SAMSUNG GALAXYSetelah memrilis tablet PC berukuran layar 7 inci, Samsung Electronic memperkenakan Galaxy Tab model terbaru yang berlayar 10,1 dan 8,9 inch yang diklaim sebagai tablet tertipis di dunia saat ini.

Seperti ditulis ZDNet, dua Galaxy Tab terbaru itu memiliki ketebalan hanya 8,6 milimeter, lebih tipis dari iPad 2 buatan Apple yang sebelumnya disebut-sebut sangat tipis dengan 8,8 milimeter. Tidak hanya itu, Galaxy Tab 10,1 inci kini juga lebih ringan 6 gram ketimbang iPad 2.

Dibading pendahulunya, ketebalan Galaxy Tab terbaru juga dikurangi 2,3 milimeter menjadi 8,6 milimeter saja. Beratnya pun berkurang menjadi hanya 595 gram.

Tablet Samsung berjalan dengan sistem operasi Android 3.0 Honeycomb. Artinya, Galaxy Tab 10.1 menjadi tablet kedua setelah Motorola Xoom menggunakan sistem operasi buatan Google tersebut. Galaxy Tab 10.1 juga menjadi tablet pertama yang mendukung aplikasi TouchWiz UX terbaru untuk tablet. TouchWiz UX merupakan sebuah panel yang bisa di-costumise oleh user dengan konten berbeda, seperti gambar, bookmarks, juga feed jejaring sosial. Terdapat pula fasilitas yang memberikan akses kepada aplikasi-aplikasi yang sering digunakan sehingga memudahkan multi-tasking.

Seperti namanya, Galaxy Tab 10.1 mengandalkan layar 10,1 inci atau sedikit lebih besar dibanding iPad yang berdimensi 9,7 inci. Kegiatan menonton video atau menjelajah dunia maya pun akan lebih terpuaskan. Spesifikasi Galaxy Tab 10.1 pun dapat dibilang selangkah lebih maju dibanding pendahulunya. Tablet ini bekerja menggunakan prosesor Tegra 2 dual core 1GHz, kamera belakang 8 megapiksel (+ autofokus dan lampu kilat) dan kamera depan 2 megapiksel, serta kapabilitas HSPA+ up to 21Mbps.

Kemampuan perekaman dan pemutaran video juga telah mencapaiĀ Full-HD. Untuk kapasitas memori, tersedia pilihan 16Gb dan 32Gb.

Sementara varian ketiga dengan layar 8,9 inci juga sama-sama menggunakan prosesor dual core 1 GHz dan platform Android 3.0 atau Honeycomb yang sudah dirancang optimal untuk tablet. Kesemuanya hadir dengan fitur WiFI, 3G, dan Bluetooth.

Kabarnya, harga tablet ini tak kalah dengan iPad 2. Galaxy Tab 10,1 inci akan hadir mulai 8 Juni 2011 dengan harga mulai US$ 499, sementara Galaxy Tab 8,9 inci hadir menyusul dengan harga mulai US$ 469.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.