PARA produsen komputer menyatakan kesiapannya untuk memasarkan produk yang telah menggunakan Windows 8. Samsung umpamanya, tak ingin ketinggalan untuk menjadi yang pertama yang memasarkan produknya di Indonesia. Komputer tablet keluarga Ativ dari Samsung yangmenggunakan Windows 8, dipasarkan secepatnya setelah 26 Oktober.

Direktur Bisnis Teknologi Informasi Samsung Indonesia, Sung Khiun mengatakan, tablet Ativ paling lambat masuk Indonesia pada awal November. “Kami ingin jadi yang pertama memasarkan tablet Windows 8 di Indonesia,” katanya.

Samsung mengeluarkan tiga model tablet Ativ. Pertama, tablet Ativ Tab yang menggunakan prosesor berarsitektur ARM dual core dengan kecepatan 1.5Ghz. Kedua, Ativ Smart PC yang menggunakan prosesor Intel Atom. Ketiga, Ativ Smart PC Pro yang menggunakan prosesor Intel Core i5.

Samsung Ative Tab  berbasis khusus pada sistem operasi 8 RT (Run Time) yang dibuat Microsoft untuk produk yang menggunakan prosesor ARM.  Tablet 10 inci ini menggunakan RAM 2 Gb, kamera belakang 5 megapiksel  lengkap dengan LED flash dan kamera depan 1.9 megapiksel  serta didukung baterai berkapasitas 8.200mAh. Tablet ini dipasarkan sekitar Rp. 7.5 juta.

Sementara Ativ Smart PC dan Ativ Smart PC Pr, dibekali dengan dock papan ketik (keyboard) dan pena digital yang diberi nama SPen. Jika tablet dipasangkan pada dock keyboard, ia dapat difungsikan menjadi notebook.

Keduanya berukuran 11,6 inci. Layarnya dapat merespons multi-sentuhan hingga 10 jari. Pengguna bisa melakukan cubitan (pinch), memutar gambar, atau menggulirkan layar. Untuk konektivitas, keduanya dibekali slot Micro-HDMI, MicroSD, USB, bluetooth, serta Wi-Fi, 3G dan 4G untuk koneksi internet.

Letak perbedaan diantara keduanya adalah Smart PC dibekali prosesor Intel Atom kode nama Clover Trail, RAM 2Gb, resolusi layar 1.366 x 768 piksel HD, flash drive 128Gb, kamera belakang 8 megapiksel dengan flash dan kamera depan 2 megapisel. Baterainya dapat bertahan hingga 13,5 jam. Sementara Smart PC Pro hanya memiliki kapasitas baterai yang kuat 8 jam, kamera depan 2 megapiksel, dan kamera belakang 5 megapiksel tanpa flash.

Namun, pengguna mendapatkan spesifikasi hardware lebih kencang, seperti prosesor Intel Core i5, RAM 4GB, resolusi layar 1.366 x 768 piksel full HD, dan media penyimpanan data solid state drive (SSD) 256Gb.

Pihak Samsung mengatakan, Ativ Smart PC yang masuk ke Indonesia adalah versi memori internal 64Gb, dijual sekitar Rp 7 juta. Sementara Ativ Smart PC Pro yang masuk Indonesia adalah versi 128Gb, akan dijual di kisaran harga Rp 11 juta. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.