in 1Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dan semakin meningkatnya kesadaran akan teknologi informasi (TI)  membuat sejumlah industri antusias menggarap pangsa pasar yang potensial ini.  Salah satunya adalah AMD.

Produsen prosesor ternama dunia yang berbasis di California, Advanced Micro Devices (AMD), terus membanjiri pasar dengan produk terbaru,  termasuk untuk kebutuhan visual. AMD menyebut teknologi visual ciptaan mereka dengan nama Vision.

AMD mengklaim, Vision yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada Juli 2010 ini mampu mengomunikasikan nilai dari keseluruhan sistem dan pemrosesan gabungan untuk menghasilkan visualisasi yang optimal. “Selain untuk game, teknologi ini sangat berguna bagi pemetaan sumberdaya alam oleh perusahaan pertambangan atau bagi industri otomotif untuk visualisasi percobaan keselamatan,” kata Country Manager AMD, Heryanto Arif.

Untuk membuktikan keseriusannya dalam teknologi visual, pada pertengahan Desember 2010 lalu, AMD juga telah meluncurkan AMD Radeon  HD 6900, kartu grafis  yang paling mutakhir dari semua seri AMD Radeon  dan merupakan pilihan yang paling cerdas untuk para gamer mania.

Tentu saja, perusahaan yang mengakuisisi ATI pada 2006 ini terus berupaya menciptakan prosesor yang semakin cerdas, terutama untuk menyambut kedatangan berbagai perangkat tablet PC yang diprediksi booming di 2011 ini. AMD secara resmi telah meluncurkan generasi pertama dari prosesor jenis Accelerated Processing Units dengan kode nama Fusion.

Selain itu, “AMD saat ini juga tengah mempersiapkan serangkaian platform baru untuk menjawab kebutuhan perusahaan akan layanan komputasi awan (Cloud Computing),” tambah Heryanto, kelahiran tahun 1978 yang lulus San Diego State University, California ini.

Di pasaran global dan Indonesia, AMD bukan tanpa pesaing. Namanya sendiri selalu disandingkan dengan Intel. Meski begitu, AMD mempunyai target dan strategi jitu untuk menjadi pemimpin di banyak segmen.

Bagaimana AMD menyambut 2011 ini? Dan apa saja keunggulan prosesor Fusion? Simak petikan percakapan BISKOM dengan Heryanto yang memiliki hobi membaca buku  tentang bisnis, belum lama ini.

Bagaimana pangsa pasar  prosesor  di Indonesia pada 2011?  Apakah  akan lebih tinggi dibanding tahun lalu?

Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan untuk personal computer (PC). AMD sendiri hadir untuk memberikan solusi dan pengalaman digital yang lebih menarik bagi pengguna PC.

2011 ini akan menjadi tahun yang hebat karena AMD membawa produk AMD Fusion ke pasar untuk menghadirkan kelas baru prosesor terakselerasi yang menggabungkan kemampuan menghitung lebih cepat disbanding prosesor manapun dalam sejarah komputasi.

Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), pasar PC di Asia Pasifik diperkirakan berada pada tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 20,8 persen antara 2009 dan 2014. IDC juga berpendapat bahwa Indonesia merupakan pasar notebook kedua terbesar di wilayah Asia Pasifik setelah China. Melihat kenyataan ini, kami sangat optimis terhadap pasar PC di Indonesia.

in 2bBisa diceritakan lebih terperinci mengenai Fusion?

AMD Fusion Family of Accelerated Processing Units (APU) bentuknya  kecil dan tipis, namun mampu menggabungan teknologi CPU dan GPU dalam satu chip. Dengan teknologi multicore CPU arsitektur x86, Fusion dapat meningkatkan level grafis dengan DX-11 dan memproses pencarian secara pararel.

Fitur-fitur baru yang tersedia meliputi stutter-free High Definition (HD) video playback dan kemampuan dalam daya komputasi untuk menangani aplikasi-aplikasi grafis yang rumit.  Sebagai tambahan, teknologi AMD Fusion memungkinkan baterai menyala sehari penuh, 10 jam atau lebih. Fitur baru penghemat daya ini hadir dalam desain single-chip yang memperpanjang waktu diantara plug-ins, bahkan saat menikmati konten HD sekalipun.

Kami yakin prosesor AMD Fusion, merupakan kemajuan terbesar dalam pemrosesan sejak pengenalan arsitektur x86 lebih dari 40 tahun silam.

