ERA LEDAKAN internet di Indonesia yang dimulai dengan maraknya pengguna Facebook, Twitter, Yahoo, Google melatarbelakangi kemajuan industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang akan semakin menjanjikan kedepan.  Untuk membantu pembangunan industri kreatif di tanah air,  Deddy Yudiant, CEO Cyber Park Indonesia, mencoba mengumpulkan komunitas TIK di dalam satu wilayah, dengan melakukan pre launching Cyber Park Indonesia (CPI).

CPI merupakan sebuah kawasan TIK berbasis Fiber Optic pertama di Indonesia dan akan menjadi Taman Maya pertama di Indonesia. “CPI dibangun sebagai salah satu pusat kreatif Indonesia berbasis digital dan wadah untuk memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif digital Indonesia,” ujarnya di Jakarta (11/10).

Dibangun di lahan seluas 13 Ha kota Bogor, CPI untuk tahap awal membangun kawasan perumahan terlebih dahulu sebanyak 264 unit diatas lahan 6 Ha dengan fasilitas fiber optic to home internet berkecepatan 100 Mbps. Perumahan ini menyediakan berbagai tipe dengan nama-nama yang unik, yaitu  Cooper (60/90), Satellite (62/105), HFC (78/150), Wireless (75/120) dan Optic (102/193). Kawasan ini juga akan didukung berbagai fasilitas lainnya, seperti ruko, water zone, wetland cyber, cyber office, cyber hotel, cyber games dan lainnya.

Diharapkan Deddy, perumahan ini bisa ditempati oleh penggiat TIK yang nantinya bila mereka berkumpul jadi satu bisa membangun industri kreatif dan industri informasi. “Yang kami kembangkan bukan propertinya saja, tetapi juga bisnisnya.  Jadi bagi yang tidak mengerti bidang TIK, akan menjadi mengerti untuk bersama membangun bisnisnya,  sehingga industri kreatif akan berkembang di sini,” jelasnya.

Berbagai unit bisnis yang akan dibangun  di kawasan CPI antara lain Cyber Animation, Cyber Web, Cyber Education, Cyber Advertisement, Cyber Manage, Cyber Provider, Cyber Infrastruktur dan unit bisnis lainnya. Dengan adanya unit bisnis ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan pada sumber daya manusaia (SDM) generasi muda di bidang TIK dan industri kreatif lainnya untuk mengembangkan, mengasah kemampuan dan mengembangkan potensi menjadi sesuatu yang memilki nilai bisnis yang nantinya berdampak pada kemandirian dan kesejahteraan serta meningkatkan ekonomi Indonesia.

Di kesempatan yang sama, CPI juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan ALTO Network, sebuah perusahaan penyedia jaringan keuangan antar Bank di Indonesia. Dengan MOU ini akan memberikan kemudahan penghuni di lingkungan CPI untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online.

Dengan tagline Natural Living with Cyberthinking, CPI akan menjadi Perumahan Cyber yang nyaman, natural, berteknologi canggih dan menjadi Pusat Industri Cyber di Indonesia. •

 

loading...

2 COMMENTS

  1. aslm.
    waahhh luar biasa..saya menyambut baik sekali dengan akan dibangunnya kawasan ICT di bogor..!!! mudah2an di masa datang, mimpi Indonesia menjadi salah satu Icon ICT global menjadi kenyataan..!!!

    berkat cyberpark Indonesia, semua insan ICT indonesia bisa berkolaborasi membangun industri ICT Indonesia, sejajar dengan negara-negara maju lainnya di dunia..!!! Sekali lagi…Mantaaaaabbbsss Gan..!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.