VMware-vFabricVMware vFabric 5 merupakan  platform aplikasi terintegrasi untuk lingkungan virtual dan Awan (Cloud). Kombinasi antara framework pengembangan Spring untuk Java dan layanan aplikasi vFabric generasi terbaru ini membuat vFabric 5 menjadi platform aplikasi inti untuk membangun, menggelar dan menjalankan aplikasi modern.

Untuk yang pertama kalinya, vFabric 5 memperkenalkan model pengemasan dan lisensi baru yang fleksibel, yaitu perusahaan membeli peranti lunak aplikasi infrastruktur ini berdasarkan jumlah mesin virtual (virtual machine – VM),  bukan berdasarkan jumlah peranti keras fisik atau CPU. Pengguna vFabric 5 membayar hanya untuk lisensi yang digunakan. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu membeli lisensi peranti lunak dalam jumlah berlebih untuk mengantisipasi kenaikan beban. Model lisensi lama seperti itu boros karena lisensi peranti lunak tetap aktif di luar beban puncak.

Model lisensi pada vFabric 5 ini selaras dengan model komputasi Awan, yaitu biaya dihitung berdasarkan pema-kaian peranti lunak, metode konsumsi dan nilai yang diberikan kepada organisasi.  vFabric 4 dirancang secara khusus untuk mengambil manfaat dari arsitektur server VMware vSphere, yakni platform virtualisasi yang paling banyak digunakan. Kemampuan Elastic Memory for Java (EM4J) baru yang akan tersedia dalam vFabric tc Server akan mengoptimalkan manajemen memori di seluruh aplikasi Java dengan menggelembungkan memori dalam JVM.

Kemampuan ini, digabungkan dengan VMware vSphere  akan meningkatkan densitas server aplikasi untuk beban kerja Java dalam vFabric. VMware vFabric 5 memperkenalkan model lisensi yang fleksibel, dirancang untuk membantu pelanggan mengaitkan secara langsung konsumsi peranti lunak dengan biaya.. Lisensi vFabric 5 dihitung per Virtual Machine (VM), bukan lisensi tradisional berdasarkan CPU sehingga perusahaan bisa menggelar secara fleksibel komponen platform aplikasi yang berbeda di berbagai VM dalam data center.

VMware vFabric 5 akan tersedia dalam dua versi: VMware vFabric Standard senilai USD1.200 per VM dan VMware vFabric Advanced senilai USD1.800 per VM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.