Apa yang mendasari terciptanya Fusion?

Konten berdefinisi tinggi kini ada di mana-mana. Mulai dari video You Tube, permainan DirectX11 hingga Blu-ray. Ada berbagai cara untuk menikmati konten ini dengan layanan komputer sebagai pusatnya. Berkat mesin Vision dari AMD, visual komputasi tampak lebih hidup dan realistis dari sebelumnya.

Kebanyakan pengalaman komputasi terhubung dengan perangkat lunak, hingga kini, para pengembang  perangkat lunak terbatasi dengan situasi dimana CPU dan GPU memproses informasi secara independen. Namun, AMD Fusion APU menghapus hambatan ini dan memungkinkan para pengembang untuk mengambil keuntungan penuh atas daya pemrosesan paralel dari sebuah GPU, sehingga memberikan performa superkomputer untuk pekerjaan komputasi setiap hari. Dengan Fusion, akan lebih banyak aplikasi yang dapat dijalankan secara simultan dan bekerja lebih cepat dari sebelumnya.

Secara garis besar, teknologi Vision yang dikembangkan AMD ini terbagi dalam tiga strata, yaitu Vision Premium, Vision Ultimate dan Vision Black yang masing-masing punya peruntukannya sendiri-sendiri.

AMD Fusion APU akan tersedia pada akhir kuartal pertama 2011. Beberapa produsen PC terkemuka, seperti Acer, Toshiba dan Sony telah menggunakan AMD Fusion APU.

Apa yang dipersiapkan AMD untuk menjadikan netbook sebagai perangkat yang lebih canggih di tahun ini?

AMD baru saja membuat CPU baru untuk segmen di kelas netbook yang diberi nama Brazo. CPU ini menyatukan kartu grafis integrated dengan CPU. AMD membuat beberapa varian untuk CPU netbook kali ini yaitu dua buah CPU dual core dan dua buah CPU single core.

AMD mempunyai keunggulan di bagian kartu grafis integrated-nya. Saat ini kartu grafis integrated dari AMD yaitu HD4200 yang merupakan terbaik yang ada di pasaran. Tetapi dengan platform Brazo, AMD kembali meningkatkan kemampuan kartu grafis yaitu HD6310 dan HD6250.

Bagaimana pendapat Anda mengenai PC tablet yang diprediksi booming di tahun ini?

Terkait gencarnya produk tablet, bukan berarti bakal menggeser pasar notebook maupun netbook karena tiga produk tersebut memiliki pasar yang berbeda.  AMD sendiri akan menghadirkan salah satu APU yang ditujukan untuk pasar tablet. Dalam waktu dekat kita akan meliha tablet-tablet yang menggunakan prosesor AMD.

Selain prosesor, seperti apa kartu grafis yang dipersiapkan AMD saat ini?

AMD tengah mempersiapkan jajaran AMD FirePro, kartu Graphics Processing Unit (GPU) yang ditujukan bagi kalangan profesional seperti video editor dan animator.

Dua kartu grafis  diantaranya adalah AMD FirePro 2270 dan ATI FirePro V5800 DVI. FirePro 2270 hadir tanpa fan, dan didesain agar konsumsi daya lebih kecil dari 10 watt. Kartu grafis ini juga mendukung konektivitas display port, DVI, dan VGA.

Sementara untuk ATI FirePro V5800 DVI dapat menampilkan dual-link DVI display. Dengan kartu grafis ini, pengguna dapat melakukan stretching image ataupun aplikasi pada satu monitor, yang diperluas menjadi dua. Kartu ini pun mendukung 30-bit display pipeline. Alhasil kualitas gambar pun lebih tajam.

Karena kekuatannya serta kemampuannya menampilkan multi-display, solusi terbaru dari AMD FirePro 2270 dan ATI FirePro V5800 DVI akan memberi nilai lebih.

in 3Kabarnya, AMD baru meluncurkan kartu grafis tercepat, HD6990 yang telah lama ditunggu-tunggu. Apa kelebihan HD6990?

AMD Radeon  HD 6900 adalah kartu grafis yang paling mutakhir dari semua seri AMD Radeon dan merupakan pilihan yang paling cerdas untuk para gamer mania. AMD Radeon HD 6900 telah disempurnakan dari pendahulunya yaitu AMD Radeon  HD 5800 Series.

