SERINGKALI saat beberapa komputer yang tersambung menggunakan HotSpot, kesulitan untuk berhubungan satu sama lain karena jaraknya yang terlalu jauh. Karenanya, dibutuhkan sebuah wireless repeater atau biasa disebut juga sebagai wireless range extender, untuk membantu menjembatani jarak tersebut.

Pada dasarnya sebuah wireless repeater akan mengambil sinyal yang ada dari wireless router atau Access Point dan mem-broadcast ulang untuk membuat jaringan kedua atau jaringan “yang di-relay“. Jadi komputer yang berada di luar dari jaringan utama dapat tersambung melalui jaringan “yang di- relay“.

Secara jaringan, router atau access point utama jaringan yang awal biasanya hanya melihat MAC address repeater atau WiFi Extender yang tersambung. Karena sebetulnya, fitur keamanan harus diaktifkan. WiFi Extender biasanya digunakan untuk memperbaiki jarak dan sinyal dalam rumah atau kantor yang kecil. WiFi Extender ini dapat berupa sebuah device khusus, dapat juga berupa Wireless NIC yang mendukung mode relay.

Penggunaan WiFi Extender biasanya dilakukan di ruang yang tidak ada atau kurang sinyal HotSpot. Selain itu juga di ruang yang banyak interferensi. Interferensi dapat disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti oven microwave dan lain-lain. Penggunaan WiFi Extender juga dilakukan jika jarak antara komputer dan router terlalu jauh dan di lingkungan yang banyak interferensi oleh banyak komputer dan hub.

Salah satu WiFi atau HotSpot extender yang tampil sangat mungil adalah EW-7438RPn yang diperkenalkan EdiMax. Pengguna dapat memanfaatkan EdiMax WiFi Extender untuk me-relay sinyal HotSpot. EdiMax WiFi Extender juga dapat disambungkan langsung ke LAN PC untuk merelay sinyal HotSpot ke PC melalui LAN.

Dari hasil ujicoba pada konfigurasi pertama antara server – HotSpot – EdiMAX WiFi Extender – LAN – notebook, didapat kecepatan transfer rata-rata 10 Mbps. Sementara pada konfigurasi kedua antara server – HotSpot – EdiMAX WiFi Extender – via WiFi dari Extender – notebook, didapat kecepatan transfer rata-rata 9 Mbps.

Untuk menginstalnya, colok EdiMax WiFi Extender ke power listrik, kemudian sambungkan notebook atau PC ke EdiMax WiFi Extender menggunakan LAN. Biasanya notebook atau PC akan memperoleh secara atomatis IP address keluarga 192.168.2.x.

Selanjutnya, langkah konfigurasi sebuah WiFi / HotSpot Extender sangat sederhana sekali:

  • Browse ke alamat http://192.168.2.2
  • Masukan username/password admin/1234. Halaman muka Edimax WiFi Extender. Secara automatis men-scan seluruh HotSpot yang dapat di monitor.

 

  • Secara automatis WiFi Extender akan men-scan frekuensi dan mendeteksi access point / HotSpot yang beroperasi di sekitarnya. Tampak pada gambar ada beberapa HotSpot yang terdeteksi oleh WiFi Extender. Set HotSpot yang akan di-relay / di-extend.
  • Klik pada salah satu HotSpot yang ingin kita extend.

 

  • Kita juga perlu menset SSID EdiMax yang berfungsi sebagai extender, sebaiknya nama HotSpot asal di tambahkan dengan kode tambahan untuk membedakan. EdiMax WiFi Extender melakukan test sambungan.

 

  • Selanjutnya secara automatis EdiMax WiFi extender akan melakukan test sambungan / jaringan. Test sambungan berhasil dengan baik.

 

  • Pastikan kondisi sambungan berhasil dengan baik seperti tampak pada gambar di atas. EdiMax memberitahukan bahwa konfigurasi disimpan dengan baik.

 

  • EdiMax memberitahukan bahwa sambungan di simpan dengan baik. Klik APPLY untuk menyelesaikan proses instalasi. EdiMax me-restart.

 

  • EdiMax WiFi Extender akan me-restart secara automatis. Sukses.

ONNO W. PURBO (Pakar Jaringan & Praktisi TI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.