Dimulai sejak Juli 2011 lalu, akhirnya kompetisi IT Travelers Go! mencapai titik puncak dengan diumumkannya India sebagai pemenang.

IT Travelers Go! merupakan bagian dari Kampanye Taiwan Excellence 2011 yang diadakan oleh Taiwan External Trade Development Council  (TAITRA) dan berada di bawah pengawasan Bureau of Foreign Trade (BOFT), Kementerian Ekonomi Taiwan. Kompetisi ini sebelumnya telah memilih 3 tim finalis dari Indonesia, India dan Vietnam dengan masing-masing tim beranggotakan 4 orang.

Tim Indonesia diwakili oleh Yasmin Shahab, Ivan Loviano Soekarno, Rahmat Hidayat, dan Arif Satriyo Pambudi, tim India diwakili oleh Leah Lanojan Sodhi, Aamir Melani, Siddharth Mukund Srivastava, dan Rohand Shah. Sementara tim Vietnam beranggotakan Nguyen Thi Lien Huaong, Nguyen Trong Tung, Vu Viet Dung dan Nguyen Thuy Linh.

Para finalis sebelumnya telah merampungkan perjalanan selama 21 hari ke Jakarta, New Delhi dan Hanoi. Dalam perjalanan tersebut, mereka dibekali sekurangnya dengan 20 gadget yang disponsori oleh 18 merek teknologi terkemuka Taiwan seperti Acer, Adata, Apacer, BenQ, D-Link, Genius, HTC, Innergie, Mio, MSI, Optoma, PQI, Thermaltake, Transcend, Trend Micro, ZyXEL dan Silicon Power.

Pengumuman pemenang dilakukan di Taipei, Taiwan siang tadi (2/11) dan dihadiri oleh Menteri Ekonomi Taiwan, Shih Yen-Shiang.

“Perusahaan  Taiwan sudah menempati posisi penting di pasar global. 70% dari layar LCD dunia berasal dari Taiwan, disamping lebih dari 90% notebook dan motherboard.  Diantara perusahaan tersebut, banyak pula yang berhasil mengubah model bisnis mereka dari manufaktur kontrak menjadi manufaktur merek sendiri.  Pemerintah Taiwan berkomitmen untuk terus bekerja dengan pemegang merek Taiwan untuk meraih pengakuan Internasional dan memperkuat branding melalui program  Taiwan Excellence.  Pengakuan internasional  merupakan  penghargaan tertinggi bagi produk-produk Taiwan yang selalu mengedepankan Innovalue (Innovation and Value),” papar Menteri.

Dalam acara tersebut, Deputy Chairman TAITRA, Wayne W. Wu mengatakan, “BOFT telah terlibat dalam proyek TAITRA selama dua tahun terakhir dalam mengkoordinasikan pemasaran dan pendekatan komunikasi guna mempromosikan merek-merek Taiwan ke pasar internasional.  Tujuan kami adalah meningkatkan kesadaran konsumen tentang kualitas dan keunggulan yang ditawarkan oleh merek Taiwan merek dalam target pasar yang sedang berkembang termasuk India, Indonesia dan Vietnam.”

Berkomentar mengenai IT Travelers Go!, Walter Yeh, Executive Vice President TAITRA berharap, kontes ini dapat mendorong lebih banyak lagi orang untuk mencoba beragam produk TI dari Taiwan.  “Taiwan ingin  membuktikan bahwa  produk-produk kami mampu memenuhi kebutuhan gaya hidup yang lebih baik dan lebih memuaskan.”

Pada acara puncak IT Travelers Go! yang diliput langsung oleh BISKOM, sebagai media partner Taiwan Excellenxe, hadir para Duta Taiwan Excellence, yakni Cathy Sharon (Indonesia), Malaika Arora Khan (India) dan Thanh Hang (Vietnam) serta Elina Hui-Ling Lee (Executive Director TAITRA) dan Chen Ming Shy (Deputy Director General BOFT).

Cathy Sharon mengatakan, “Meskipun belum beruntung menjadi pemenang dalam kompetisi ini, namun tim Indonesia telah membuktikan keseriusan mereka dalam melakukan kerjasama dengan pemerintah Taiwan.  Mereka telah begitu antusias memperkenalkan produk-produk Taiwan ke banyak negara, sebaliknya juga memperkenalkan budaya serta wisata Indonesia ke negara-negara yang mereka kunjungi.”

Mewakili para pemenang, Duta India untuk Taiwan Excellence, Malaika Arora Khan berkomentar, “Merupakan kebanggaan bagi India dapat menjadi pemenang dalam kontes bergengsi ini. India merupakan negara dengan konsentrasi yang tinggi pada perkembangan TI. Hubungan yang baik dengan Taiwan telah membawa brand lokal India untuk juga dikenal di Taiwan dan negara-negara lainnya.”

Para pemenang  IT Travelers Go!  dari India berhak meraih hadiah uang tunai  sebesar USD 20,000 dan seluruh finalis akan menjadi duta produk-produk Taiwan di negaranya masing-masing.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.