AMD Radeon HD 6900 dilengkapi oleh Microsoft DirectX  arsitektur 11, sebuah terobosan yang mampu untuk performa, fitur canggih kualitas gambar untuk permainan mencari yang terbaik, dan inovasi AMD PowerTune atau teknologi manajemen daya yang secara dinamis menyesuaikan konsumsi listrik secara “on the fly” untuk fleksibelitas dan menghemat biaya pemakaian listrik rumah tangga.

Bicara mengenai teknologi yang juga bakal tren di tahun ini, yakni Cloud Computing, menurut Anda seberapa besar nilai bisnis dari industri ini?

Cloud Computing penting bagi dua segmen, yakni perusahaan yang menawarkan servis dan konsumen yang menggunakan layanan tersebut. Gartner, perusahaan peneliti terkemuka, memperkirakan pada tahun 2013 investasi untuk pelayanan Cloud akan mencapai US$ 150 juta.

Saat ini AMD tengah menyiapkan untuk memproduksi mikroprosesor keluarga baru untuk server komputasi awan yang berharga murah namun memiliki kinerja dengan skala yang lebih cepat. Jajaran Opteron 4100 ini mencakup dua prosesor enam inti, yakni Opteron 4162 EEdan 4164 EE. Keduanya hanya membutuhkan daya 32 watt. Itu adalah ambang batas daya terendah yang dapat dicapai oleh setiap generasi prosesor untuk server.

Prosesor 4162 EE berjalan pada 1.7GHz sedangkan 4164 EE berjalan pada 1.8GHz. Chip itu juga mendukung memory DDR3 yang lebih cepat dan lebih efisien daripada memori DDR2 sebelumnya.

AMD telah cukup lama dikenal untuk kinerjanya pada komputasi gaming. Kedepannya, industri ini akan  seperti apa?

Sesuai dengan pergerakan dunia, kita lihat  semakin lama orang lebih mengarah ke multimedia. Hal ini bukan karena teknologinya sudah mendukung, melainkan  secara natural  trennya memang mengarah kesana. Mulai dari sisi computing maupun edukasi.

Industri PC gaming saat ini sedang dalam kondisi cerah. Hal  ini diperlihatkan oleh tanggapan yang besar dari konsumen terhadap kartu grafis kelas atas AMD.  Karenanya kami akan terus menyelaraskan keinginan dan kebutuhan dalam industri game serta memberikan dukungan teknis dan bisnis bagi para pengembang game agar hasil karya mereka dapat menuai sukses.

Apa saja bentuk dukungan terhadap pendidikan dan riset lokal yang telah  dilakukan AMD?

Sejak 2008, kami telah menjalin kerjasama dengan beberapa kampus dalam rangka memberikan edukasi dan mendukung penelitian mahasiswa, contohnya baru-baru ini dengan kampus ITB. Kedepan kami berharap dapat menggandeng lebih banyak  perguruan tinggi dan juga sekolah-sekolah di pedesaan.

AMD memiliki  program yang namanya Fun Technology untuk anak dan pelajar ataupun mahasiswa yang ingin mendalami seluk beluk teknologi dengan cara yang fun. Selain itu, kami juga mendukung pengembangan game lokal yang ternyata berpotensi untuk diperkenalkan kepada konsumen di luar negeri karena kualitasnya yang sangat canggih baik dari sisi visual mapun fitur.

Secara pribadi, mengapa Anda tertarik dengan AMD?

Tempat kerja pertama saya adalah di Hewlett packard Indonesia sebagai IPG Presales, dan kemudian menjadi Channel Representative, dan posisi terakhir Wholesaler Account Manager. Jadi basic keahlian saya adalah di bidang bisnis dan pengembangannya.

Pertama  masuk AMD Indonesia pada 2007 sebagai Channel Manager, saat itu market AMD Indonesia masih jauh tertinggal dibadingkan negara-negara ASEAN yang lain. Akhir tahun 2008, saya dipercayakan sepenuhnya oleh AMD untuk mengembangkan market AMD di Indonesia. Dan ini adalah tantangan yang besar bagi saya.

Berkat tim yang solid, pelayanan, service center dan produk yang memang sangat berkualitas,  pada tahun 2010, Indonesia menjadi salah satu market terbesar untuk AMD di ASEAN. Saat ini kami tengah berusaha untuk terus mengembangkan market dengan berbagai inovasi baru.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.