SEBAGAI upaya mempromosikan merek-merek Taiwan Excellence di berbagai negara berkembang, Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT) dan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) pada Juni lalu menggelar Taiwan Excellence Care secara serentak di lima negara, yaitu Indonesia, India, China Daratan, Vietnam dan Taiwan.

Kali ini, kampanye Taiwan Excellence Care yang merupakan kegiatan amal dengan mendonasikan uang dan produk-produk Taiwan kepada badan amal akhirnya memasuki tahap ketiga. Dimana pada tahap awal, bulan Juni lalu mulai mengajak publik untuk beramal cukup dengan cara login di www.TaiwanExcellenceCare.com yang secara otomatis menyumbangkan US$ 1 dan berhasil terkumpul 56.650 pendaftar sehingga mendonasikan sejumlah uang US$ 56.650 kepada World Vision.

Lalu tahap kedua, masing-masing dari 20 pendaftar yang terpilih di kelima negara diundang untuk mengajukan ide amal kreatif dalam memanfaatkan berbagai produk Taiwan Excellence bernilai US$ 10.000. Pemilihan tiga besar proposal ditentukan oleh hasil voting online dengan total jumlah 400.000 di kelima negara dan evaluasi tim panitia. Ketiga proposal tersebut kemudian dilaksanakan pada periode tahap akhir ini yang berhasil mengumpulkan 15 proposal amal terpilih yang sekaligus menjadi proyek Corporate Social Responbility (CSR) di 5 negara di Asia.

Ditahap akhir yang berlangsung pada 15 Oktober 2013 di Taipei, masing-masing pembuat proposal terpilih menjadi “Duta Peduli” yang akan berbagi cerita kepada publik mengenai pengalaman mereka selama berpartisipasi dalam kampanye ini, dan bagaimana produk-produk Taiwan Excellence telah membantu mereka menunjukkan kepedulian kepada sesama.

Di kesempatan ini, Duta Peduli dalam Konferensi Pers hadir Duta Selebriti Taiwan Excellence dari masing-masing negara, yakni bintang Bollywood Malaika Orora Khan, salah satu Puteri Indonesia Agni Pratistha, model asal Vietnam Thanh  Hang, aktris cantik Thailand Paula Taylor, duta selebriti untuk China Daratan Ariel Lin, dan duta amal Taiwan Michelle Chen.

Disebutkan, proposal yang terkumpul menyoroti dunia anak. Seperti, ketiga proposal dari India yang membantu memenuhi kebutuhan akan produk-produk perawatan kesehatan dan komunikasi di daerah sekitar mereka. Salah satunya, Rizwan Siddique, memilih untuk membantu anak-anak di Rumah Yatim Piatu Muslim Kalkuta dengan memberikan produk pembasmi nyamuk kepada anak-anak di Rumah Yatim Piatu Muslim Kalkuta, serta alat penghangat air sehingga mereka tetap nyaman mandi pada saat musim dingin.

Sementara itu, ketiga proposal yang diajukan peserta di Indonesia menunjukkan kepedulian kepada hal yang serupa, yaitu perhatian terhadap anak-anak yang kurang beruntung yang berada di luar Jakarta. Seperti, Debora, mendukung kegiatan anak-anak di rumah yatim di Batam.

Tim Duta Peduli Vietnam menunjukkan kepedulian mereka kepada anak-anak penderita AIDS dan penyakit lainnya. Dengan latar belakang kondisi masing-masing target donasi, kelima belas Duta Peduli Taiwan Excellence Cares menyiapkan sejumlah tenaga setempat untuk membantu menyediakan prasarana belajar anak-anak tersebut sehingga mereka dapat menyongsong masa depan yang lebih baik.

Peter W. J. Hwang, President & CEO TAITRA, mengatakan, pemerintah selama ini berupaya untuk senantiasa memajukan perusahaan-perusahaan Taiwan dan membantunya menjadi merek-mereka berkelas internasional. “Kami memasukkan unsur tanggung jawab sosial perusahaan ke dalam kampanye tahun ini. Pergelaran akbar yang dijalankan di lima negara Asia ini bukan sekedar penggabungan rasa peduli konsumen dan kepedulian sosial, namun juga menyampaikan pesan bahwa produk Taiwan Excellence dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Hwang, di Taipei (15/10).

Lanjutnya, kegiatannya ini dianggap sukses menekankan kontribusi positif produk-produk Taiwan Excellence di berbagai negara, serta meningkatkan kepedulian dan pemahaman konsumen akan produk-produk yang berasal dari Taiwan. Diharapkan program tahun ini akan menjadi inspirasi bagi banyak pihak lain untuk berkontribusi demi menciptakan komunitas yang lebih baik lagi. •

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.