01. Fadel Muhammad menutup Pameran Foto Komodo di Gedung TRANS TV Jakarta (16-6-11)Upaya perlindungan satwa langka Komodo terus berlanjut. Kini, pelestarian satwa yang telah menjadi salah satu finalis dalam New Seven Wonders ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad menyatakan dukungannya terhadap usaha ini. Saat menutup Pameran Foto Komodo karya 18 Pewarta Foto Dalam dan Luar Negeri di Gedung TRANS TV, Jakarta (12/6), ia meminta Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil untuk membuat program bersama dalam pelestarian hewan komodo dan keanekaragaman hayati di pulau Komodon Nusa Tenggara Timur.

“Pemerintah, swasta dan masyarakat harus bersinergi melestarikan eksistensi komodo yang sudah ada sejak 60 juta tahun lalu,” ujarnya. “Kami harapkan kampus-kampus juga mencetak banyak pakar dan aktivis Komodo,” ungkapnya.

Selain Fadel Muhammad, acara penutupan dihadiri pakar komodo, Putra Sastrawan dari Bali dan sejumlah pimpinan Trans TV.  Pameran foto yang berlangsung sejak 30 April 2011 itu juga mendapat perhatian masyarakat termasuk para pemuda Asean.

02. Fadel Muhammad menutup Pameran Foto Komodo di Gedung TRANS TV Jakarta (16-6-11)Acara ini diprakarsai Aktivis Komodo,  Zeby Febrina, dan Lembaga Swadaya Masyarakat,  antara lain Yayasan Komodo Indonesiaku dan  Yayasan Komodo Putra serta Forum Wartawan Foto Pecinta Komodo bersama Trans TV.

Zeby mengatakan gagasan mulia dari Fadel Muhammad baiknya juga perkuat oleh sinergi yang tidak berhenti ditingkat kementerian saja, tapi diteruskan ditingkat instansi terkait yang berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tempat hewan purba Komodo itu hidup.

Keterlibatan masyarakat, khususnya masyarakat desa Modo yang tinggal di Pulau Komodo, penting  agar upaya pelestarian tepat sasaran.  Dalam kaitan dengan pelestarian, populasi  Komodo tidak boleh dibatasi, sementara jumlah penduduk desa Modo harus dibatasi.

Bukan hanya bagi Indonesia, hewan purba Komodo yang hidup lebih dari 60 juta tahun tersebut juga menjadi keajaiban tersendiri bagi dunia. Sejak tahun 2009, Taman Nasional Komodo bahkan telah dinobatkan menjadi finalis “New Seven Wonders of Nature” di www.new7wonders.com.

03. Fadel Muhammad menutup Pameran Foto Komodo di Gedung TRANS TV Jakarta (16-6-11)Putra Sastrawan menambahkan  pemerintah setempat perlu melibatkan masyarakat, baik yang tinggal di Labuan Bajo (ibukota Kabupaten Manggarai Barat) maupun masyarakat di luar wilayah Labuan Bajo, seperti Masyarakat Bima-Sumbawa, agar merasa memiliki hewan purba Komodo. Saat ini, berdasarkan penelitiannya, jumlah populasi Komodo di pulau Rinca dan Pulau Komodo sekitar 2.500 ekor.

Pameran Foto Komodo ini merupakan rangkaian kegiatan Komodo Indonesiaku Foundation yang menyelenggarakan WorkShop & Lomba Foto Komodo yang akan memperebutkan piala Ani Bambang Yudhoyono Cup di Labuan Bajo-NTT, pada 20-24 Juli mendatang, sebagai bagian dari rangkaian kampanye vote Komodo yang telah dilakukan selama ini.

Turut hadir pada acara penutupan Pameran antara lain Komisaris Trans Corp. Ishadi S.K, staf dan direksi PT Sido Muncul, aktivis lingkungan, dan pemerhati Komodo. Acara ini juga melibatkan BISKOM sebagai media partner.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.