Computex selama 32 tahun telah menjadi ajang paling bergengsi bagi produsen untuk memamerkan produk-produk terbaru mereka. Apa saja yang bisa kita dapatkan di Computex 2012?

Seperti sebelumnya, di tahun 2012 Computex akan berlangsung di Taipei International Convention Center (TICC), Taiwan, pada 5-9 Juni mendatang. Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) selaku penyelenggara mengatakan, Computex 2012 akan menggunakan 2 hall untuk menampung sekurangnya 1.800 peserta pameran dari dalam dan luar negeri, yang akan menggunakan 5400 booth.

Computex 2012 menargetkan sekitar 36.000 pembeli dan pengunjung internasional dalam pameran ini. Target ini naik 2% dibanding tahun lalu. Pameran ini juga memproyeksikan dapat membukukan penghasilan sebesar US$ 28 milyar, yang merupakan 25% dari nilai total ekspor produk teknologi informasi dan telekomunikasi (TIK) Taiwan di 2011.

Pada konferensi pers di TICC, Taipei (22/3), Walter Yeh, Excecutive Vice President Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), kepada BISKOM mengatakan,  “Tahun ini Computex memiliki empat tema area, yaitu Ultrabook, Smart Handheld Devices, Cloud Technology dan Services.” Dijelaskan, ultrabook akan menjadi tema yang digemari mengingat menurut forcast Suppli IHS, pangsa pasar ultrabook akan terus bertambah, dari 2% pada 2011 menjadi 40% pada 2015.

Ide ultrabook sendiri pertama kali diumumkan oleh Intel pada tahun lalu di ajang Computex Taipei. Perusahaan seperti Acer, Asus, Samsung, MSI dan Gigabyte kemudian mengembangkan dan memproduksi massal ultrabook. Asus dan Acer yang telah memperkenalkan banyak tipe canggih untuk ultrabook kini telah mendapatkan posisi setara dengan vendor internasional seperti Intel, NVidia, Microsoft, AMD, Ford dan Samsung. Selain Utrabook, Asus dan Acer siap untuk menyajikan produk paling inovatif di Computex.

Sementara di area Smart Handheld Devices, Quad-core 4 dan Windows 8 diprediski akan menjadi teknologi favorit untuk perangkat genggam cerdas tahun ini. NVidia sebagai perusahaan pertama yang memperkenalkan prosesor Quad-core 4 juga akan melakukan pameran besar-besaran pada Computex Taipei tahun ini.  Edisi terbaru ponsel pintar yang  menggunakan teknologi Quad-core 4 diantaranya diperkenalkan oleh perusahaan asal Taiwan, HTC.

“Computex akan  mengundang HTC untuk menjadi pembicara utama dalam Computex Taipei CEO Summit Forum,” kata Li Chang, Deputy Secretary General Taiwan Computer Association. Dalam rangka mempromosikan Windows 8  yang baru saja diumumkan, Microsoft akan menjadi co-presenting juga memberikan banyak pilihan produk berbasis Windows  8 termasuk pada banyak merek TIK Taiwan.

Sajian yang tak kalah menarik akan terlihat di area Cloud Technology dan Services. Selain  Google yang melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan Asia berbasis Cloud di Taiwan, perusahaan Taiwan seperti Delta, Quanta, Compal, dan Foxconn juga memperkenalkan server Cloud, pusat data dan layanan Cloud. CEO Quanta, Barry Lam, juga akan memberikan keynote speech pada Computex Taipei CEO Summit Forum.

Kerjasama Internasional

Untuk membedakan Computex 2012 dengan tahun-tahun sebelumnya, TAITRA mempersiapkan line up preview produk baru, D&I Awards, Forums, Procurement Match-Making Meetings, dan Computex Taipei Golf Tournament dimana para CEO internasional bergabung dalam turnamen ini.

Salah satu mata acara yang ditunggu dari Computex adalah ajang penghargaan bergengsi Forum Design iF untuk bidang industri desain. Dibandingkan dengan penyelenggaraan  pertama ajang penghargaan ini lima tahun lalu, jumlah entri dan pemenang penghargaan di tahun 2012 akan bertambah dua kali lipat.

“Tahun ini kami mengharapkan rekor 200 entri dimana batas pendaftaran akan ditutup pada tanggal 16 April. Semua produk yang dikompetisikan nantinya mendapatkan kesempatan untuk melakukam tur global di pameran-pameran TIK terkemuka. Selain itu akan ada 100 presentasi selama pameran berlangsung,” papar Walter Yeh.

