INSTANT SEARCHING Apakah Membantu Penjualan?

Ditulis pada 22 January 11

Hal 31-IlustrasiSaya menerima beberapa pertanyaan serupa dari mereka  yang memilliki experience yang sama.  Pada saat mengetik 1 atau 2 karakter saja di kotak pencarian di mesin pencari, maka situs pencari langsung memberikan usulan frase pencarian. Misalnya Anda mengetikkan karakter “ba” maka usulan otomatis yang diberikan adalah misalnya “Batik, Batavia, Baca Komik Naruto, Bali, dan lain sebagainya”, begitukah yang Anda rasakan? Menurut Anda bermanfaat atau tidak? Mengenai fitur ini, Google memang lebih sensitif dan berani dibandingkan Yahoo dalam memberikan usulan frase. Usulan ini didasarkan pada frase-frase yang sering diketikkan para pencari informasi.

Fitur instant ini adalah hasil peningkatan yang dilakukan oleh teknologi mesin pencari yang dimiliki oleh perusahaan mesin pencari yang membantu Anda untuk memberikan ide atau frase pencarian dan diklaim 2 – 3 detik lebih cepat untuk mencari sesuatu, bahkan sebelum Anda selesai mengetikkan frase yang ada di benak Anda sehingga kadang kala apa yang Anda ketikkan malah “nyeleneh” ke ranah ide yang lain yang Anda belum pikirkan. Betulkah demikian?

Setidaknya ada 2 poin yang Anda bisa lihat pada tren mesin pencari yang memudahkan Anda cari uang dan bekerja. Pertama adalah hasil yang dinamis karena menampilkan hasil pencarian yang relevan sesuai frase yang Anda ketik, sekaligus memberikan ide bahkan sebelum otak Anda menemukan ide-ide pencarian yang mirip. Kedua adalah memberikan prediksi sehingga Anda tidak perlu mengetik panjang, namun tinggal memilih  ke bawah apa yang sering dicari oleh user yang lain

Kolaborasi Pencarian

Bukan hanya kerja konvensional orang melakukan kolaborasi, bahkan melakukan riset pun orang diarahkan untuk berkolaborasi. Asumsinya, tidak ada orang yang melihat halaman web yang sama. Namun berkat teknologi “instant searching”, maka pencarian informasi seseorang akan menjadi lebih optimal. Demikian yang diinginkan oleh Steve Rubbel, Direktur Edelman Digital, perusahaan pembuat situs pencari kata.

Manfaatnya,  pencarian mereka akan menjadi real-time berdasarkan feedback satu sama lain. Dari sini maka kebiasaan Anda dalam mencari akan berubah karena dipengaruhi oleh para users senior. Dulu orang kalau mencari informasi di situs pencari selalu mengetikkan 1 atau paling tidak 2 kata, sekarang mereka mengikuti pencarian frase yang diusulkan secara otomatis. Feedback dari user lain akan mempengaruhi behavior pencarian kata sebelumnya.

Apa Manfaat Google Insant?

Anda merasa diuntungkan dengan fitur instant? Yang jelas Anda akan menjadi smarter searcher, karena terpengaruh oleh usulan dari senior searcher. Lalu lewat fitur instant ini mau tidak mau pemilik situs pencari harus memperbanyak server serta bandwidth. Mengapa? Karena fitur instant ini menggoda para pencari informasi untuk melihat-lihat hasil pencarian yang lain yang tadinya tidak ada dalah daftar priority search list. Akibatnya akan banyak waktu dihabiskan oleh searchers baik di rumah maupun di tempat kerja yang bila tidak dikendalikan akan merugikan jam kerja kantor maupun quality time yang seharusnya diberikan kepada keluarga bila mereka sudah berada di rumah atau pada hari libur.

Tentu saja para penyedia layanan internet akan senang bila semakin banyak  users menghabiskan waktu selancar di internet. Karena fitur instant searching ini mendorong orang untuk mengekplorasi searching.

Merek-merek besar pun sangat diuntungkan oleh fitur Instant Searching ini. Misalnya coba saja Anda ketik karakter “A” di Google.co.id, maka sederet brand-brand top dunia maupun lokal akan disuguhkan di hadapan mata Anda sehingga ini akan menancapkan “brand” mereka di benak Anda, misalnya “Airasia, Axis, Acer, Ariel Cut Tari” karena rupanya searchers di Indonesia sering mengetikkan keyword tersebut.  Beda kalau searchers di Australia, bila mengetikkan karakter “A” maka akan muncul “Anz, Australia Post, Amazon, Apple, Airasia dan lain-lain.”

Nah, jika Anda bukan pemain besar seperti merek-merek di atas, Anda pun sebenarnya bisa mengambil keuntungan lewat suggestion otomatis ini. Sebenarnya suggestion otomatis  sudah dimiliki oleh mesin pencari, namun mereka tempatkan library berupa usulan-usulan frase ini  di dalam keyword suggestion mereka yang berada di dalam membership area. Atau Anda harus penjadi pelanggan situs web tertentu yang berisi behavior para searchers lokal, regional maupun global. Fitur instant searching ini akhirnya membuat situs web tersebut gulung tikar.

Lalu bagaimana mereka yang mencari uang lewat situs pencari? Apakah mereka akan diuntungkan? Jelas sekali. Saya sendiri sewaktu mau memasuki pasar Singapura untuk produk-produk souvenir saya seperti “gantungan kunci karet”, maka saya masuk saya ke Google Singapura. Kemudian jika saya ketikkan “rubber…” maka sederet frase “custom rubber keychain, custom rubber keyring…” akan tersedia secara otomatis sebagai usulan bagi saya. Maka ini pertanda bahwa saya memiliki pasar di Singapura.

Begitu pula untuk bisnis saya yang lain, saya bisa memprediksi besarnya pasar (demand) untuk  produk-produk yang saya masukkan ke negara tertentu hanya lewat bantuan suggestion otomatis dari fitur Instant Searching ini.

Bottom Line

Tidak sedikit mereka yang cari uang lewat “Search Marketing” akan diuntungkan oleh fitur ini. Coba saja lihat, fitur ini akan dibenamkan juga di mobile browser ke depannya. Faktor mobile inilah yang bakal banyak memberikan keuntungan bagi Google untuk memberikan data-data informasi bergerak, karena konsumen dunia ini sekarang terus bergerak.

Fitur Instant Searching ini jelas-jelas memperlihatkan sistem ranking dalam algoritme mesin pencari tetap sama dan lebih transparan bagi penyedia konten atau pemakai konten. Jadi saran saya, jangan matikan fitur ini! Manfaatkan untuk menerobos pasar, jangan cuma dimanfaatkan oleh para search marketers saja.