BANYAK cara yang ditunjukkan perusahaan sebagai bukti kepeduliannya terhadap dunia pendidikan. Perusahaan asal China, Lenovo, baru saja  meluncurkan notebook terbaru yang diperuntukkan bagi para pelajar dan  sekolah.

Dikutip dari Mashable, Sabtu (19/1), sesuai namanya, ThinkPad  X131e Chromebook, perangkat ini menggunakan sistem operasi Google Chrome. Berkat bantuan sistem awan, X131e akan dengan mudah menjalankan ribuan aplikasi pendidikan.

Sebelumnya, Lenovo  membuat ThinkPad X131e berbasis sistem operasi Windows, yang ternyata mampu terjual habis di kalangan pendidikan. Tapi pada produksi kedua, perusahaan beralih menggunakan Chrome guna mengambil keuntungan dari aplikasi Google untuk pendidikan dan toko Web Chrome.

“Mengingat perangkat ini  begitu ideal karena hemat biaya, dan lebih mudah perawatannya dibandingkan notebook atau tablet pada umumnya,  saat ini ChromeBooks telah digunakan lebih dari 1000 sekolah,” ungkap Direktur Manajemen Produk Google Chrome OS, Caesar Sengupta.

ThinkPad Chromebook memiliki berat 3,9 pon dan dibekali layar 11 inch anti silau dengan resolusi 1366 x 786. Fitur-fitur tambahan lainnya meliputi  webcam, tiga buah port USB, port HDMI dan VGA. Perangkat ini dirancang untuk menahan kerusakan sehingga dipersenjatai dengan bumper karet, penguatan pada sudut notebook, dan engsel yang telah diuji mampu menjalani gerakan buka tutup sebanyak 50.000 kali.

Sejauh ini pihak Lenovo belum mengumumkan harga ThinkPad ChromeBook, tapi dipastikan, penawaran khusus untuk pihak sekolah akan dimulai pada 26 Februari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.