PT METRODATA Electronics menggelar Metrodata Solution Day 2012 (“MSD 2012”) dengan tema “Smart Mobility as the Next Wave toward Cloud Computing Adoption” di Jakarta. MSD 2012 juga telah diselenggarakan di kota Medan dan Surabaya yang mendapat tanggapan sangat baik dari pelanggan.

Saat ini banyak perusahaan diberbagai industri mengalami perkembangan. Demikian juga dengan perkembangan teknologi informasi (TI) yang terus melaju sehingga menuntut banyak perusahaan untuk selalu up-to-date agar bisnis tidak tertinggal. Sehingga banyak tercipta aplikasi-aplikasi yang semakin bervariasi. Melihat perkembangan bisnis kedepan, makin banyak aplikasi yang dibangun dan bersifat mobile application. Terbukti dengan meningkatnya penjualan dari penggunaan smartphone dan tablet, dibanding dengan penjualan desktop atau notebook yang mulai menurun pertumbuhannya.

Hal ini membuktikan bahwa semakin hari semakin banyak pengguna, pelanggan dan konsumen mobile menggunakan mobile application. Mobile application makin menjadi kritikal. Dengan menggunakan mobile application, kita bisa mengakses dan memproses data bisnis serta melakukan proses approval dimana saja, kapan saja dengan device apapun, tidak perlu dilakukan di kantor.

Sementara dukungan Cloud Computing, membuat data dan aplikasi bisa diakses tanpa harus berada di kantor. Kini, adopsi pelanggan terhadap tren Cloud Computing tiap tahun makin meningkat dengan makin tumbuhnya kepercayaan pada Cloud Provider. Selain itu, perusahaan juga memerlukan aplikasi business intelligence sehingga manajerial level dapat melihat kinerja perusahaannya termasuk membuat planning dengan cepat dan akurat. Perkembangan selanjutnya juga akan mengarah pada aplikasi CRM on the Cloud yang dapat diakses lewat mobile device dan  mampu berinteraksi dengan social media.

“Sejalan dengan perkembangan bisnis pelanggan kami, khususnya industri telekomunikasi, perbankan, pembiayaan finansial, farmasi, distribusi dan ritel yang mengikuti tren mobilitas ini, mereka akan banyak melakukan investasi pada mobile application. Kami optimis core application yang sudah mereka miliki akan dapat ditingkatkan dengan fitur-fitur baru atau membeli software yang bersifat mobile,” kata Susanto Djaja, Presiden Direktur PT. Metrodata Electronics melalui siaran persnya (18/10). Kami pun akan mengembangkan bisnis kami dengan menambah business partner yang memiliki core business mobile application, kata Susanto menambahkan.

Sekarang ini Metrodata memiliki produk unggulan terkait aplikasi smart mobility yaitu SAP (SuccessFactors), Microsoft (Office 365), Salesforce.com, Oracle termasuk penyedia fasilitas infrastruktur yang semuanya sudah siap yaitu Cisco, Citrix, HP, IBM, NetApp, Oracle, VMware, dan Symantec termasuk aplikasi yang bersifat appliances.

“Dalam kompetisi bisnis saat ini, kami yakin bahwa dengan memanfaatkan teknologi secara strategis merupakan salah satu kunci menuju kesuksesan bisnis. Kemitraan kami bersama MII telah menghasilkan banyak keberhasilan di Indonesia. MII telah menunjukkan konsistensi dalam pemahaman pelanggan mereka dan dapat memposisikan solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan mereka,” kata Suhas Kelkar, Chief Technology Officer, BMC Software.

“Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Cisco Visual Networking Index Forecast 2011-2016, akan ada 439 juta perangkat terhubung jaringan di tahun 2016 dan lalu lintas data mobile akan meningkat 32 kali lipat dari tahun 2011 hingga tahun 2016 di Indonesia. Bring Your Own Device (BYOD) dan Cloud tidak hanya sekedar menjadi sebuah isu atau tren. Ini akan mengubah cara orang bekerja dan produktivitas akan meningkat pesat. Setiap orang dari kita akan makin terhubung dengan jaringan melalui berbagai perangkat dalam gaya hidup yang selalu terkoneksi (dengan jaringan). Gaya hidup mobile tidak hanya menciptakan permintaan untuk bandwith yang lebih tinggi, namun juga mengubah secara dramatis kebutuhan untuk jaringan, dalam upaya untuk tetap terhubung dan akses aplikasi bisnis ketika sedang bepergian,” kata Stuart Hendry, Managing Director Cisco Indonesia.

“Agar berhasil, perusahaan-perusahaan di Indonesia harus mampu mengakses, mengelola dan menjamin keamanan jumlah data dari perangkat mobile yang semakin meningkat,” ujar Hengkie Kastono, Direktur, Enterprise Group, HP Indonesia. “HP Converged Cloud memperluas manfaat-manfaat dari Cloud di seluruh infrastruktur, aplikasi serta informasi untuk mendukung lingkungan yang mobile dan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna yang terus berubah. HP bekerjasama dengan para mitra bisnis—seperti Metrodata, memperluas bisnis mereka melalui layanan dan solusi cloud yang sejalan dengan pendekatan hybrid milik HP.”

“Volume data dan kecepatan bisnis memaksa para CIO untuk mengambil keputusan kritis tentang infrastruktur TI mereka untuk mengelola bisnis dengan lebih baik. Bersama dengan para partner kami, termasuk salah satunya PT Synnex Metrodata Indonesia di Indonesia, NetApp berada di depan dalam transformasi TI dengan Data ONTAP dan Agile Data Infrastructure, yang sekarang menggabungkan platform pengelolaan data yang paling lengkap dan paling canggih dengan kemampuan arsitektural dari clustering,” kata Steven Law, Country Manager, PT. NetApp Indonesia.

“Oracle engineered systems memungkinkan perusahaan mentransformasi bisnis mereka sambil memanfaatkan teknologi yang meningkatkan pertumbuhan dan inovasi. Menawarkan portofolio teknologi terbaik di kelasnya, engineered systems kami dapat diterapkan untuk memenuhi tuntutan organisasi apapun di bidang strategi social, mobile dan Cloud,” kata Uday Mathkar, Country Managing Director, Oracle Indonesia. “Karena itu, dengan sangat senang kami berbagi pengetahuan dan pemahaman kami di Metrodata Solution Day 2012 di Indonesia ini. Sebagai pemimpin pemikiran di industrinya, Oracle berkomitmen menyediakan solusi yang dapat mengakselerasi penerapan dan inovasi, mengoptimasi kinerja, sambil mencapai pengembalian yang cepat dalam lingkungan mobile dan Cloud.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.