Edimax memang terbilang baru memasuki pasar Indonesia, meski telah didirikan di Taiwan sejak 1986. Menyusul brandbrand Taiwan lain yang sudah terkenal, Edimax siap bertarung meraih market seluas-luasnya di bidang teknologi jaringan dan CCTV.

EDIMAX Technology mulai dikenal di tanah air terutama sejak pemerintah Taiwan melalui organisasi nirlaba bernama Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), mulai gencar memperkenalkan brand-brand Taiwan ke banyak negara, setidaknya mulai tiga tahun lalu. Sedianya, Edimax merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang desain, pengembangan, manufaktur dan pemasaran beraneka ragam IT Network Solution yang berkantor pusat di Taiwan dan China. Perusahaan tersebut memiliki kantor-kantor cabang di seluruh dunia serta memiliki Tim Penelitian dan Pengembangan (Engineering Edimax Technology) yang profesional.

Pengalaman yang panjang juga memberikan kontribusi yang besar pada keberhasilan Edimax dalam mengembangkan produk–produk baru berkualitas guna memenuhi kebutuhan pasar dengan cepat. Manajer Direktur Edimax Asia Tenggara, Kenneth Teh menjelaskan, Edimax secara global meliputi beberapa anak perusahaan di Amerika Serikat, Asia dan Eropa. Kenneth mengatakan, kehadiran Edimax di Indonesia adalah untuk memperkenalkan produk-produk Edimax yang
pastinya sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas di Indonesia.

“Dengan kantor–kantor cabang di seluruh dunia, kini perusahaan kami sanggup melayani lebih dari 70 negara melalui saluran distribusi, termasuk di Indonesia dengan layanan logistik tepat waktu serta dukungan purna jual kepada para pelanggan,” ujar pria muda kelahiran 19 Mei 1977 ini kepada BISKOM saat kunjungannya ke pameran Indocomtech 2011 di Jakarta (4/11).

Sebagai langkah awal memperkenalkan Edimax ke pasar Indonesia, pertengahan Agustus lalu, Edimax telah mengumumkan penunjukkan PT Global Master Technology sebagai distributor resmi Indonesia untuk platform product Edimax Technology, antara lain produk jaringan dan IP Surveillance.

Dipilihnya PT Global Master Technology lantaran dianggap memiliki komitmen yang sama dan keselarasan dalam mengembangkan penjualan lokal dan untuk meningkatkan pangsa pasar Edimax di Indonesia.

Kepada BISKOM pula, Kenneth yang meraih gelar Bachelor bidang Accounting dan Finance serta Master di bidang IT Management, memaparkan lebih jauh tentang keandalan teknologi IP surveillance dan solusi jaringan bagi perusahaan besar, pengguna rumahan serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang meliputi switch PoE, server video, jaringan video perekam, solusi nirkabel, perangkat lunak pusat manajemen, dan kamera jaringan. Simak petikan wawancara kami dengan Kenneth yang mempunyai hobi bermain sulap, travel dan olah raga ini.

Bagaimana deskripsi pekerjaan Anda selaku Direktur Managing Asia Tenggara di Edimax?
Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Edimax sudah berdiri selama 26 tahun sejak 1986. Saat ini kami menjadi top 5 atau lima besar produsen jaringan di dunia. Sementara saya sendiri telah bekerja di perusahaan ini selama sembilan tahun. Sebelumnya saya juga sempat menjabat Direktur Utama Edimax di Inggris.

Sebagai Direktur Managing Asia Tenggara, saya bertanggung jawab untuk mengelola dan membangun bisnis di wilayah ini dan saya harus membentuk tim anggota yang dapat diandalkan.

Edimax adalah merek baru di Indonesia. Bagaimana Edimax memperkenalkan produk-produknya di Indonesia?
Sebagai sebuah merek baru di Indonesia, kami sangat fokus untuk membangun jaringan ritel bersama dengan mitra distribusi kami, PT Global Master Technology. Tujuan kami adalah untuk menawarkan berbagai merek dengan kualitas handal, yang didukung struktur layanan dan harga yang konsisten. Kami ingin semua mitra ritel kami mendapatkan win win solution dalam penjualan produk Edimax.

