SONY membawa banyak tren baru bagi dunia kamera saku belakangan ini. Salah satunya, perusahaan asal Jepang tersebut menawarkan kamera saku pertama di dunia yang menggunakan sensor berukuran penuh atau full-frame. Seri yang dimaksud adalah Cybershot RX-1.

RX1 tampak cukup besar, tapi terbilang lebih kecil dibandingkan beberapa kamera prosumer yang mengandalkan lensa dengan jangkauan zoom panjang. Bodinya dibalut dari bahan logam membuatnya kokoh dan mantap dibandingkan kamera saku kebanyakan.  Kamera ini dilengkapi dengan layar TFT 3 inci resolusi tinggi dengan 1,2 juta piksel. Tidak banyak tombol yang tersedia sehingga membuatnya tampil dengan kesan minimalis. Terdapat kenop putar yang mengatur mode pemotretan di bagian atas dan satu kenop tambahan untuk mengatur exposure compensation. Selain itu, terdapat tombol C yang dapat diatur sebagai tombol pintas (shortcut) untuk fungsi tertentu seperti mengatur ISO dan sebagainya.

Sony juga menyediakan tiga setting custom untuk mempercepat proses mengatur setting saat hendak menjepret. Anda bisa mengatur setting dari 27 fungsi di RX1 lalu menyimpannya di salah satu mode tersebut. Misalnya, Anda dapat mengatur Drive Mode, ISO, White Balance, dan setting lainnya, lalu menyimpannya sebagai satu dari tiga pengaturan khusus tersebut.

Sony RX1 menggunakan sensor berukuran penuh dengan resolusi 24 megapixel, sama seperti sensor Sony Alpha SLT-A99. Dipadukan dengan lensa Carl Zeiss Sonnar T* (T Star) 35mm f/2.0, RX1 mampu menghasilkan foto yang menakjubkan. Lensanya dapat menemukan fokus dengan cepat dan nyaris tanpa suara.

Sony menambahkan satu fitur yang dapat mengurangi noise pada hasil bidikan, yaitu Multi NR Auto. Dengan fitur ini, RX1 mengambil beberapa gambar yang lalu digabungkan menjadi satu gambar dengan tingkat noise lebih rendah. Dengan performa ISO yang mantap, pengguna dapat memotret di malam hari atau suasana remang-remang tanpa bantuan tripod. Sony juga menawarkan pilihan format RAW yang dapat diproses lebih baik di komputer.

Bukan hanya fitur canggih yang diperuntukkan bagi fotografer profesional, Sony juga menyediakan berbagai fitur untuk pemula, antara lain adalah Auto HDR (High Dynamic Range), DRO (Dynamic Range Optimizer), Auto Portrait Framing, Creative Style, Picture Effect, dan dukungan perekaman video Full HD.

Karena semua kecanggihannya, Sony Cybershot RX1 dijual seharga Rp. 28.999.000. Wow!

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.