Business without sales is a junk. Kalimat ini pernah dipopulerkan oleh Pendiri Datascrip, perusahaan yang bergelut dalam pemasaran produk teknologi infomasi (TI) terdepan di Indonesia. Sang pendiri, Joe Kamdani, menyiratkan bahwa sebuah bisnis tanpa adanya penjualan sama halnya dengan rongsokan. Artinya jelas, betapa signifikannya peran seorang sales dalam perusahaan.

Tapi ironisnya, pandangan masyarakat terhadap sales sangatlah tidak bagus. Akibatnya, banyak lulusan sekolah ataupun universitas yang tidak tertarik menjadi sales, dan sales pun menjadi alternatif profesi pilihan terakhir. Ujung-ujungnya, hal ini berdampak banyak perusahaan yang kesulitan dalam mencari kandidat sales, karena sangat sedikit orang yang mau menjadi sales.

Belum lagi, ada banyak permasalahan yang dihadapi oleh sales people dalam menjalankan pekerjaannya. Kebanyakan sales yang hebat belajar secara otodidak dan berdasarkan pengalaman yang mereka dapat di lapangan. Kondisi ini diperparah dengan masih sangat sedikitnya perusahaan yang peduli untuk memberikan pelatihan kepada tim sales mereka.

Berdasarkan hal itu, para sales people di Indonesia, mulai dari sales rumah, TI, baju, peralatan rumah tangga dan sebagainya, berinistaitif untuk membentuk sebuah komunitas bernama Komunitas Sales Indonesia (KOMISI), yang bisa menjadi wadah untuk saling men-support sesama sales.

Dedy Budiman, Founder KOMISI saat grand launching KOMISI di Jakarta (28/12) mengatakan, “Berdasarkan pengalaman sejak menjadi sales di 1990’an hingga saat ini, saya tidak pernah mendengar ataupun menemukan adanya sebuah wadah ataupun perkumpulan sales yang cukup besar dan bisa menjadi “rumah” bersama bagi para sales. Padahal sales adalah salah satu profesi yang penting dan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perusahaan. Hingga akhirnya, saya mengajak sales-sales yang saya kenal untuk mendirikan KOMISI.”

KOMISI, ujar Dedy yang juga dikenal dengan ‘The Champion Sales Trainer’, memiliki misi untuk memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia tentang profesi sales sebagai pilihan terbaik. Secara berkala, nantinya komunitas ini juga akan memberikan pelatihan tentang salesmanship, pembekalan tentang sales ethic dan profesionalisme sales kepada para anggota.

Badan Pembina KOMISI, Soegiharto Santoso menambahkan, kedepan ada beberapa project yang harus dikerjakan KOMISI. “Bersama Dedy Budiman, di awal tahun 2012 akan ada banyak roadshow training, diantaranya di Malang, Lampung, Pontianak, Kendari, Palu, Manado dan Bandung. Agenda yang tak kalah penting adalah Kopi darat dan training dengan tema “From Sales with Love” pada bulan Februari 2012 yang menargetkan peserta 1.000 orang sales dari seluruh Indonesia. Pada kesempatan ini juga direncanakan untuk membentuk chapter-chapter KOMISI di seluruh pelosok Indonesia,” papar Soegiharto yang biasa disapa Hoky ini.

Thomas Sugiarto yang juga menjabat sebagai Badan Pembina KOMISI berharap, “Melalui KOMISI, kami berharap dapat membangun Profesi Sales yang telah ada dengan lebih sempurna dan penuh kebanggaan. Para anggota juga bisa mendapatkan pelatihan-pelatihan melalui seminar dan forum dari pembicara yang terpercaya maupun pakar sales secara cuma-cuma ataupun dengan biaya yang sangat terjangkau. Dengan begitu, para sales bisa memperluas hubungan dan jaringan dengan sales person dari berbagai peringkat terutama dengan para senior di seluruh Indonesia.”

Pada kesempatan yang sama, Aster Theresia Sitohang, Ketua Badan Pengurus Harian KOMISI memaparkan, dengan rasa optimisme yang tinggi dan kesatuan hati untuk mencapai visi bersama, maka dalam acara soft launching KOMISI juga telah terbentuk kepengurusan KOMISI Pusat. Kendati baru berdiri, KOMISI telah memiliki koordinator daerah yang meliputi Jabodetabek, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Palembang, Riau, Medan dan Makassar.

Di hari yang sama, tambah Aster, juga telah terlaksana agenda awal yaitu Sales Gathering atau Kopi Darat serta sales training bertema “Sales Resolution 2012” dengan peserta lebih dari 100 orang sales dari Jakarta dan dari berbagai kota lainnya.

