Bila dulu komunikasi via telepon menjadi andalan untuk mencari informasi, saat ini seiring dengan berberkembangnya teknologi informasi (TI) dan internet, search engine menjadi pilihan utama.

Search engine adalah sebuah database elektronis yang berisi sejumlah alamat situs yang ada di jagad internet. Menggunakannya sangat mudah. Hanya dengan mengetikkan kata kunci (keyword) yang hendak dicari, setelah itu akan tampil sejumlah link yang akan mengarahkan pengguna kepada situs atau informasi yang ada relevansinya dengan keyword yang dimasukkan.

Mengingat perannya yang penting, para pelaku bisnis pun memanfaatkan search engine sebagai media promosi. Dari sekian banyak pilihan, Yahoo, Google, Bing dan MSN adalah search engine yang paling populer di internet. Namun di Indonesia, search engine yang paling banyak digunakan adalah Google. Karena itu Google dijadikan sebagai patokan bagi pelaku bisnis online untuk berusaha agar websitenya bisa bertengger di halaman pertama atau berada di daftar teratas Google.

Tidak mudah memang. Karena itu diperlukan Search Engine Optimization (SEO) agar situs web  lebih mudah untuk ditemukan diantara ribuan bahkan jutaan hasil pencarian sebuah keyword pada halaman robot pencari ini.

“Tak dapat dipungkiri bahwa SEO bekerja lebih baik untuk meraih peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Bila website berada di halaman pertama, maka peluang website tersebut dikunjungi orang akan semakin besar,” ujar Riyeke Ustadiyanto, CEO PT. Marketbiz Media.

Sebagai salah satu digital consultant terkenal, Marketbiz Media yang berdiri sejak 1998 oleh Marketbiz.net menawarkan solusi SEO pertama di Indonesia. Target dan goal-nya adalah melakukan percepatan dunia cyber di bidang pembangunan digital economic Indonesia melalui kekuatan marketing search engine. Perusahaan yang juga berfokus pada Social Media Booster ini kini terus berkembang dan telah melayani lebih dari 20.000 customer dari domestik maupun internasional.

Riyeke yang akrab disapa Keke pun telah lama menekuni dunia SEO.  tepatnya sejak lulus kuliah Akuntansi di Universitas Gadjah Mada. Pria kelahiran Yogyakarta pada 1972 ini memulai usaha tanpa mempunyai komputer maupun notebook. Karena tekadnya, ia pun rela menjadi penjaga warung internet (warnet) untuk mendapatkan akses internet gratis.

“Waktu itu saya tidak mampu membeli komputer karena mahal, sehingga rela menjaga warnet agar bisa lebih lama menghabiskan waktu di depan komputer,” ucap pakar SEO ini.

Setelah lulus kuliah tahun 1998, ia mulai mendapatkan klien pertamanya melalui email dari luar negeri. Peluang ini pun menjadikannya berfikir bahwa internet bisa menjadi sumber pendapatan untuk hidup. Beberapa tahun kemudian akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Bali, tepatnya usai peristiwa bom Bali I,  yang ternyata perjalanan ini tidak sia-sia karena mendapatkan banyak pekerjaan di pulau Dewata ini.  “Disinilah saya mulai berfikir menjadikan Marketbiz sebuah company,” terangnya.

Semakin berkembangnya internet, Marketbiz tidak hanya berfokus pada SEO saja, tetapi juga website development. “Selama masih bisnis digital yang menyangkut promosi dan development, maka bisa menjadi fokus kami,” lanjutnya.

Kesuksesan Marketbiz juga tampak pada tiga kantor yang dibangunnya. Tidak hanya berfokus di Bali, Marketbiz juga berkantor di Jakarta dan Bandung. Kantor Bali menjadi workshop untuk web development dan SEO, Bandung menjadi workshop pengerjaan sosial media, dan Jakarta sebagai kantor representative.

