sebanyak 30 ribu cap jempol yang dipegang oleh XL dan target panitia sebelumnya sebesar 100 ribu cap jempol.

Soegiharto Santoso, Pimpinan Umum Majalah BISKOM mengatakan bahwa pameran YOGYAKOMTEK 2010 ini memang layak dikunjungi dan benar-benar telah menjadi magnet bagi masyarakat, bukan hanya untuk masyarakat wilayah regional Daerah Istimewa Yogyakarta ataupun Jawa Tengah saja, melainkan dari berbagai daerah lainnya seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali tentunya. “Tidak ketinggalan para pengusaha komputer dari Jakarta dan Surabaya bahkan prinsipal dari mancanegara turut hadir untuk melihat secara langsung barometer bisnis komputer di Indonesia, setidaknya hadir dan berjumpa dengan saya, Mr. Andreas Diantoro, Dell Regional Managing Director South Asia,” ujar Soegiharto.

Pameran YOGYAKOMTEK 2010 ini adalah pameran komputer ke tiga belas yang diselenggarakan oleh APKOMINDO DPD DIY, didukung oleh berbagai vendor TI dan majalah BISKOM sebagai media partner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.