PT. MY RASCH Indonesia (MRI) meramaikan pasar portable charger atau power bank dengan merek Hippo. Perusahaan tersebut mengklaim produknya memiliki kekuatan kabel serta konektor diatas power bank merek lain.

Produk power bank pemegang paten Inggris, Hippo, memiliki keunggulan pada kabel dan konektor yang kuat dilalui arus hingga 2 ampere, sehingga proses pengisian daya pada ponsel maupun tablet berjalan maksimal dengan waktu yang singkat.  “Hippo power bank adalah brand satu-satunya yang suport arus daya sampai dengan 2 ampere. Dengan kemampuan arus daya yang besar, Hippo mampu mengisi ponsel dari posisi batrai kosong hingga terisi penuh hanya dalam waktu 50 menit,” kata Agus Salim, Presiden Direktur PT. My Rasch Indonesia (MRI).

Dia mengatakan, “Saya optimis tahun ini bisa terjual 200 ribu unit bisa terjual. Karena tahun lalu saja 100 ribu unit yang ditargetkan, kami mampu melampauinya,” ujarnya optimis.

Simak wawancara BISKOM dengannya belum lama ini.

Bagaimana potensi pasar power bank di Indonesia?
Perkiraan saya saat ini, ada sekitar 300 merek yang beredar. Jika satu merek terjual sekitar 1.000 unit per bulan, itu saja sudah 300 ribu unit. Saat ini, setiap pemilik telepon seluler membawa power bank. Dalam satu keluarga saja, ada lima anggota, dan masing-masing punya satu. Dalam setahun terakhir cukup bagus. Ini karena kami membuka layanan purnajual Hippo Care. Kami berfokus pada layanan ini. Setahu saya, kami merek lokal dengan layanan purnajual.  Hippo dulu sempat berjualan aksesori dan travel charger. Lalu berkembang ke aksesori power bank mulai 1,5 tahun lalu

Bagaimana dengan ketersediaan after sales?
Untuk mengapresiasi kepercayaan pengguna, Hippo power bank, PT MRI menyediakan enam jaringan after sales Hippo Care yang ada di Jakarta, antara lain di ITC Roxy, ITC Cempaka Mas dan Pusat Grosir Cililitan. Target kami adalah 30-50 titik after sales di seluruh Indonesia. Kami akan membangun lima Hippo Care di tiap kota per bulan. Kami  mengklaim sebagai satu-satunya produsen power bank  yang memiliki layanan purna jual  dengan nama Hippo Care.

Apa saja produk-produk unggulan Hippo?
Ada empat produk yang menjadi andalan Hippo power bank, yaitu Icy Jade dengan kapasitas 5800 mAh, Outlander berkapasitas 8800 mAh, Snowwhite 5800 mAh dan Evo yang mempunyai kapasitas 5800 mAh dengan rentang harga antara Rp.299-599 ribu.

Yang paling mencolok, desain pada Icy Jade power bank dibuat seperti mouse PC yang kompatibel untuk BlackBerry, iPhone, iPad, PSP dan MP4 serta beragam smartphone. Hippo Icy Jade mengusung teknologi Smart Swipe Plu yaitu proses menghidupkan hanya dengan sentuhan jari. Hippo Power Bank  menggunakan baterai cell dari Samsung  sehingga tidak  mudah menggelembung.

Hippo kabarnya juga  menjual aksesoris?
Betul, ada banyak aksesoris smartphone seperti adaptor charger, car charger dan juga baterai. Salah satu produk Hippo yang menjadi andalan yaitu Icy Jade power bank. Baterai eksternal berkapasitas 5800 mAh ini memiliki desain yang cukup unik, dengan struktur bodi layaknya mouse PC dan kompatibel untuk BlackBerry, I Phone, iPad, PSP, MP4 serta berbagai smartphone lain. Tidak hanya itu, Hippo juga mengeluarkan produk baru yang bekerjasama dengan himpunan Lamborghini Indonesia dengan 3 varian power bank yang berlogo Lamborghini.

Di tahun 2013 ini, PT MRI menargetkan untuk membangun 50 titik Hippo Care yang akan tersebar di seluruh Indonesia seperti Solo, Semarang, Medan, Makasar, Manado, Pekanbaru, Samarinda, Pontianak, Bandung dan lain-lain. Pencapaian target ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan memberikan layanan dan perlindungan konsumen terbaik bagi para pengguna produk Hippo, tidak terbatas pada pengguna power bank saja, tetapi layanan Hippo Care diperuntukkan  bagi semua produk Hippo bergaransi, tercakup di dalamnya adalah Hippo power bank, Hippo baterai lithium dan Hippo Care Charger.

Apa saja yang harus diperhatikan pemilik power bank?
Waktu charging kurang-lebih 8-12 jam. Ini supaya baterai terisi penuh. Banyak merek lain yang waktu pengisiannya lebih cepat tapi daya ke ponsel dan tablet cepat habis. Ini karena sel baterai di dalam power bank itu sengaja dipotong. Salah satu power bank kami memiliki kapasitas hingga 8.800 mAh. Untuk lama pengisian bisa seperti iPad. Dalam pengujian, power bank ini bisa menge-charge baterai iPad hingga 90 persen dalam 50 menit.  Manfaat power bank bisa untuk ponsel atau tablet. Ponsel dengan luas layar di bawah 4 inci bisa menggunakan power bank dengan output 1 ampere. Sedangkan tablet atau ponsel dengan lebar layar 4 inci keatas bisa memilih power bank2 ampere, sehingga dorongan energi listriknya kuat. •DJUANDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.