Saat BISKOM berkunjung ke kantornya di daerah Jakarta Selatan, lelaki yang hobi menulis ini memaparkan lebih jauh bagaimana SEO bisa menjadi sumber kreatifnya. Berikut petikan wawancara dengan Riyeke Ustadiyanto yang kerap tampil dengan pakaian kasual ini.

Apa alasan Anda berkecimpung di dunia internet? Bisa dijelaskan perjalanan karir Anda di bidang ini?

Sebetulnya setelah lulus kuliah, saya sulit sekali mendapatkan pekerjaan. Entah kenapa, sudah mencari kesana-sini tetap saja tidak ada perusahaan yang mau menerima saya. Karena pada dasarnya ketertarikan saya pada internet, maka sambil jalan untuk mencoba mengembangkan SEO ini yang memang sudah saya tekuni sebelumnya.

Dengan keterbatasan yang saya miliki yaitu tidak mempunyai komputer, akhirnya saya memutuskan bekerja sebagai penjaga warnet agar bisa memanfaatkan komputer dan akses internetnya. Syukur Alhamdulillah, tidak lama kemudian saya mendapatkan proyek yang bisa dikerjakan sendiri. Mulai dari sanalah saya berkomitmen untuk terus mengembangkan SEO.

Seberapa pentingkah SEO bagi bisnis online?

Menemukan bisnis online kita di search engine itu penting sekali. Bila website kita tidak terdaftar pada halaman depan search engine, maka kecil kemungkinan website kita di kunjungi orang. Kalau sudah begitu, bagaimana bisnis mau jalan, karena orang tidak banyak yang tahu tentang keberadaan usaha yang kita miliki. Misalkan, biasanya wisatawan internasional itu kalau berkunjung ke Indonesia tidak tahu harus mencari apa dan bagaimana caranya. Mereka pasti mencari informasi yang diperlukan dari search engine. Bila bisnis online kita tidak terdaftar di halaman pertama, maka kesempatan wisatawan menggunakan jasa atau produk kita kecil kemungkinannya. Karena mereka pasti mengklik terlebih dahulu yang ada di daftar teratas atau halaman pertama.

Anda juga fokus di sosial media sebagai media promosi. Lebih besar manakah peluang bisnis yang didapat, apakah dari search engine atau sosial media?

Sebenarnya begini, sosial media itu cenderung untuk meng-influent market untuk membeli sesuatu ke seller atau merchant. Kalau search engine, basic need-nya jelas. Selama orang terpenuhi kebutuhannya, pasti akan langsung membeli dari sana.

Untuk memperkenalkan produk baru kepada calon pelanggan, yang tepat melalui sosial media. Tetapi kalau misalkan produk tersebut sudah dikenal orang, maka lebih tepat menggunakan startegi memperkuat ranking di search engine. Jadi semuanya itu penting, harus ada kolaborasi antara sosial media dengan search engine biar income dari klien akan lebih baik.

Di Marketbiz, kami menawarkan paket Layanan Social Media yang merupakan kombinasi dari Facebook, Twitter, blog dan situs sosial media lain sehingga mampu menjangkau langsung jutaan pelanggan potensial. Dengan manajemen sosial media, target market akan tercapai setiap harinya karena kita dapat mengetahui siapa sebenarnya yang melihat dan mendengarkan iklan kita.

Sejauh mana perkembangan SEO di tanah air?

SEO itu mulai diminati orang sekitar 2 atau 3 tahun belakangan ini. Sebelumnya mereka masih tidak percaya dengan yang namanya sukses bisnis di internet melalui Google atau search engine lainnya. Tapi sekarang ini semua menyatakan SEO itu penting sekali dan mereka rela untuk training dan belajar SEO, termasuk perusahaan-perusahaan besar yang kami tangani.

Sebelumnya mereka tidak memperhatikan pentingnya mesin pencari, tahunya mereka hanya membayar Google Adwork atau lainnya. Kini mereka berlomba-lomba untuk menempati top ranking.

Bagaimana SEO mampu menjadikan suatu situs berada di halaman search engine?

Tidak ada manipulasi di search engine. Kami melihat biasanya orang membuat website itu seperti meng-online-kan sebuah brosur yang penuh image atau dengan tata letak yang kurang bagus.