Bagaimana pendapatan Edimax secara global?
Pendapatan bersih kami pada 2010 mencapai US$ 110 juta. Sebagai informasi, kami masuk dalam daftar “100 Pertumbuhan Tercepat Taiwan” di Majalah Common Wealth, sehingga kedepan kami optimis dapat mencapai pendapatan yang lebih tinggi.

Apa saja kendala ketika Edimax saat memperkenalkan produknya ke beberapa negara, khususnya di Indonesia?
Pertama adalah kendala harga, lalu kesadaran akan merek dan teknologi terbaru yang telah kami kembangkan. Namun kendala seperti ini juga dialami oleh pesaing kami.

Edimax memiliki banyak jenis produk. Produk mana yang akan diperkenalkan di Indonesia?
Produk-produk kami sangat banyak. Terdapat lebih dari 200 stock keeping unit (SKU). Kami mengklaim Edimax sebagai satu penyedia solusi jaringan one stop services untuk pasar usaha kecil menengah dan perkantoran (SMB SoHo). Dalam jangkauan kami, kami telah memperkenalkan banyak produk untuk berbagai kalangan yang membantu kami untuk menguasai kalangan mikro. Kami juga memperkenalkan seri router dengan cakupan yang luas, serta USB untuk memanjangkau klien baru.

Apa teknologi CCTV terbaru yang diperkenalkan Edimax?
Edimax telah bertahun-tahun berpengalaman di bidang teknologi informasi dan CCTV sehingga dapat mengetahui bagaimana menghasilkan serangkaian solusi IP Surveillance yang dapat masuk ke pasar rumahan dan perusahaan Saya menyebut ini dengan “Solusi Jaringan Pemantauan”. Saya kira Surveillance IP akan tumbuh drastis dalam beberapa tahun mendatang, melebihi CCTV. Alasannya karena dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik yang berteknologi full high definition (HD), manajemen jarak jauh yang lebih baik juga dilengkapi platform Central Monitoring Software (CMS) yang terpercaya. Selain itu, solusi kami juga datang dengan 64 saluran Viewer dapat bertindak sebagai perangkat lunak Network Video Recording (NVR), yang mampu membantu untuk menghemat biaya
operasional perusahaan.

IP Camera Surveillance dan Networking Solutions sangat penting sekali untuk pengawasan usaha. Berbeda dengan CCTV biasa yang jika terjadi perampokan atau pembobolan, maka servernya bisa sekalian dibawa oleh perampok atau pembobolnya, sedangkan IP Camera Surveillance dan Networking Solutions, menggunakan NVR yang dapat disimpan di tempat yang aman, bahkan di tempat yang berbeda dengan lokasi CCTV-nya, sehingga tidak mungkin dibawa perampok.

Untuk membawa industri video surveillance ke era jaringan digital, Edimax mengintegrasikan berbagai keunggulan pada produk network camera seperti fitur HD dan full HD, kecepatan yang lebih baik, serta rasio gambar terbaik yang menghasilkan image lebih jernih dibandingkan kamera analog, meski tidak menggunakan bandwidth atau jaringan infrastruktur yang sempurna.

Apa rencana Edimax di tahun depan? Apa target yang diharapkan?
Kami ingin mendirikan dan mendukung reseller portal jejaring yang baik, yang mampu mendukung stabilitas harga dengan kualitas pelayanan purna jual yang prima. Target kami meraih penetrasi sepenuhnya dalam saluran ritel dan berharap menjadi top 5 merek jaringan di Indonesia.

Selain Indonesia, negara mana yang akan Edimax harapkan di tahun depan?
Saya sendiri memimpin cakupan daerah lain yang meliputi Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, Myanmar dan Kamboja. Saat ini, kami berada di top 3 merek ritel di Taiwan dan Asia Tenggara.

Bagaimana dengan router terbaru dari Edimax?
Ada dua seri, antara lain BR-6258N: router N150 yang merupakan router terkecil di dunia untuk perangkat mobile. Edimax telah menciptakan solusi jaringan lengkap dan terjangkau dengan BR-6258n ini.

