Home Editorial Ribuan WiFi Gratis Terpasang di 2013!

Ribuan WiFi Gratis Terpasang di 2013!

123

 TEKNOLOGI informasi (TI) dipercaya dapat mendongkrak perekonomian suatu negara. Secara mendasar, informasi juga menjadi bagian dari Hak Azasi Manusia (HAM) dan keterbukaan informasi merupakan salah satu ciri penting sebuah negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat.

Demi memfasilitasi masyarakat dengan sarana informasi yang memadai, pemerintah belakangan ini gencar membangun fasilitas hotspot di sejumlah kawasan publik. Dengan teknologi Wireless Fidelity (WiFi), masyarakat  dapat membuka website, browsing, berkirim email, ngobrol, atau membuka situs jejaring sosial di titik hotspot melalui gadget berfasilitas WiFi yang mereka punya.

Pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada 2013 ini berencana  membangun 700 titik WiFi gratis. Menkominfo, Tifatul Sembiring mengatakan, fasilitas free WiFi ini untuk mewujudkan 50% masyarakat Indonesia agar bisa mengakses internet gratis.

Pembangunan WiFi ini adalah kelanjutan dari 300 titik free WiFi yang terpasang di tahun sebelumnya, yang ditempatkan pada kawasan publik, seperti rumah sakit, terminal, dan lembaga pendidikan. “Dengan penambahan WiFi gratis, ekonomi berbasis TI dapat semakin maju,” katanya (4/5).

Menkominfo mencatat, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 50% dari jumlah penduduk. Bukan hanya sekadar mengakses, tapi juga memanfaatkannya untuk bisnis usaha yang total keseluruhan industri bisa menembus angka Rp. 400 triliun per tahunnya. “Jumlah telepon seluler, hampir menyamai banyaknya penduduk Indonesia,” ungkap Tifatul.

Bukan hanya di Jakarta sebagai ibukota negara, pemasangan WiFi sebagai bagian dari  program Indonesia Connected ini juga mencakup seluruh wilayah di Indonesia. “Layanan internet kecamatan juga sudah jalan. Ini memberikan kemudahan masyarakat di pelosok negeri saat membutuhkan internet,” tutur Tifatul. Tahun ini saja, sebanyak 30 ribu titik fasilitas WiFi terpasang di wilayah Banyuwangi dan Bandung, 40 ribu akses WiFi di daerah Yogyakarta, dan tentunya di daerah-daerah lainnya.

Sebelumnya, seluruh taman kota yang ada di Jakarta juga direncanakan akan dilengkapi dengan fasilitas internet nirkabel gratis, termasuk di  7000 sekolah di Jakarta. Pemasangan internet WiFi ini sejalan dengan konsep Jakarta Smart City yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

Sekali lagi, tak perlu menunggu terlalu lama, pemerintah menargetkan pembangunan ribuan titik WiFi seluruhnya rampung di 2013. Padahal, tahun ini tinggal tersisa 8 bulan saja. Mampukah pemerintah mewujudkan fasilitas publik ini? Mari kita awasi bersama. •