Untuk menjadi bagian dari KOMISI, para sales di seluruh Indonesia dapat bergabung dengan mengirimkan email ke komunitassalesindonesia-subscribe@yahoogroups.com dan di cc-kan data pribadinya ke komunitassalesindonesia-owner@yahoogroups.com atau ke Fanpage www.facebook.com/komunitassalesindonesia atau Twitter @KOMISI_Crew.

Soft launching KOMISI dan Sales Gathering didukung oleh Datascrip, Dell, Galeri Elektronik, Forceum, Olympic, Canonserta, Bantex office stationery dan Majalah BISKOM sebagai media partner.

loading...

15 COMMENTS

  1. From: Ahmad Madani
    To: komunitassalesindonesia@yahoogroups.com
    Date: Thu, 29 Dec 2011 02:16:51 +0700
    Subject: [KOMISI] jadi sales ko tengsin??????

    Dear rekan-rekan KOMISI…

    ini kisah nyata, …

    beberapa hari yang lalu, adik kelas saya sewaktu kuliah menghubungi saya, namanya Asep Yusuf (AY) dan saya sendiri Ahmad Madani (AM), berikut ringkasan BBm kami

    AY : “dan (nama panggilan saya).. cariin gw kerja dong, udah ngelamar kemana-mana ga dipanggil-panggil, sekalinya dipanggil disuruh jadi SALES, ya tengsin gw sama nyokap…”

    AM : “lah lo tengsin kenapa???

    AY : “ya elah dan, jadi sales cape, kelalang keliling kaga jelas, baju rapi pake dasi bawa ransel nawarin barang kaga penting kaya senter, gesper, dompet, sendal ogah gw kerjaan kaya gitu, lagian mana bisa gw jualan, susah tau”

    AM : “waduh…. sales ga gitu juga kaleeee….. ga semua kerjaan sales kaya gitu, emangnya lo pengen kerja kaya gimana???

    AY : “ya… syukur-syukur kaya lo, kayannya enak, kerja kantoran, sering jalan-jalan lagi kemana-mana”

    AM : “lo tau gw kerja apa????”

    AY : “kantoran”

    AM : “iya, anak gw juga tau kalee, maksud gw dikantor kerjaan gw ngapain???”

    AY : “kaga tau bang…”

    AM : “Gw Sales, ga usah shock………. hehehe”

    AY : “Bokis lo ah…. bukannya lo kontraktor, gw sering liat lo pake helm projek, kadang-kadang pake rompi, ga mungkin banget lo sales”

    AM : “apa kata lo lah bung, gw pake helm atau rompi kalo gw ketemu kontraktor dilapangan, ketemu ngapain??? gw jualan, kan gw sales bahan bangunan, pasarnya emang ke kontraktor, aplikator atawa maintenance building, masa gw jual semen ke anak SD Inpres,…. hehehe”

    AY : “oh gitu…. baru tahu gw….”

    AD : “sep, pada hakikatnya semuanya profesi adalah sales, hanya masalah apa yang dijual, barang atau jasa…. contoh : supir itu juga sales, yang dijual adalah jasanya menyetir, guru juga sales, yang dijual adalah jasa, (tapi ada juga sih yang nyambi jualan buku… hehehe), dokter, tentara, polisi, operator, admin, akunting dll, semuanya ada yang dijual…, nyokap lo bro, itu sales hebat, kalo ga hebat, mana bisa punya toko kelontong sampe 3 toko, kenapa lo tengsin sama nyokap lo? … bro, gw mau tanya apa bedanya pedagang dan penjual???

    AY : “iya juga ya…. kenapa gw mesti tengsin ya…. nah lo sendiri dan, kenapa jadi sales??”

    AD : “kenapa gw jadi sales?? banyak, kalo gw kerja dipabrik, penghasilan gw dibatasi oleh tenaga dan waktu, kan ga mungkin gw lembur 24 jam nonstop dalam sebulan, kalo gw jadi sales, penghasilan gw ga ada batas, tergantung niat dan kemauan aja, lo mau duit, ya lo jualan sebanyak-banyaknya… kalo gw jadi sales, yang gw hadapi setiap hari adalah situasi yang berbeda-beda, ga monoton kaya kerja dipabrik, kalo udah duduk, ya udah duduk aja selama 8 jam, atau berdiri, ya berdiri aja, intinya itu-itu aja kaga ada seninya… sales itu pekerjaan seni, seni berbicara, seni berpakaian, seni bersikap, seni bahasa, seni strategi, … kepuasan, ada kepuasan tersendiri ketika gw berhasil meyakinkan orang untuk membeli apa yang gw tawarkan dan gw jual… temen gw banyak, setiap hari gw ketemu kenalan-kenalan baru… n masih banyak alasan kenapa gw suka jadi sales…”

    AY : “wih mantab juga ya… kayanya seru tuh, ajarin gw dong dan jadi sales”

    AD : “gw masih kroco alias amatiran, tapi kalo lo mau, lo ikutan milis sales di yahoogroups namanya KOMISI (Komunitas Sales Indonesia), gw udah ikutan, tanggal 28 Desember ada acara kopi darat member milis, yang gabung banyak orang hebat, lo bisa tanya-tanya n belajar disitu, kalo mau ikut, bayarnya murah kok cuma gocap doang, kalo mau, ntar gw daftarin….”