Dengan SEO, kita memiliki banyak aturan yang digunakan untuk memudahkan Google atau search engine membaca website kita. Kebanyakan memang dari sisi websitenya yang akan menjadi konsen kami untuk melakukan perbaikan. Dengan memperhatikan kaidah-kaidah yang disukai search engine seperti teks dan link, maka website itu harus banyak teksnya. Selanjutnya link teks tersebut harus disajikan dengan baik dan menarik agar bisa langsung dibaca search engine.

Apa yang Anda suka dengan berkecimpung di dalam dunia SEO?

Di SEO itu update algoritma 3 hingga 4 kali setiap tahunnya. Berarti kita selalu ditantang Google untuk menaklukkan algoritma baru itu. Tantangan dan hal-hal baru inilah yang membuat kami suka.

Kedua, dengan update seperti itu otomatis selalu mempengaruhi update search engine termasuk sosial media. Artinya dalam usaha SEO itu selalu ada algoritma. Kita tidak boleh curang dan untuk mendapatkan best list harus secara natural. Kalau natural berarti kita menjadi orang bersih, harus menjadi orang benar baru orang bisa mengupdate link ke kita.

Kalau boleh saya bahasakan, SEO itu salah satu implementasi dari “hablumminannas” yang mengajarkan kita untuk berbuat baik kepada banyak orang. Jadi Google mengajarkan kita berbaik dengan orang lain, maka kita akan berada pada ranking atas.

Berapa anggaran yang diperlukan untuk menggunakan jasa SEO ini?

Kami men-create harga mulai dari yang termurah Rp. 100 ribu  dengan hanya menyediakan tools-nya saja, selanjutnya mereka bisa maintenance dan menentukan sendiri SEO-nya. Harganya juga bisa disesuaikan dengan budget klien kami. Sementara itu, untuk market khusus dengan penanganan yang lebih komplit, budget-nya bisa sampai Rp. 40 juta per tahun.

Berkaitan dengan promosi, marketing atau sales seringkali dianggap sebagai profesi yang kurang bergengsi. Apa pendapat Anda mengenai hal ini?

Sales memegang peranan yang penting, karena kalau tidak ada mereka maka tidak ada kegiatan jual beli. Jujur, saya termasuk orang yang tidak terbiasa melakukan penjualan, tapi saya bisa membuat cara bagaimana melakukan target penjualan yang bagus. Saya berfikirnya begini, ini bukan masalah orang bisa ngomong untuk jualan, tapi talking about system.

Selama produknya bagus, memenuhi kebutuhan dan bermanfaat, maka produk kita pasti dibeli orang tanpa kita harus melakukan usaha yang berlebihan. Jadi ketika men-SEO, yang saya riset bukan produknya, itu tetapi pasar yang sesuai dengan produk yang dijual.

Bagaimana dunia dotcom bisa dijadikan peluang bagi sumber daya manusia (SDM) Indonesia?

Sebenarnya banyak profesi baru dengan tumbuhnya internet, seperti web developer dan mobile developer. SEO sendiri sebenarnya peluang baru yang tidak semua orang bisa melakukannya secara tepat, kalau berlebihan malah bisa kena finalti. Artinya, SEO engineer itu tidak secara teknis saja tetapi juga melakukan strategi. Lalu juga ada social media activation yang merupakan profesi baru bagi marketer-marketer. Dan ada juga profesi lain yang namanya internet marketer yang luas sekali deskjob-nya, bisa melalui sosial media maupun direct email.

E-commerce dan e-money kini tengah populer. Apakah bidang ini siap diterapkan di Indonesia, dimana akses internet di daerah masih terbatas?

Memang jaman sekarang ini lebih enak kalau mau usaha atau bisnis online, karena internet sudah murah, komputer bisa dikredit dengan murah, sistem payment sudah tersedia, begitu pula dengan shipping-nya. Tinggal menumbuhkan produk dengan tata cara menjual yang baik.

