SUDAH tahu WeChat? Layanan komunikasi sosial untuk smartphone ini semakin merebut hati masyarakat Indonesia lewat fitur-fitur khasnya yang jarang ditemukan di aplikasi sejenis.

Hingga Maret 2012, WeChat  telah meraup lebih dari 100 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia, dan pada September 2012 bertambah dua kali lipat menjadi 200 juta, hanya dalam kurun waktu enam bulan. Kini, WeChat kian melebarkan sayapnya ke sebagian besar wilayah Asia Tenggara, dimana pertumbuhan smartphone berkembang dengan amat pesat.

Semenjak menembus pasar Indonesia pada September 2012, WeChat hampir selalu dapat ditemui di setiap jenis smartphone yang ada saat ini. Para pengguna WeChat yang terdiri dari remaja hingga dewasa sangat menyukai fitur-fiturnya yang dirancang untuk tidak hanya memberikan sekadar pengalaman chatting biasa, namun juga sangat menghibur. Keunggulan fitur WeChat ini memungkinkan penggunanya untuk bebas mengekspresikan diri secara lebih mengasyikkan lewat ratusan aneka ragam emoticon yang lucu dan unik.

Pengguna pun dapat menambahkan emoticon sendiri dengan memilih opsi ‘Download from Web’, lalu cari emoticon yang mereka sukai dari banyaknya pilhan yang tersedia dalam galeri online. Untuk menyimpan emoticon yang dikehendaki, pengguna Android hanya tinggal menekan emoticon tersebut selama beberapa saat atau pilih opsi ‘Save to Phone’ bagi para pemegang iPhone. Emoticon tersebut dapat langsung digunakan di percakapan selanjutnya. Tidak hanya itu, pengguna pun dapat menjadikan foto mereka sendiri sebagai emoticon. Tinggal pilih foto yang diinginkan lewat opsi ‘Choose from Photo’, dan maksud dan emosi yang ingin dibagi dengan lawan bicara akan dengan tepat tersampaikan.

 “Apapun yang Anda rasakan, emosi apapun yang Anda ingin salurkan, WeChat punya emoticon-nya,” sebut Dennis Hau, Head of International Product Center dari perusahaan pengembang WeChat (18/12).

Mulai dari emosi-emosi dasar seperti sedih, senang, takut, atau yang lebih mendetail seperti penuh harap, kocak, bahkan sarkastis, semuanya dapat ditampilkan lewati beragam rangkaian emoticon. Dengan bervariasinya fitur WeChat, diharapkan pengguna tidak akan merasa bosan menggunakannya.

“Masyarakat Asia Tenggara, khususnya Indonesia, cenderung bersifat ceria, hangat, bersahabat, dan sangat ekspresif. Itu merupakan salah satu faktor penyebab mengapa fitur emoticon WeChat disambut dengan baik di sini. Emoticon WeChat memungkinkan mereka untuk mengekspresikan diri tanpa harus perlu mengeluarkan banyak kata-kata lewat ketikan teks,” tambahnya.

Singkatnya aplikasi ini memang paling tepat untuk masyarakat Indonesia, karenanya perusahaan sangat optimis melihat perkembangan WeChat di tanah air. •

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.