seminar3BISKOM kembali mengadakan seminar fotografi dalam rangkaian Serial Seminar Kreatif yang diadakan secara berkala. Seminar “Work For Tasty Food” yang dilaksanakan pada hari ini, Sabtu (30/4), adalah seminar kedua setelah seminar “Berpikir Simpel Dalam Menghasilkan Foto Interior Terbaik” yang diadakan pada 28 Oktober 2010 lalu.

Seminar “Work For Tasty Food” yang diadakan di Gedung Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, menghadirkan pembicara Roy Genggam (Fotografer Profesional) dan Puji Purnama (Food Stylist).

Roy mengatakan, “Peluang kerja di bidang fotografi sangat luas, baik di media, periklanan televisi dan printed, industri kuliner, kemasan dan lain sebagainya. Seperti foto pada umumnya, food photography harus memadai secara ekstetika dan memenuhi prinsip-prinsip dasar agar mampu menyampaikan informasi secara efektif. Diantaranya lighting (pencahayaan) yang tertata dengan baik.”

seminar2Menurut Roy, meski saat ini tersedia software-software yang mampu membuat foto tampak menarik, namun foto yang baik adalah foto yang dibuat berdasarkan perencanaan sebelumnya, baik secara konsep, lighting, property dan sebagainya.

“Karenanya, dibutuhkan kerjasama yang baik saat pembuatan foto, termasuk dengan stylist,” papar Roy yang kerap menangani foto komersial dari brand-brand ternama.

Puji menambahkan, “Profesi Food Stylist termasuk langka. Mereka yang berhasil menekuni bidang ini biasanya memiliki ketekunan dan selalu ingin mencoba berbagai style penataan makanan. Hanya saja, penataan makanan saji berbeda dengan penataan makanan untuk keperluan pemotretan. Misalnya saja, saya membuat mock up yang terbuat dari kentang untuk mengganti es krim yang akan difoto agar dapat bertahan dalam waktu yang lama saat pemotretan.”

Puji sendiri telah menangani food stylish untuk iklan televisi dan printed di hampir semua merk es krim dan juga banyak produk makanan lainnya di Indonesia.

seminar4Sementara, Soegiharto Santoso, Pimpinan Umum BISKOM selaku penyelanggara untuk seminar ini mengatakan, BISKOM memiliki kewajiban untuk menjembatani berbagai komunitas di Indonesia agar dapat saling berbagi pengetahuan.

“Jika pada waktu lalu BISKOM mewadahi komunitas fotografi dan interior, dan kini komunitas  fotografi dan peñata hidang, maka di masa mendatang akan semakin banyak komunitas yang kami rangkul,” tutur Soegiharto

Soegiharto juga menambahkan, bahwa hal ini ditujukan agar semakin banyak generasi muda yang mampu membuat kreasi-kreasi baru di bidang apapun, dan secara mandiri dapat membuka peluang usaha sendiri. “Dengan alasan itu, maka BISKOM akan senantiasa mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia,” tambahnya.

seminar1Seminar “Work For Tasty Food” diikuti sekitar 140 peserta yang terdiri dari fotografer pemula dan profesional, mahasiswa, desain grafis, food stylist, serta Food and Beverage dari berbagai hotel, seperti Four Seasons, Red Top dan Aryaduta, bahkan hadir peserta dari Surabaya, Kalimantan dan Medan.

Seminar “Work For Tasty Food” juga dirangkai dengan kompetisi food photography berhadiah kamera DSLR. Tema foto yang disediakan adalah Picnic, Ice Cream dan Spicy. Juara pertama adalah Bless Lexy Soeitoe (Four Seasons Hotel), juara kedua Vincentius Alvianto (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti) dan juara ketiga diraih Budi A Manurung (Aryaduta Hotel).

Seminar “Work For Tasty Food” menggandeng Ryukari sebagai Co-Organizer dan mendapat dukungan penuh dari Alta Nikindo (Nikon), ViewSonic, The FoodHall, TAITRA (Taiwan Excellent), Prima Imaging, D’Workshop, Kedaung Group, Kingston, Gigabyte, Willmond dan Kartika Naya.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.