Pada tahun 2009, Computex telah menandatangani nota kesepakatan atau MoU dengan IFA di Berlin Jerman, kemudian menyusul dengan CeBIT di Hannover, dan CES di Las Vegas untuk melakukan kerjasama pertunjukan TIK yang lebih dinamis di Computex Taipei. “MoU ini meningkatkan pertukaran promosi dan membuka arus informasi acara agar semua pihak dapat lebih mengembangkan industri.

Ini adalah pelengkap sempurna karena Computex Taipei  sebagian besar mengikutsertakan produk dan pasar Asia, CES Las Vegas dengan target pasar Amerika, sedangkan CeBIT dan IFA mengambil pasar Eropa. Hal ini membantu Computex untuk memperluas akses ke seluruh dunia,” tambahnya.

Selain Asus dan Acer, vendor-vendor Taiwan lainnya yang akan memeriahkan Computex Taipei diantaranya A-Data, Apacer, Clevo, CMC, COMPAL,  Delta, Elitegroup, Gigabyte, Hon Hai, KYE, MiTac, MSI, Muzee, Ritek, Shuttle Thermaltake, Transcend, VIA dan Edimax. Vendor Amerika yang ikut serta diantaranya AMD, ARM, Google , Intel, Samtack, Cisco, Best Buy, Qualcomm, NVidia, Memory dan NewEgg, sedangkan vendor Jepang dan Korea antara lain  Sony, Kokuyo, Samsung, Hitachi dan LG. Tak ketinggalan, vendor Eropa yang ikut serta adalah Maxell, Alcatel Lucent, Medion, Siemens, DCC Sercom dan  NXP, serta masih banyak merek terkemuka lainnya.

Maksimalkan Layanan  

Pemerintah Taiwan dan TAITRA menunjukkan keseriusannya untuk melayani tamu dunia untuk mengunjungi Computex Taipei 2012. “Kita tidak cukup hanya sekedar menginspirasi pembeli dengan pelayanan yang lebih baik. Untuk membantu pembeli dengan mudah mencapai lokasi pameran sekaligus menjelajahi kota Taipei, kami telah menambah jalur baru Mass Rapid Transit (MRT) yang menghubungkan Xinyi dan Nangang Hall,” kata Walter Yeh.

Saat melakukan pra pendaftaran, pengunjung dari negara luar akan mendapatkan barcode pada ponsel mereka yang dilengkapi dengan Radio Frequency Identification (RFID) badge untuk kenyamanan dan keamanan selama berada di Taiwan serta peta navigasi yang lengkap dengan informasi wisata yang terhubung dengan situs jaringan sosial. Persiapan yang dilakukan TAITRA ini sejalan dengan penelitian Institut Penelitian Teknologi Industri (ITRI) dimana saat ini kebutuhan konsumen mengarah pada produk dan layanan “Service-based Applications Ecosystems”.

Stephen Su, General Director Industrial Economics & Knowledge Center, ITRI mengatakan,  agar perusahaan berhasil dalam layanan berbasis ekosistem aplikasi, mereka harus memperluas hubungan lateral antara produk dengan pengelolaan bisnis di seluruh ekosistem, dimana produk dan jasa harus sesuai dengan pengalaman pengguna. Oleh karena itu, elemen kunci yang penting dalam pengembangan produk dan layanan harus mencakup  nilai proposisi konsumen, gaya hidup, tren konsumsi dan kegiatan rekreasi.

Duta Computex 2012

Dalam konferensi pers di Taiwan International Conference Center (TICC) ini diperkenalkan juga Coco Wu sebagai Miss. Computex 2012. Lulusan Tamkang University ini di daulat  menjadi Miss Computex 2012 setelah berhasil mengalahkan puluhan kontestan lainnya dalam audisi yang digelar oleh TAITRA beberapa waktu yang lalu. Coco Wu dipilih karena penampilan yang menarik dan menguasai berbagai bahasa asing lainnya selain Mandarin, seperti Inggris dan Perancis .

“Suatu kebanggaan bagi saya dapat menjadi Miss Computex dan memperkenalkan pameran Computex Taipei 2012 sebagai spirit gaya hidup Taiwan yang mendunia,” jelas Coco ketika dimintai pendapatnya.

Selain dihadiri oleh Walter Yeh, Excecutive Vice President TAITRA, konferensi pers ini juga dihadiri Li Chang (Deputy Secretary General Taiwan Computer Association) Jackie Hsu (Corporate VP and GM Worldwide OPBG Asus), John Wang (Chief of Marketing Officer HTC) dan Stephen Su (General Director Industrial Economics & Knowledge Center (ITRI)), serta wartawan dari berbagai negara seperti, Amerika, Australia, Jerman, Turki, Thailand, Vietnam, India, Taiwan, Inggris, Selandia Baru dan Indonesia yang diwakili oleh majalah BISKOM.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.