AliSaid SoegihartoSantoso MayjenWaris RanuArifudin AndiTanudiredja di KODAMJAYAMenyadari pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan berwawasan teknologi, Kodam Jaya/Jayakarta mengambil inisiatif untuk melakukan renovasi gedung sekolah di wilayah Kodam Jaya.

Kegiatan yang berlangsung mulai 19 Juni 2011 ini merupakan bagian dari program kegiatan Tentara Manunggal Membantu Pendidikan (TMMP) dalam rangka kepedulian terhadap lingkungan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan,

Adapun wilayah sasaran renovasi gedung sekolah yang memprihatinkan tersebut diantaranya, Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur, Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang, Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi dan Kecamatan Sawangan Kota Depok.

Kegiatan peduli pendidikan tersebut ditandai dengan diresmikannya peletakan batu pertama kegiatan renovasi sekolah oleh Pangdam Jaya/Jayakarta,

Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Waris, di wilayah Kodam Jaya/Jayakarta di Madrasah Ibtidaiyah El Nur El Kasysyaf IV, Jl Marunda Makmur, Rt 007/01, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (19/6).

Pangdam Jaya mengatakan, kegiatan bedah sekolah ini merupakan bentuk kepedulian Kodam Jaya/ Jayakarta dalam membantu Pemerintah Daerah untuk berperan aktif dan berpartisipasi dalam rangka ikut meningkatkan kualitas SDM, dan diharapkan tidak ada lagi gedung sekolah yang kondisinya memprihatinkan di wilayah Kodam Jaya/Jayakarta.

“Tuntutan terhadap pembangunan sektor pendidikan menjadi semakin penting, seiring dengan perkembangan yang terjadi di masyakarat. Di satu pihak, terbukanya kesempatan memperoleh pendidikan bagi anak usia sekolah yang jumlahnya semakin bertambah, sementara dipihak lain kebutuhan peningkatan mutu pendidikan juga menjadi prioritas pembangunan SDM,” kata Mayjen TNI Waris.

Pangdam berharap, kegiatan bedah sekolah ini menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan fasilitas belajar bagi para pelajar, yang merupakan penerus bangsa.

SoegihartoSantoso Mayjen Waris KurniawanTanujaya dan TAGOR Club di Rumah Dinas PangdamJayaSelain bangunan yang memadai, lanjut Waris, masih diperlukan fasilitas sekolah lainnya untuk turut menunjang semangat belajar anak-anak sekolah, seperti buku-buku pelajaran yang berkualitas atau laboratorium komputer yang tersambung dengan internet, agar para siswa dan pengajar dapat saling membuka wawasan dan berbagi pengetahuan dengan sekolah lainnya.

Soegiharto Santoso, Pengusaha Teknologi Informasi dan Pimpinan Umum BISKOM dalam sebuah pertemuan dengan Mayjen TNI Waris di Jakarta (1/7) menyampaikan, “Membangun sekolah yang berkualitas bukanlah pekerjaan ringan. Banyak pihak yang melakukan kritik terhadap  fenomena pendidikan di tanah air, namun tanpa usaha saling bahu membahu antara pemerintah, swasta, masyarakat dan pihak lainnya, maka pendidikan kita akan tetap tertinggal jika dibandingkan negara-negara lain. Diharapkan dengan program kegiatan TMMP (Tentara Manunggal Membantu Pendidikan)  ini dapat menjadi pelopor dan dapat diduplikasi ke berbagai daerah di tanah air, agar mutu pendidikan kita semakin meningkat.”

Selain itu Soegiharto mengajak semua pihak terkait di bidang Teknologi Informasi untuk ikut andil dalam kegiatan yang dilakukan oleh Kodam Jaya, misalnya dengan menyumbang komputer layak pakai untuk membangun laboratorium komputer dan memberikan akses internet atau mengadakan pelatihan program Internet Sehat dan Aman serta pelatihan Open Source Software yang sejalan dengan program pemerintah, agar dapat turut mengurangi kesenjangan digital serta meningkatkan kualitas SDM anak bangsa.

Pada kesempatan yang sama, Kurniawan Tanujaya, Ketua Umum Tangerang Goldwing Riders (TAGOR Club)  menyatakan  kesiapannya untuk mendukung kegiatan ini dan akan mengajak rekan-rekannya untuk menyumbangkan buku-buku yang dapat digunakan dalam proses belajar-mengajar.

Menurut Kurniawan, mutu pendidikan yang berkualitas tidak lahir dengan sendirinya. Juga tidak lahir semata-mata karena fasilitas sekolah yang lengkap. Semuanya terbentuk berkat kerjasama dan komitmen yang sungguh-sungguh dari pendidik, stakeholder, pemerintah, orang tua dan masyarakat.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.