Edimax BR-6475nDMendapatkan kecepatan broadband yang stabil dari router nirkabel terkadang menjadi sebuah pekerjaan yang sulit. Kinerja komputasi pada dua komputer di lokasi yang berbeda seringkali tak sama. Kecepatan transfer data memang bukan hanya dipengaruhi oleh router dan perangkat menerima data, tetapi juga jarak perangkat dari router atau ketebalan dinding yang memisahkan komputer dengan router.

Masalah lainnya adalah adanya interferensi dari perangkat nirkabel dan jaringan lainnya yang sama-sama menggunakan frekuensi nirkabel 2.4GHz. Di daerah pemukiman padat, perangkat nirkabel Anda harus bersaing dengan puluhan  jaringan nirkabel lainnya, seperti remote kontrol TV, perangkat Bluetooth atau gelombang elektromagnetik yang disebabkan oleh peralatan rumah tangga, yang semuanya berjalan di frekuensi 2.4GHz.

Untuk mengatasi permasalahan ini, beberapa router terbaru telah menggunakan frekuensi nirkabel alternatif  5GHz. Saat ini, frekuensi 5GHz belum banyak digunakan oleh perangkat lain, sehingga  secara teoritis menawarkan kinerja yang lebih baik.

Perusahaan jaringan Edimax belum lama ini memperkenalkan BR-6475nD,  router nirkabel dual-band yang bekerja secara simultan untuk menghasilkan kecepatan broadband yang lebih cepat.

Edimax BR- 6475nD memiliki empat port LAN dan WAN port tunggal, yang semuanya berjalan di kecepatan Ethernet Gigabit (1000Mbps).  Tersedia pula port USB untuk sharing perangkat seperti printer,  tombol Wireless Protected Setup (WPS), serta sebuah tombol yang terletak di belakang untuk menonaktifkan jaringan nirkabel secara manual.

Mungkin saja melakukan navigasi pada Edimax BR-6475nD  bukanlah pengalaman yang menyenangkan, karena perangkat  ini memiliki enam  tab di bagian atas, dimana setiap tab memiliki sub menu yang sangat spesifik untuk menyesuaikan pengaturan WAN atau LAN. Namun saat Anda telah terbiasa dengan struktur menu yang disediakan, maka semua pengaturan dapat dilakukan dengan mudah, seperti Parental Controls, Wireless Security, firewall berbasis NAT dan SPI, port forwarding serta filtering alamat MAC.

Pada prinsipnya, Edimax BR-6475nD adalah router yang menawarkan konektivitas yang stabil pada jaringan nirkabel 2.4GHz dan 5GHz. Router ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi jaringan umum seperti web surfing melalui bandwidth 2.4GHz ataupun streaming video HD dan  penggunaan media lain melalui bandwidth 5 GHz pada saat yang sama.

Selain itu, router BR-6475nD dengan port WAN dan port 4 gigabit LAN, menawarkan tingkat kinerja jaringan data hingga 1000 Mbps.

Edimax BR 6475nD juga memiliki fasilitas iQoS (Quality of Service) untuk mengelola bandwidth internet dengan antarmuka yang user friendly.

Dan bisa dikatakan, Edimax BR-6475nD adalah solusi yang sesuai untuk standar IEEE 802.11a/b/g. Teknologi nirkabel terbaru ini dibangun ke dalam router iQ untuk memperluas jangkauan nirkabel hingga 5 kali. Artinya ketika terhubung dengan perangkat nirkabel 802.11g yang kompatibel, BR-6475nD bisa mencapai tingkat transmisi sampai dengan 300Mbps pada frekuensi 5GHz dan 2.4GHz.

Edimax BR-6475nD juga memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi yang aman dengan WPS hanya dengan menekan tombol WPS. Dengan built-in Wi-Fi On / Off switch, pengguna dapat dengan mudah beralih koneksi On atau Off tanpa harus login ke user interface. Fitur ini sekaligus dapat menghemat listrik karena Anda dapat mematikan sinyal Wi-Fi ketika sedang tidak digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.