BLACKBERRY yang sebelumnya memiliki nama perusahaan Research In Motion (RIM), belum lama ini secara resmi mengumumkan dua perangkat anyarnya yang berbasis BlackBerry 10, yakni Z10 dan Q10. Dilansir dari Softpedia, kabarnya, Q10 akan mulai di pasarkan pada Maret mendatang.

Operator asal Kanada, Rogers, menyatakan kesiapannya untuk menjual BlackBerry Z10 pada 5 Januari 2013. Selain itu, perusahaan itu juga telah memulai pre-order untuk perangkat yang mengusung fitur Qwerty, BlackBerry Q10. Namun demikian,  Rogers tidak mengonfirmasi tanggal pasti untuk penjualan Q10. Sementara kabar menyebut, smartphone BlackBerry itu akan dirilis pada pertengahan Maret.

Diperkenalkan bersama ‘saudaranya’, BlackBerry Z10, Q10 hadir dengan mengusung fitur layar sentuh yang dikombinasikan dengan keyboard fisik seperti ciri khas perangkat BlackBerry pada umumnya. Selain itu, perangkat ini mengusung layar sentuh kapasitif 3,1 inci super AMOLED 16 juta warna. BlackBerry Q10 menghasilkan resolusi 720×720 dengan kerapatan piksel 328ppi.
Blackberry Q10 dipersenjatai RAM 2Gb, dan dilengkapi dengan slot microSD yang dapat mendukung kapasitas hingga 32Gb.

Dikemas dengan chipset TI OMAP 4470, prosesor dual-core Cortex-A9, dapur pacu BlackBerry juga dilengkapi Graphic Processing Unit (GPU) PowerVR SGX544.

Belum ada informasi yang pasti terkait kemampuan BlackBerry Q10 dalam meringkus gambar. Tapi yang jelas, perangkat ini akan memiliki kamera depan dan kamera belakang. Sementara untuk ketahanan baterai, BlackBerry Q10 yang menggunakan baterai Li-ion berkapasitas 1800 mAh mampu bertahan di modus talktime hingga 10 jam.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.