MNC MEDIA, sebuah perusahaan media di Indonesia, mengumumkan kerjasamanya dengan Tencent, perusahaan penyedia layanan Internet terdepan di dunia. Kerjasama strategis ini difasilitasi oleh Hillhouse, perusahaan yang menangani penanaman modal perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia dan berbasis di Asia.

Hary Tanoesoedibjo, CEO MNC Group menyatakan (28/2), “Tencent adalah perusahaan yang telah sangat dikenal di seluruh dunia dengan teknologinya yang unggul dalam menyediakan pengalaman berkomunikasi tercanggih dalam era digital ini. Perpaduan antara teknologi serta keahlian Tencent dengan keberadaan MNC Media yang signifikan dalam industri media di Indonesia merupakan jaminan kesuksesan kemitraan ini dalam menyongsong pertumbuhan layanan berbasis internet di Indonesia yang kian pesat.

Salah satu contoh nyata adalah WeChat, layanan komunikasi sosial untuk ponsel yang merupakan salah satu produk Tencent, telah berhasil meraih popularitas dengan pesat semenjak kehadirannya di Indonesia pertengahan tahun lalu. MNC Media juga sangat berterima kasih atas bantuan Hillhouse Capital Management yang memungkinkan terwujudnya kerja sama ini,” jelasnya.

Lei Zhang, pendiri dan CEO Hillhouse juga menyumbangkan pendapatnya atas kerja sama ini. “Merupakan suatu kehormatan untuk kami untuk dapat mempersatukan dua perusahaan kelas dunia ini dalam satu kemitraan. Kami juga sangat antusias untuk berpartisipasi dalam kerja sama yang luar biasa ini.”

Tencent, satu dari lima perusahaan Internet teratas di dunia berdasarkan valuasi saham,  menyatakan kebanggaannya atas kemitraan yang baru dibentuk dengan MNC Media. “Kerja sama Tencent dengan MNC Media merupakan sebuah langkah strategis yang kami ambil untuk memperluas jangkauan ke pelanggan-pelanggan kami di Indonesia,” ujar Martin Lau, Presiden Tencent. “Kemitraan ini kami jalin demi mengembangkan sekaligus menegaskan peran kami dalam bidang teknologi internet maupun mobile internet, serta membuka jalan untuk kehadiran produk dan layanan Tencent di Indonesia di masa depan.”

Martin Lau menambahkan, “Kami sangat menghormati MNC Media sebagai salah satu perusahaan media terbesar dan yang paling berpengaruh di Indonesia. Perpaduan antara keunggulan yang dimiliki Tencent dengan MNC Media merupakan sebuah landasan yang kokoh untuk memupuk pesatnya pertumbuhan industri internet di Indonesia. Tentunya, Hillhouse juga memiliki peran penting yaitu memfasilitasi kerja sama ini, dan mereka menyadari betapa bernilainya himpunan kekuatan yang dimiliki MNC Media dan Tencent.” paparnya.

Salah satu produk Tencent yang paling populer saat ini yang telah tersedia di Indonesia sejak tahun 2012 adalah WeChat. Layanan komunikasi sosial bebas biaya ini tersedia untuk smartphone, dan telah menembus angka 300 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia. Baru-baru ini Tencent meluncurkan WeChat untuk BlackBerry, melengkapi jajaran platform smartphone yang mendukung aplikasi tersebut. Sejak awal peluncurannya, WeChat untuk BlackBerry telah mendapat sambutan hangat di Indonesia, yang merupakan salah satu negara dengan pengguna BlackBerry terbanyak di dunia.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, perusahaan-perusahaan di bawah MNC Media akan terdaftar sebagai pemilik akun resmi di WeChat, yang berfungsi sebagai sarana interaksi langsung dengan konsumen serta sebagai sumber informasi terkini untuk hal-hal yang berkaitan dengan layanan perusahaan. Kemitraan ini juga melahirkan video iklan komersial WeChat yang dibintangi oleh Gisel, artis cantik yang mewakili keceriaan yang ingin ditampilkan oleh WeChat. •

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.