Tifatul GunadarmaPemerintah melalui Kementerian Perindustrian dengan inisiatif Koridor Industri Telematika telah mendorong beberapa kota di Indonesia untuk mengembangkan Cyber City. Selain berperan untuk menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan, Cyber City juga memiliki ciri pemanfaatan teknologi informasi (TI) oleh pemerintah daerah untuk menyediakan layanan ke publik, atapun untuk memfasilitasi berbagai kegiatan publik. Sehingga ini akan mendorong ke arah  good governance.

Hal tersebut dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, di Universitas Gunadarma, Depok (4/3).

”Inisiatif Cyber City telah tumbuh di berbagai belahan dunia, seperti di Finlandia, Dublin, Singapore, India, China, Korea dan lain sebagainya. Kota-kota tersebut memiliki suatu kesamaan ciri yaitu kerja keras, semangat enterpreneur yang tinggi, jalinan informasi yang kuat serta sistem pendanaan yang mendorong pertumbuhan perusahaan baru di bidang TI. Tentu saja harus dibarengi dengan tersedianya infrastruktur teknis dan non teknis yang memadai di kota tersebut,” kata Tifatul.

Kota  Depok, yang saat ini telah berkembang dengan pesat, mulai dari perguruan tinggi, pusat penelitian, infrasruktur, akses ke pusat industri TI  hingga sumber daya manusia yang memadai, turut mendorong Pemerintah Kota Depok untuk menjadikan wilayah ini sebagai kota Cyber.

Untuk mewujudkan pengembangan TI di lingkungan Depok secara luas, Pemerintah Kota Depok menggandeng Universitas Gunadarma dengan melakukan penanda tanganan Nota Kesepakatan (MoU). Penandatanganan MoU dilakukan oleh Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, dan Rektor Univeristas Gunadarma, Margianti.

Nur Mahmudi mengatakan, ”Cyber City bukan sekedar kota yang dipenuhi fasilitas TI saja. Tapi juga menggabungkan dukungan komunitas, sehingga menungkinkan hal tersebut dapat berjalan secara efektif, efisien dan produktif.”

IWS GunadarmaDalam kesempatan tersebut juga diadakan seminar sebagai kegiatan awal dari inisiatif pembentukan Depok Cyber City dan komunitas yang akan berperan penting di dalam pengembangan Depok Cyber City di masa depan.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar diantaranya Syarif Hidayat (Direktur Industri Elektronika dan Telematika, Dirjen Industri Unggulan berbasis Teknologi, Kementerian Perindustrian), I Wayan S Wicaksana (Dosen Universitas Gunadarma), Mustapa Wangsaatmaja (Head of Research and Development PT Telkom), Dian Iskandar (PTE Ltd) dan  Prihandoko (DPRD Depok).

Selain seminar, juga disajikan informasi produk ataupun layanan TI yang dikembangkan oleh pengembang yang berdomisili di Depok, seperti oCentrum, Gerai Dinar, VirtualMall dan MantelApp. Pada acara yang sama juga ditampilkan hasil kerjasama inkubasi industri Universitas Gunadarma dengan Meruvian Foundation dan juga PTE Ltd.  Dalam kerjasama dengan PTE Ltd, Universitas Gunadarma akan mendesain dan memproduksi perangkat mobile devices sendiri.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.