Jadi saya tidak setuju kalau ada yang bilang Indonesia itu ekonominya susah dan lain sebagainya. Karena rata-rata yang mereka yang hidup dengan internet itu tidak pernah susah, artinya mereka selalu menemukan jalan untuk melakukan penetrasi market. Bukan berarti uangnya banyak, tetapi selalu bisa menemukan peluang apa yang harus dilakukan.

Kalau boleh tahu, siapa saja klien besar Marketbiz? Apa saja kontribusi Anda terhadap dunia pendidikan?

Setelah 11 tahun mengoptimasi dan menjalankan strategi online marketing, beberapa brand internasional telah menggunakan jasa layanan kami, diantaranya Mercedes Benz, Toyota, Acer, ZTE, Honda, Adira, XL dan Telkomsel.

Sebagai sumbangsih terhadap dunia pendidikan, kami aktif di komunitas dan memberikan training-training secara gratis, seperti membangun gerakan UKM Goes Online sejak 2008 untuk membangkitkan industri di tanah air.

Apa manfaat yang diperoleh UKM dari gerakan UKM Goes Online?

UKM Goes Online berusaha mengajak komponen bangsa untuk membangkitkan industri Indonesia dengan membuatkan online store gratis bagi usaha kecil menengah (UKM) dengan nama Lakubgt.com. Itu platformnya Facebook store, bisa di SEO, dan sudah ada online payment-nya.

Bila selama ini UKM kesulitan mendapatkan layanan bank seperti online payment, kini dengan tergabung bersama kami sudah bisa punya online payment yang sudah terkoneksi dengan 132 bank.

Kesenjangan digital adalah satu masalah di tanah air yang sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Untuk menyelesaikan masalah ini, menurut Anda, apa langkah strategis yang harus dilakukan?

Kesenjangan terjadi karena daerah yang terlalu besar. Karenanya infrastruktur teknologi harus segera dilakukan, baik itu dari pemerintah ataupun melibatkan swasta. Dan harus ada peraturan yang jelas, jangan sampai terjadi tumpang tindih, dalam artian jangan sampai peraturan atau kebijakan itu berbeda-beda di tiap wilayah dalam memberikan izin pembangunan infrastruktur jaringan.  Contohnya, pada saat Biznet membangun jaringan fiber optic di Bali, menemui hambatan karena saat memasuki wilayah yang berbeda, peraturannya juga sudah berbeda. Sehingga akses internet yang bagus tidak bisa dinikmati masyarakat Bali seluruhnya.

Bagaimana pendapat Anda mengenai kemajuan TI di Indonesia saat ini? Apakah TI Indonesia sudah cukup ideal?

Kemajuan TI kita lebih bagus dari Singapura, saya melihat ini karena sering melakukan conference di sana. Ternyata perkembangan digital promotion kita lebih baik. Dan perkembangan TI kita ini sudah cukup ideal. Karena kita negara besar dengan jumlah penduduk yang besar, maka hanya teknologi lah yang bisa menjangkau informasi secara efisien.

Adakah hal baru yang akan Anda lakukan di sepanjang 2012?

Saya mempunyai rencana di bidang perbankan. Seperti kita tahu, apabila UKM ingin besar maka membutuhkan pinjaman modal dari sebuah bank. Namun dalam memberikan pinjaman, bank harus melihat catatan transaksi UKM tersebut. Kendalanya, bagaimana UKM tersebut memiliki itu bila alat pembayaran saja tidak punya? Berangkat dari sini, kami berencana untuk meluncurkan iPayMu yang terintegrasi di perangkat mobile berbasis Android.

Aplikasi iPayMu bisa di-download untuk mendukung UKM melakukan transaksi secara online dengan hanya memiliki satu account bank tetapi bisa terhubung dengan banyak bank. Dengan iPayMu, kita dapat melakukan pembayaran, belanja online, donasi, dan produk berlangganan, serta pengiriman uang dan penarikan uang dengan mudah, cepat dan aman. Saya berharap rencana ini bisa terwujud dalam waktu dekat. (HK)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.