Dell menyatakan kesiapannya untuk memperkenalkan seri terbaru dari keluarga notebook XPS pada kuartal keempat 2012 ini. Untuk membangun karakter produk tersebut, Dell  menggandeng artis multi talenta Agnes Monica sebagai brand ambassador. Pemilihan ini merupakan strategi produsen perangkat asal Amerika Serikat ini untuk memperluas pangsa pasar produk premium Dell.

“Kami memilih Agnes karena dia memiliki kepribadian yang dinamis, punya prestasi tinggi, punya lifestyle, punya follower publik yang banyak, dan punya karir internasional. Ini linear dengan produk Dell,” kata Wily Hendrajudo, Marketing Manager Customer Business Dell Indonesia di Hotel Kempinsky, Jakarta (28/8) 2012.

Selama satu tahun ke depan, melalui Agnes, Dell ingin memperkuat karakter dan memperkenalkan nilai tambah dari produk premium Dell. Untuk fokus dalam produk premium, Dell membangun beberapa prinsip yaitu brand building, retail marketing. Dell juga akan melakukan perluasan pasar, dengan melebarkan ritel di tempat-tempat yang modern.

Dell berharap, pangsa pasar bisa naik menjadi 10 persen dengan fokus pada produk premium. Mengutip data dari IDC, Wily mengatakan saat ini pangsa pasar Dell untuk seluruh premium adalah 6 persen. Sedangkan pangsa pasar untuk produk premium seluruh brand per kuartal kedua antara 30 sampai 40 persen. “Jadi dengan fokus ini, kami berharap naik 3-4 persen,” kata Wily.

Agnes menyatakan bahwa ia sangat bangga bisa bekerjasama dengan Dell. “Tak hanya desainnya yang bagus, secara spesifikasi produk Dell memang sangat baik,” kata Agnes.

Penyanyi yang mengaku sebagai Gadget Freak ini juga mengungkapkan dirinya tak pernah melihat produk dari luarnya saja. “Dalam memilih produk, yang paling penting bagi saya adalah kelengkapan layanan servisnya. Buat saya, Dell adalah package yang lengkap,” tambahnya.

Dengan kerjasama ini, Agnes Monica nantinya akan tampil dalam beberapa aktivitas pemasaran Dell untuk lini produk XPS, seperti notebook dan desktop premium.

Dell juga memperkenalkan kembali unified marketing dimana di dalamnya terdapat pelayanan purna jual yang melayani jasa perbaikan notebook kapan saja dan di mana saja. Willy mengklaim On Site Service ini merupakan nilai tambah Dell Indonesia yang tidak dimiliki kompetitor lain.  On Site Service telah diluncurkan sejak setahun lalu dan tersebar di 222 titik lokasi servis berdasarkan kode pos.

Di kesempatan yang sama, Tie Lily, Director of Consumer and SMB Dell Indonesia menjelaskan, “Ini merupakan salah satu langkah kami untuk melanjutkan keseriusan Dell di consumer business.”

Dell mengeluarkan label premium XPS untuk kalangan profesional yang kreatif dan mobile. “Konsumen XPS umumnya kalangan profesional, premium female, serta premium student,” tegas Lily.

Notebook XPS sendiri merupakan produk premium Dell yang menyasar kelas menengah atas, yang bukan hanya memiliki bentuk yang dinamis, tetapi juga sangat fungsional, dan tampil dengan performa yang tangguh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.