SETELAH diakuisisi oleh Microsoft, Nokia langsung membuat terobosan baru. Perusahaan Finlandia ini dalam sebuah acara di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, baru saja mengumumkan tablet PC perdananya, Nokia Lumia 2520.

Sistem operasi yang dipakai tentu saja buatan Microsoft, yakni Windows RT 8.1, sama dengan seri tablet Surface buatan Microsoft. Agar lebih optimal menjalankan Windows RT 8.1, Lumia 2520 dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon tertinggi saat ini yaitu Quad Core Snapdragon 800 yang berlari pada kecepatan 2.2Ghz. RAM yang dimilikinya sebesar 2GB dan tersedia kapasitas ruang penyimpanan sebesar 32GB yang masih dapat diekspansi lewat kartu slot microSD atau layanan penyimpanan virtual berbasis komputasi awan dari Microsoft SkyDrive.

Tablet PC ini hadir dengan layar sentuh AH-IPS 10.1-inci dan dalam 4 pilihan warna: hitam, biru, putih dan merah. Ketajaman layarnya tak tanggung-tanggung, memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dan telah dilapisi kaca Gorilla Glass 2 untuk meningkatkan ketahanan layarnya.

Kinerjanya makin optimal berkat dukungan baterai berkapasitas 8000 mAh yang diklaim Nokia mampu digunakan untuk menonton video selama 10 jam tanpa henti dalam sekali isi ulang baterai. Baterainya pun telah dilengkapi dengan fitur isi ulang cepat (quick charge) yang mampu isi ulang baterai dari 0 hingga 80 persen hanya dalam waktu sekitar 1 jam saja.

Untuk pengguna yang kerap mengandalkan kehadiran kamera ponsel, Nokia menyiapkan dua buah kamera yang cukup mumpuni. Kamera depan wide angle beresolusi HD 2 megapiksel dan kamera utama beresolusi 6.7 megapiksel dengan lensa auto fokus Carl Zeiss berdiafragma F1.9. Agar pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan kameranya ini, Nokia telah mempersiapkan dua buah aplikasi baru yaitu Nokia Storyteller dan Video Director.

Nokia Lumia 2520 juga mendukung akses jaringan 4G LTE, GSM dan WCDMA. Sementara konektivitasnya telah didukung dengan koneksi WiFi, NFC, micro USB 3.0, dan fitur navigasi A-GPS+GLONASS.

Tablet PC perdana dari Nokia ini juga dilengkapi dengan aksesoris pelengkap yaitu Nokia Power Keyboard yang bisa digunakan sebagai keyboard sekaligus pelindung. Keyboard yang terlihat mirip dengan keyboard dari Microsoft Surface Pro ini telah dilengkapi sebuah touchpad untuk navigasi, 2 port USB dan baterai tambahan untk menambah daya guna pakai Nokia Lumia 2520 hingga sekitar 5 jam.

Nokia 2520 akan tersedia di pasaran Amerika, Inggris dan Finlandia sekitar akhir tahun 2013 dengan harga jual sekitar US$ 499. Untuk negara lain, menyusul dan diperkirakan akan hadir di tahun 2014. •

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.