BLACKBERRY baru saja memperkenalkan ponsel pintar seri Q5 yang ditujukan untuk pasar menengah ke bawah. Meski dibanderol dengan harga murah, Q5 punya fitur serupa dengan Z10 yang diperuntukkan bagi kelas premium. Hal ini dikarenakan keduanya menggunakan sistem operasi yang sama, BlackBerry 10.

Ponsel yang dibalut materi plastik ini tidak lagi dibekali trackpad. Untuk melakukan navigasi, layar Q5 mendukung sentuhan jari dengan respon yang cukup peka. Ukuran layarnya 3,1 inci dan resolusinya 720 x 720 piksel.

Performa Q5 ditopang oleh prosesor dual-core 1,2 GHz, RAM 2 Gb, dan memori internal 8 Gb yang dapat diperluas dengan tambahan kartu memori eksternal MicroSD. Kamera utamanya menggunakan sensor 5 megapiksel dengan lampu kilat LED, dan sensor 2 megapiksel untuk kamera depan. Sementara itu, daya hidup ponsel ini ditopang oleh baterai berkapasitas 2.100mAh.

Sama seperti Z10, layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) di ponsel Q5 juga mendukung komunikasi video BBM Video dan Screen Share yang memungkinkan pengguna berbagi layar ponsel secara virtual dengan pengguna lain.

Bukan itu saja, Q5 juga memiliki fitur yang sama dengan Z10 dari sisi kamera. Keduanya sama-sama memiliki fitur Time Shift yang bekerja seperti mesin waktu untuk mengembalikan dan memajukan beberapa mili detik frame foto yang dipotret. Ada pula aplikasi Story Maker untuk mengedit video dari ponsel berbasis BlackBerry 10.

Dengan BlackBerry Hub, pengguna Q5 bisa melihat semua pesan dan notifikasi layanan komunikasi dalam satu ruang. BlackBerry Hub merupakan sebuah kotak masuk dan notifikasi terpadu untuk layanan SMS, email, jejaring sosial seperti Facebook, Twitter sampai LinkedIn.

Q5 yang tampak tebal dengan dimensi 120 x 66 x 10,8mm ini tersedia dalam pilihan warna merah, hitam, putih, dan merah muda. Kabarnya, Blackberry Q5 akan mulai dipasarkan bulan Juli, termasuk ke kawasan Asia Pasifik. Namun, perusahaan asal Kanada ini belum mengungkap informasi mengenai harganya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.