PABRIKAN asal Korea Selatan, LG, semakin memantapkan posisinya dalam memimpin pasar televisi, khususnya untuk 3D TV. Belum lama ini, LG kembali mengenalkan televisi produksi terbarunya, LG 84LM9600.

Selain membenamkan teknologi tercanggih ultra high definition, bentang layar yang dibuat pun cukup mengangumkan, yaitu sebesar 84 inci. Seri LG 84LM9600 ini merupakan televisi 3D pertama di dunia dengan bentang layar gigantic dan resolusi gambar paling tinggi.

Secara visual, besar layar berukuran 84 inch yang dimiliki TV 3D LG 84LM9600 setara dengan 4 buah TV dengan ukuran layar 42 inch yang tersusun dalam matriks 2 x 2. Sementara untuk resolusi, LG 84 inch Ultra High Definition 3D TV memiliki resolusi empat kali lipat (3840 x 2160p) dibanding dengan resolusi TV Full HD (1920 x 1080p).

Untuk menjamin ketajaman dan detail dari gambar yang ditampilkannya, LG 84LM9600 menggunakan LG Triple XD Engine yang mampu menghasilkan kepadatan warna layar mencapai 8 juta piksel pada setiap frame. Dan keterbatasan sementara akan konten video beresolusi tinggi bukan lagi menjadi masalah dengan disertakannya fitur Resolution Upscaler Plus, dimana fitur ini memungkinkan konten video beresolusi rendah dari berbagai sumber seperti Hard Disk Drive ataupun Website pun tetap dapat ditampilkan dengan baik dan deatil.

LG 84LM9600 juga menyematkan teknologi Film Patterned Retarder (FPR) yang  telah mendapat pengakuan dari tiga lembaga berskala internasional yaitu VDE, TÜV dan Intertek untuk tayangan bebas flicker serta kualitas 3D dan 2D Full HD.

FPR mampu mengatasi masalah-masalah yang ditimbulkan oleh teknologi terdahulu atau Shutter Glasses, seperti ukuran dan berat kacamata yang menggangu kenyamanan saat menonton dimana hal tersebut disebabkan oleh perangkat elektronik dan baterai yang tersemat di dalam kacamata tersebut, rasa mual dan cepat lelahnya mata akibat proses buka tutup yang juga menimbulkan efek berkedip (flicker) dan efek gambar tumpang tindih (crosstalk), serta gangguan kesehatan pada penggunaan jangka panjang akibat radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan Shutter Glasses.

Bukan itu saja, LG juga produk UHD 3D TV 84 inch ini dengan fitur Smart TV sehingga pengguna dapat berselancar di dunia maya dan menikmati beragam konten yang tersedia di internet.

Sementara  untuk kualitas suara, LG 84LM9600 dilengkapi dengan sistem audio 2.2 (2.2 channel speaker system) yang terdiri dari 2 buah speaker dengan daya masing-masing 10Watt dan 2 buah sub-woofer yang satunya berdaya 15Watt. Demi menciptakan suasana yang serealistis mungkin, maka fitur 3D Sound Zooming turut disematkan untuk menghasilkan suara bernuansa 3D layaknya berada di sebuah bioskop.

Dibanderol seharga Rp 200 juta, LG 84LM9600 ditujukan untuk niche market yang terdiri dari konsumer, prioritas retail, dan juga dari kalangan korporat atau perhotelan. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.