Indocomtech 2012: Dekatkan TIK Ke Masa Depan

Ditulis pada 01 November 12

PAMERAN Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) terbesar di tanah air kembali digelar oleh Yayasan Apkomindo (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) bekerjasama dengan Dyandra Promosindo. Memasuki tahun ke-20, Indocomtech 2012 kali ini mengambil tema ‘Connect to the Future’ yang akan membawa industri TIK Indonesia lebih dekat ke masa depan.

Berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, mulai tanggal 31 Oktober – 4 November 2012, ajang publikasi kepada masyarakat tentang perkembangan teknologi ini menghadirkan produk-produk terbaru yang berkaitan dengan green technology, games dan konvergensi TIK.

Dikatakan Dewan Pembina Yayasan Apkomindo Indonesia, Rudi Rusdiah, ketiga hal ini menjadi penting untuk disajikan, dimana green technology yang berkaitan dengan pengadaan energi akan mampu mengefisiensikan sumber daya alam yang ada. Begitu pula dengan games yang saat ini mulai dikompetisikan ke tingkat dunia akan membawa hal positif terhadap gamers.

Berkaitan dengan konvergensi TIK, dirasakan masih diperlukannya infrastruktur yang baik apalagi pembangunan infrastruktur broadband untuk mewujudkan millennium development goals.

Menurut Ketua Yayasan Apkomindo, Hidayat Tjokrodjojo, optimalisasi broadband memberikan ketersedian jaringan internet yang stabil akan menguntungkan masyarakat. ”Internet akan menjadi salah satu jembatan bagi kita untuk menuju masa depan yang lebih baik. Tersedianya broadband yang besar akan mendorong industri konten lokal untuk berkreasi dan tumbuh sehingga menciptakan lapangan pekerjaan baru,” ujarnya, di Jakarta (31/10).

Sebab itu, Apkomindo meminta agar pemerintah segera membuat blueprint atau roadmap penyelenggaraan TIK kedepan, sehingga memberikan kepastian pengusaha dalam menentukan dan memajukan bisnisnya. Dan Apkomindo menyatakan kesiapannya untuk menjadi partner dalam merancang blueprint tersebut.

Sedangkan dalam sambutannya, Direktur Jenderal Sumberdaya Perangkat Pos dan Informatika, Budi Setiawan menyatakan, pemerintah akan tetap komitmen mewujudkan Indonesia Connected 2015. “Seiring waktu, optimalisasi broadband akan terus berkembang ke pelosok nusantara dan pada akhirnya akan membantu pemerintah mencapai tujuan pembangunan nasional.”
Selain pembukaan peresmian pameran, juga berlangsung pemberian Indocomtech Award kepada tujuh produk terbaik yang dipamerkan, yaitu kategori Notebook (MSI GT70 One), kategori Ultrabook (HP Spectre XT), kategori Tablet (Samsung Galaxi Note 10.1), kategori Printer All in One (Canon Pixma MG3170), kategori Networking (Asus RT-N66U) dan kategori Aksesoris (SpeedUp SU-TV3).

Penganugerahan ini juga diberikan kepada individu yang telah berkontribusi terhadap perkembangan TIK Indonesia, Emily Kae, pimpinan PT. Astrindo Senayasa yang dinobatkan menjadi peraih Lifetime Achievement Award versi Indocomtech 2012.

Di kesempatan yang sama juga terselenggara Jakarta Game Show (JGS) 2012, ajang bertemunya para gamers Indonesia dan game publisher, baik lokal maupun internasional untuk meluncurkan games terbarunya. •