Ajang pertemuan praktisi Teknologi Informasi (TI) seluruh dunia akan kembali digelar. Tahun ini, World Congress on Information Technology (WCIT, www.wcit2012.org) yang diadakan tiap 2 tahun sekali memasuki penyelenggaraan ke 18, sejak dibentuk pada 1978 silam dibawah naungan World Information Technology and Services Alliance (WITSA).

WCIT yang sedianya akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 Oktober 2012 di Palais des Congrès de Montréal, Kanada, kali ini dipercayakan kepada Information Technology Association of Canada (ITAC) sebagai tuan rumah.

WCIT 2012 menjanjikan sesuatu yang baru, dan mungkin belum pernah berlangsung sebelumnya di panggung dunia. Dengan tema One Vision for a Global Digital Society, kongres ini selama 3 hari akan menampilkan lebih dari 100 profil sebagai pembicara serta mengundang 3.000 delegasi dari lebih dari 80 negara untuk memberikan perspektif yang tepat bagi perkembangan TI dan solusi yang efektif bagi revolusi digital yang terjadi saat ini.

Francois Morin, CEO WCIT 2012 mengatakan, “WCIT 2012 akan menyatukan pembicara utama dari pemerintahan, industri, akademisi, dan masyarakat sipil untuk melakukan diskusi tentang bagaimana TI bisa membantu masyarakat digital, dengan menempatkan pengguna sebagai pusat perhatian.”

Jika tahun-tahun sebelumnya, WCIT mengundang pembicara terkemuka dari seluruh dunia, seperti Bill Gates, Michael Dell, Bill Clinton, Colin Powell, dan Mikhail Gorbachev, pada tahun 2012  ini akan hadir pembicara diantaranya Robert Youngjohns (President Microsoft North America), Wim Elfrink (CGO Cisco), Tom Jenkins (Executive Chairman and Chief Strategy OpenText), Bernard Charles (President and CEO Dassault System), Juliana Rotich (Co-Founder and Executive Director Ushahidi), Andrew P. McAfee (Researcher, MIT Sloan School of Management), Danah Boyd (Senior Researcher Microsoft Research), Dr. Eric Brown (Research Scientist IBM), Professor Peter A. Bruck (CEO and Chief Researcher of The Research Studios Austria) dan Larry King (American Television and Radio Host), serta tampil sebagai host: Don Tapscott (Eksekutif Bisnis Kanada, Penulis, Konsultan dan Pembicara mengenai dampak strategis teknologi informasi)

Acara ini, jelas Morin, akan menampilkan inovasi teknologi Kanada kepada masyarakat global, menciptakan peluang bisnis bagi para pengusaha dan menarik investasi asing. Tujuan konferensi ini adalah membangun sektor ekonomi dan sosial melalui pertukaran kebijakan, praktek, tren dan ide serta peran TI dalam perekonomian, lingkungan, pemerintahan, perawatan kesehatan, pendidikan dan mobilitas.

Agenda WCIT 2012

WCIT 2012 dimulai dengan Tech World Jam, sebuah sesi brainstorming digital yang dimoderatori oleh pakar industri global dan komunitas IBM Smarter Planet. Masyarakat dari 84 negara akan login lebih dari 11.000 kali untuk memberikan ide kepada pemerintah untuk membantu mengatasi tantangan sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, keterampilan digital, smart cities, transportasi, lingkungan, seni, budaya dan lain sebagainya.

World Youth Summit Awards (WSYA) yang dibentuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga akan digelar bersamaan dengan WCIT 2012. WSYA mempromosikan aplikasi terbaik pada e-content dan media baru, untuk menunjukkan potensi kaum muda dalam menciptakan konten digital dan berupaya bersama seluruh anggota negara PBB untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs). MDGs adalah delapan tujuan konkrit untuk memberantas kemiskinan dan ketidaksetaraan di seluruh dunia. Tujuan ini ditetapkan oleh PBB pada tahun 2000 dan harus dicapai pada tahun 2015.

WCIT 2012 juga menggelar pameran produk, layanan, dan aplikasi TI terbaru, dimana pada paviliun pemerintah akan menampilkan ahli TI dari berbagai negara.

Acara Business to Business (B2B) pada WCIT 2012 adalah pertemuan bisnis antara 200 hingga 300 UKM Kanada yang bertujuan untuk memperbaharui dan mengembangkan hubungan industri multinasional dan lintas industri serta kemitraan strategis, komersial, keuangan, dan teknologi antara perusahaan dan negara-negara dengan perekonomian yang maju dan berkembang.

Sekitar 200 perusahaan asal Kanada juga akan dipilih dan diundang untuk menghadiri Forum Investasi WCIT C200. Program ini akan memberikan peluang jaringan bagi perusahaan-perusahaan Kanada untuk mengembagkan investasi TI di tingkat internasional.

Pada 23 Oktober 2012, Larry King, seorang penyiar radio dan televisi legendaris, akan hadir sebagai keynote dalam diskusi roundtable: “The Digital Era and the Impact on Our Society”, untuk menjawab tantangan dan solusi dalam evolusi teknologi di masa depan. Selama diskusi, Larry King akan ditemani tamu khusus termasuk pengusaha Carlos Slim Jr, Justin Rattner (CTO Intel) dan lainnya.

WCIT 2012 disponsori antara lain oleh Air Canada, AMD, Bell, Canon, CGI, Cisco, Dassault Systèmes, Dell, Enterprise Saskatchewan, Gouvernement du Québec, IBM, ICTAM, Intel, Investissement Quebec, ITAC, Microsoft, OpenText, Pemerintah Kanada, RIM, SaskPower, SaskTel Internasional, Softchoice, Tourisme Montréal dan Xerox. Acara ini juga didukung oleh BISKOM sebagai media partner di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.