    AY : “ya elah sok ngerendah lo kaya bang madit hehehe, tapi boleh juga tuh, … talangin dulu ya bos…. hehehe”

    AD : “Oke… siap lapan enam”

    Singkat kata & Singkat Cerita, tadi dia datang diacara Grand Launching Sales….. setelah menyimak apa yang disampaikan Pak Dedy, Mba Aster, Pa Hoky, Pa Thomas dan beberapa teman lain… sebelum pulang, dia salami saya sambil mengucapkan “terimakasih, gw udah jatuhkan pilihan untuk jadi sales n ini uang lo lima puluh rebu” hehehe.

    sekedar berbagi….

    ketemu lagi di “FROM SALES WITH LOVE”…

    Salam,
    Ahmad Madani

  2. Semoga dengan hadirnya KOMISI, orang tidak lagi skeptis terhadap pekerjaan yang namanya SALES. Bravo KOMISI, ayo kita buka mata dunia apa itu SALES karena pada dasarnya setiap orang itu SALES tetapi tidak mau mengakuinya hehehe..

  3. Selamat atas terbentuknya KOMISI! Maju terus Salesmen Indonesia! Saya bangga bisa menjadi bagian dari sejarah dunia SALES di Indonesia saat menghadiri Grand Launching KOMISI tgl 28 Desember 2011 kemaren. Memasuki tahun baru 2012 ini saya semakin antusias dan bersemangat! BISA!!!
    HAPPY NEW YEAR 2012 TO ALL SALESMEN IN INDONESIA!

  4. Sebuah inisiatif yg sangat amat bagus telah d cetuskan o/ Dedy Budiman, dan terwujudkan o/ teman2 sepenjiwaan, salesmanship!!

    Saya percaya, ribuan manfaat akan di dapat, mulai dari tips2,motivasi2, penawaran2 khusus, info lowongan dan yg pasti CROSS SELLING yg artinya market share kita bertambah luas!!!

    Regards,
    Alung – Everyone is No.1

    http://www.permaisuri.com
    http://www.galerielektronik.com

    PIN BB 1: 2778DB8B
    PIN BB 2: 26038A87
    PIN BB Galeri Elektronik: 27F3F555
    Whatsapp: +628159991789

  5. ” SALES ADALAH MAKHLUK YANG DIBUTUHKAN KEHADIRANNYA ”

    SALES dibutuhkan perusahaan sebagai ujung tombak perusahaan dalam meraih penjualan yang berujung pada profit dan keberlangsungan perusahaan. Tanpa SALES, perusahaan tidak dapat menghidupi seluruh Makhluk yang ada di dalam perusahaan, mulai dari Office Boy sampai dengan manajer,direktur, dan juga pemilik perusahaan.

    Selain dibutuhkan perusahaan, sales juga dibutuhkan oleh konsumen. Orang yang membutuhkan mobil mencari sales mobil, orang yang membutuhkan asuransi mencari sales asuransi, orang yang membutuhkan rumah mencari sales properti, dan masih banyak lagi.

    Banggalah menjadi SALES karena banyak yang membutuhkan kehadirannya.

    Salam,
    Daniel

  6. Luar biasa adanya gagasan Wadah Sales Yng bisa menampung dari berbagai produk yang dijual, dalam kesimpulannya terwujud KOMISI sehingga dalam wadah itu bisa sharing2 baik kesulitan, kendala, keberhasilan maupun ide terbaik yang akan bermanfaat untuk semua anggota. Dan saya mengusulkan jika ada Produk2 yang bisa dijual bareng2 dengan pengelolaan yang transparan, bersih, akuntabel serta memenuhi target, kedepan seluruh anggota kan bisa menerima KOMISI sesuai dengan namanya…..saya dukung 100%, maju terus…..

