KAMPANYE Taiwan Excellence sebagai upaya memperkenalkan brand-brand Taiwan yang dimulai sejak tiga tahun lalu di Indonesia telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan merk-merk global Taiwan.

Dengan keberhasilan program yang diorganisasikan oleh Bureau of Foreign Trade (BOFT) dari Ministry of Economic Affairs (MOEA) Taiwan, dan diimplementasikan oleh Taiwan External Trade and Development Council (TAITRA), Taiwan Excellence telah membawa brand-brand lainnya untuk bergabung. Ini terlihat dengan semakin banyaknya brand yang diperkenalkan di dalam Taiwan Excellence, mulai dari kategori produk teknologi informasi (TI), hingga home appliance, dan kini giliran produk permesin ikutan bergabung.

Dalam memperkenalkan industri mesin ini, Taiwan Excellence menggelarnya di ajang Machine Tools Exhibition & Conference (MTT Expo 2013) yang berlangsung di JIExpo Kemayaron Jakarta, selama tiga hari dengan memperkenalkan 20 brand di industri permesinan.

“Ini merupakan yang pertamakali industri permesinan dipamerkan di Indonesia melalui Taiwan Excellence yang saat ini dikombinasikan dengan MTT. Mereka hadir disini untuk memperkenalkan produknya sekaligus untuk mendapatkan distributor yang cocok untuk menjual produknya,” ujar April Lin, Project Manager IMC Section, Strategic Marketing Departement, Taitra, di Jakarta (22/5).

Dijelaskannya, saat ini perkakas mesin adalah ekspor permesinan Taiwan terbesar yang menduduki peringkat tiga di dunia dengan perkiraan nilai ekspor total sebesar US$ 7 miliar pada 2015, yang memperlihatkan kenaikan dari US$ 4,23 miliar pada 2012.

Direktur TAITRA Jakarta, Tony Lin mengatakan, “Dengan keikutsertaan industri permesinan Taiwan dalam kampanye Taiwan Excellence tahun ini dapat memberikan sarana bagi sejumlah besar pemain di industri permesinan Taiwan untuk menampilkan produk-produk mesin yang berkinerja tinggi namun dengan harga bersaing untuk memenuhi permintaan dari Indonesia yang semakin meningkat.” Lanjutnya, dengan menggunakan produk-produk peralatan mesin Taiwan yang dipadukan dengan tenaga kerja yang berkompetensi serta inisiatif bisnis yang taktis, pabrik-pabrik di Indonesia akan memiliki produktivitas dan efisiensi tinggi yang dapat mengurangi biaya.”

Saat ini, lima produk ekspor permesinan Taiwan yang terbesar adalah perkakas mesin, kemudian peralatan mesin untuk plastic dan karet, bearing, gir, ball screw, mesin khusus lain, dan klep serta berbagai suku cadang. Brand-brand yang diperkenalkan meliputi, Aurotek, Autowell, Chin Fong, CGM, CHMER, Chum Power, FCS, Feeler, Hiwin, Kent, Lih Song, Mars, ProArc, Rich Sou, Seyi, Shintek, Tongtai, WELE dan Wexten.

Sebeumnya, TAITRA juga mengadakan Trade Mission to the Southeast Asia di Hotel JW Marriot Surabaya pada 21 Mei 2013 lalu. Sama seperti tahun sebelumnya, acara ini dimaksudkan untuk membuka peluang investasi dan kerjasama bisnis di bidang  kebutuhan konsumen, produk kesehatan, dan peralatan industri antara Indonesia dan Taiwan. ANDRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.