Sebagai sebuah access point, router ini unggul di jaringan 802.11n dengan kecepatan downlink dan uplink masingmasing 56Mbps dan 64Mbps. Keunggulan lain dari BR- 6258n diantaranya bentuk yang kecil, bergaya, dan hemat energi. Ia juga menjadi perangkat Wi-Fi 3-in-1 (router nirkabel, Wi-Fi extender dan adaptor nirkabel) yang sempurna, kompatibel dengan 802.11n standar (maksimal 150Mbps data rate) dan dilengkapi dengan tombol Wi-Fi Protected Setup (WPS).

Yang kedua, kami juga tengah merilis router terbaru yakni BR-6675ND tipe N450 yang menjadi router droadbandnirkabel dual band. Perlu dicatat, banyak dari router broadband kami yang segera hadir dengan fitur-fitur baru seperti iQsetup untuk pengaturan CDless, setup koneksi internet dan keamanan nirkabel dalam tiga langkah. Juga ada fitur iQos.

Apa itu iQ Setup?
iQ Setup memungkinkan pengguna untuk mengatur router Edimax dengan iPhone atau komputer secara cepat dan mudah. Dengan pengaturan iQ, sebagian besar proses setup dilakukan secara otomatis. Pengguna tidak perlu melakukan dan tidak diperlukan CD instalasi. iQ Setup dapat diimplementasikan mulai kuartal-4 2011 pada router Edimax BR-6228nS, BR-6228nC, BR-6258n, dan BR-6428nS. iQ Setup dirancang dengan teknologi cerdas yang mampu mendeteksi jenis koneksi Internet Anda secara otomatis dan menyelesaikan sebagian besar konfigurasi untuk Anda.

Setelah sambungan kabel yang diperlukan selesai, hal yang perlu Anda lakukan adalah membuka iPhone, iPad, iPod atau web browser komputer, kemudian iQ Setup akan mulai mendeteksi jenis koneksi Internet Anda secara otomatis. Tidak perlu melakukan log in atau konfigurasi router dengan alamat IP dan tidak diperlukan CD instalasi. iQ Setup akan menentukan apakah jenis koneksi Anda adalah IP dinamis, PPPoE atau yang lainnya, dan meminta informasi lainnya bila diperlukan. iQ Setup akan menyelesaikan proses setup dan membantu Anda membangun jaringan Wi-Fi yang aman. Dengan Edimax iQ, semua bagian yang paling penting dalam mendirikan sebuah router dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan secara otomatis.

Bisa dijelaskan kondisi ekonomi di Taiwan, terkait dukungan pemerintah bagi perusahaan Taiwan untuk berkembang secara global?
Taiwan terus bermigrasi ke arah negara maju dengan tingkat pertumbuhan PDB 4% pertahun, ini sangat luar biasa. Dengan hampir 30 tahun pengalaman di industri manufakturi TI dan inovasi, pemerintah Taiwan telah menjalankan program “Taiwan Excellence Awards” selama lebih dari 20 tahun serta Taiwan Trade Centre di seluruh dunia untuk mendukung branding Taiwan yang berbasis perusahaan TI agar mampu berkembang secara global.

Selain itu, pemerintah Taiwan terus bekerjasama untuk bertemu dengan industri TI dengan mensponsori beasiswa universitas. Ini adalah momentum yang terus berkelanjutan untuk mendukung perusahaan Taiwan mau berkembang secara global.

Apa keuntungan bagi Edimax sebagai anggota Taiwan External Trade Development Council (TAITRA)?
Banyak sekali keuntungan yang bisa kami peroleh, diantaranya dapat mempromosikan produk Edimax di seluruh Indonesia. Edimax juga telah memenangkan sejumlah penghargaan, antara lain kami telah merancang router terkecil di dunia.

Selain itu, kami telah mempromosikan server, proyektor dan serangkaian produk rumahan lainnya ke banyak negara. Berkat kerjasama dengan TAITRA, kini Edimax memiliki banyak mitra bisnis di Indonesia, yang kami harapkan dapat terus meningkat dan saling menguntungkan bagi kedua negara.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.