  7. Salam Sales !
    Saya pribadi juga pernah mengalami yg namanya dilecehkan oleh keluarga karena profesi sales. Tapi tetep aja Saya maju terus karena prinsipnya adalah : if u wanna do something, ask other….But if you will do something,Just do it! Maka, apapun yg org katakan, org hina….Saya hanya berkata dalam hati:”Saya akan buktikan bahwa Saya bisa”…….Saya tau impian tidak/jarang dicapai dengan mudah. Butuh tekad yg kuat. Dalam proses pencapaian Impian ini, akan banyak godaan…tetapi Pegang teruussss impian Anda + Doa + berstrategi + Terus berkomunitas dgn org2 positif spt di Komisi ini. Niscaya…Anda akan menemukan bahwa Garis Finish itu ternyata SUDAH DEKAT.

  8. Sebuah wadah luar biasa, semoga KOMISI bisa menjadi tonggak pengakuan banyak orang bahwa Sales merupakan profesi yang bisa di sejajarkan dengan profesi-profesi lain yang selama ini di”pandang” mulia oleh masyarakat.
    klo pakai analogi tubuh manusia, sales merupakan darah yang harus terus ada dan mengalir dalam perusahaan, karena klo tidak ngalir ato bahkan habis maka sudah dapat dipastikan tubuh atau perusahaan akan mati.

    Bravo KOMISI

    Salam,
    Okto

  9. Saatnya profesi SALES berdiri sama tinggi dengan profesi lainnya. Mari seluruh SALES Indonesia kita jadikan KOMISI sebagai “rumah” kita bersama. Nantikan acara KOMISI selanjutnya yang akan diadakan tanggal 25 Februari mendatang.

  10. Dear moderator,

    Mohon maaf atas iklan lowongan berikut, tapi karena masih berhubungan dengan Marketing, saya mohon untuk di posting, sbb:

    Perusahaan kami sebagai Property Developer sedang membutuhkan :

    1. General Manager (GM)
    – Pria / wanita, usia max. 45 tahun
    – Pendidikan S1 semua jurusan (diutamakan Master)
    – Pengalaman min. 5 tahun sebagai GM (di industri developer/konstruksi diutamakan)
    – Kuat dalam analisa bisnis dan berjiwa entepreneur
    – Menguasai system manajemen proyek
    – Target oriented

    2. Marketing Manager (MM)
    – Pria / wanita, usia max. 40 tahun
    – Pendidikan S1 semua jurusan (diutamakan Ekonomi Pemasaran)
    – Pengalaman min. 3 tahun sebagai MM (di industri developer/konstruksi diutamakan)
    – Menguasai konsep dan strategi sales & marketing
    – Target oriented

    Lokasi kerja : Jakarta Selatan

    Silahkan kirim CV lengkap anda ke: recruitmentcdp.2012@yahoo.co.id

    Terima kasih,
    Lukman
    HRD

  11. Dear all,

    Mohon maaf numpang iklan lowongan.. Lagi butuh, urgent bangeet!

    Kami, perusahaan yang bergerak di bidang besi baja, plastik dan kimia industri membutuhkan :

    1. Sales Executive
    – Pria, usia max. 30 tahun
    – Pendidikan S1 semua jurusan
    – Fresh Graduate/Berpengalaman (di industri developer/konstruksi diutamakan)
    – Pantang Menyerah, Unggul dan Terpercaya
    – Target oriented

    2. Marketing Executive
    – Wanita, usia max. 30tahun
    – Pendidikan S1 semua jurusan
    – Fresh Graduate/Berpengalaman (di industri developer/konstruksi diutamakan)
    – Target oriented

    Lokasi kerja : Surabaya,Jakarta,Semarang,Balikpapan, Samarinda, Nabire-Papua

    Silahkan kirim CV lengkap anda ke: ratri@sutindo.com

    Warm Regards,
    Ratri
    HRD Recruitment

  12. Dear All,

    Kami sedang membutuhkan posisi Sales Promotion Girl (SPG), untuk produk hair treatment.
    Dengan kualifikasi sebagai berikut:

    – Wanita
    – Maks 35 tahun
    – Min SMA
    – Memiliki penampilan menarik dan berambut hitam
    – Memiliki motor
    – Siap kerja target
    – Siap mobile
    – Komunikatif
    – Area Jabodetabek

    Gaji:
    – Gaji pokok UMR
    – Tunjangan Transport
    – Insentive (jika mencapai target penjualan)
    – Reward

    Infokan pada saudara, teman, atau tetangga anda.

    Atau bisa datang langsung ke alamat dibawah ini untuk Interview langsung pada Jumat 27 September 2013, pukul 10.00.
    Alamat :
    PT. Elabram Systems
    Gedung Thamrin City
    Pusat Bisnis Thamrin City Lt. 7
    Unit OS 01 A, B, dan OS 02 A, B, C
    Jl. Thamrin Boulevard
    (d/h Jl. Kebon Kacang Raya)
    Jakarta Pusat 10340

    Good Luck.

    Best Regards,
    Ririn
    Team Recruitment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.